Panduan 5 Perbedaan League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends

Wajib baca panduan ini biar tidak salah bermain Wild Rift


panduan-perbedaan-league-of-legends-wild-rift-dan-mobile-legends

Panduan ini akan menjawab semua pertanyaanmu jika masih bingung apa saja perbedaan League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends.

Gameplay yang dimainkan ada yang sama dan ada yang tidak. Bagi pemain Mobile Legends, mereka akan menemui banyak yang kesulitan ketika mencoba Wild Rift.

Tidak jarang, Gimbot sendiri sering menemukan pemain Mobile Legends yang masih salah memainkan role Champion di Wild Rift ketika bermain PVP atau Ranked.

Misalnya, jika di Mobile Legends, Marksman dapat membawa item jungling, berbeda di Wild Rift karena tugas ini harus diserahkan murni kepada role Jungle seperti Fighter atau Assassin.

BACA JUGA: Panduan Mengenal Monster dan Buff Jungle di League of Legends: Wild Rift

Berikut lima perbedaan antara Wild Rift dengan Mobile Legends:

1. Role, Meta, dan Lane

panduan-perbedaan-league-of-legends-wild-rift-dan-mobile-legends-1.bak

Mobile Legends memiliki tiga Lane yang terdiri dari Top Lane, Mid Lane, dan Bottom Lane. Role Hero di Mobile Legends sendiri lebih fleksibel karena dapat disesuaikan berdasarkan meta yang sedang berjalan.

Saat ini, Mobile Legends biasanya menggunakan format 1-2-2 di mana 1 Hero di Top Lane sebagai Offlaner, 2 Hero yang diisi oleh Carry dan Tank di Mid Lane, dan 2 Hero yang diisi oleh Marksman dan Support di Bottom Lane.

Atau format 1-3-1 di mana 1 Hero di Top Lane sebagai Offlaner, 3 Hero yang diisi oleh Carry, Tank, dan Support di Mid Lane, dan 1 Hero Marksman di Bottom Lane yang nanti dapat sembari farming di Jungle.

Sedangkan, League of Legends: Wild Rift berbeda. Wild Rift memiliki empat Lane mulai dari Baron Lane, Dragon Lane, Mid Lane, dan Jungle Lane. Masing-masing Lane ini harus diisi oleh role Champion yang sesuai. Salah menempatkan Champion adalah awal kehancuran tim.

Dragon Lane harus diisi oleh 2 Champion dari Marksman dan Support, Mid Lane diisi oleh 1 Mage, Dragon Lane diisi oleh 1 Tank atau Fighter, dan Jungle Lane diisi oleh 1 Assassin atau Fighter.

Riot sendiri juga menambahkan indikator Dragon Lane (warna biru) dan Baron Lane (warna ungu) di awal pertandingan untuk memudahkan pemain baru beradaptasi dengan dunia League of Legends.

2. Runes vs Emblem

panduan-perbedaan-league-of-legends-wild-rift-dan-mobile-legends-2.bak

Wild Rift menggunakan Runes untuk meningkatkan kemampuan Champion. Semua Runes ini dapat digunakan secara gratis, hanya tinggal meningkatkan level karakter profil ke level 10.

Sebaliknya, Mobile Legends menggunakan Emblem. Kamu dapat meningkatkan level status Emblem menggunakan Coin. Sayangnya, Emblem ini juga dapat ditingkatkan dengan membeli Magic Dust menggunakan uang dan memiliki level hingga level 60.

3. Gold dan EXP

Wild Rift menggunakan sistem Last Hit Minion untuk mendapatkan Gold dan EXP. Artinya, kamu harus membunuh Minion dengan indikator HP putih untuk mendapatkan keduanya. Jika Champion-mu berada dekat dengan temanmu yang berhasil membunuh Minion, kamu hanya akan mendapatkan EXP saja.

Sebaliknya, di Mobile Legends, kamu akan tetap mendapatkan Gold dan EXP walaupun kamu tidak membunuh Minion dengan Last Hit.

4. Item

Mobile Legends memungkinkan kamu membeli item untuk meningkatkan kemampuan Hero di mana saja. Sedangkan, di Wild Rift, setiap kali kamu ingin membeli item, kamu harus melakukannya di Base.

5. Map dan Jungle

Map di Wild Rift hampir sebagian besar ditutupi oleh kabut sehingga kamu perlu melakukan rotasi untuk membuka map apakah ada musuh atau tidak. Bisa juga menggunakan Ward yang dapat ditaruh di daerah berkabut.

Sedangkan, di Mobile Legends, semua map sudah terbuka tetapi kamu tetap harus melakukan rotasi permainan untuk mengetahui keberadaan musuh.

Jungle juga cukup berbeda. Blue Buff dan Red Buff di Wild Rift hanya bersifat sementara. Kamu harus membunuh Dragon untuk mendapatkan buff permanen. Hal ini berbeda dengan Mobile Legends.

Itu dia beberapa perbedaan antara League of Legends: Wild Rift dan Mobile Legends. Perhatikan perbedaan ini gameplay keduanya cukup berbeda.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.