Panduan Mengenal Monster dan Buff Jungle di League of Legends: Wild Rift

Pastikan kamu mengetahui semua kegunaan dari monster di Jungle Wild Rift.


panduan-league-of-legends-wild-rift-monster-buff-jungle-x

Memahami panduan monster dan buff yang ada di Jungle Wild Rift adalah kunci kemenangan di League of Legends: Wild Rift karena semua monster memiliki efek buff yang berbeda-beda dalam meningkatkan kemampuan Champion atau tim.

Jika di game MOBA lainnya, Blue Buff dan Red Buff akan memberikan efek buff permanen, berbeda dengan Wild Rift yang hanya sementara. Kamu harus mengalahkan monster seperti Elemental Dragon dan Baron Nashor untuk mendapatkan buff permanen.

Beberapa monster juga akan memberikan Exp dan Gold sehingga kamu dapat menaikkan level Champion dengan cepat.

BACA JUGA: Panduan Bermain League of Legends: Wild Rift untuk Pemula

Berikut daftar lengkap monster dan buff yang ada di Jungle Wild Rift:

1. Red Brambleback – Red Buff

panduan monster jungle wild rift red brambleback

Red Brambleback terletak di Bottom Lane dan merupakan monster yang akan memberikan efek buff berupa True Damage dan Slow ketika Champion milikmu menyerang musuh. Buff ini bersifat sementara yang ditandai dengan ikon di bagian bawah layar.

2. Blue Sentinel – Blue Buff

panduan monster jungle wild rift blue sentinel

Blue Sentinel terletak di Top Lane dan merupakan monster yang akan memberikan efek buff berupa regenerasi Health dan Mana ketika Champion milikmu sedang tidak berperang. Buff ini juga bersifat sementara yang ditandai dengan ikon di bagian bawah layar.

3. Gromp

Monster katak rawa ini berada tepat di dekat Blue Sentinel. Monster ini memiliki 2500 HP. Champion dengan role Jungle wajib membunuh monster ini agar dapat menaikkan level karakter dengan cepat.

4. Wolf

Monster serigala dengan dua anaknya ini berada dekat Gromp dan Blue Sentinel. Monster ini memiliki 1830 HP. Champion dengan role Jungle wajib membunuh monster ini agar dapat menaikkan level karakter dengan cepat.

5. Krug

Monster batu ini berada dekat Red Brambleback yang akan membelah diri menjadi ukuran yang lebih kecil ketika dibunuh. Monster ini memiliki 1720 HP. Champion dengan role Jungle wajib membunuh monster ini agar dapat menaikkan level karakter dengan cepat.

6. Raptor

Monster burung dengan anak-anaknya ini berada dekat Red Brambleback. Monster ini memiliki 1500 HP. Champion dengan role Jungle wajib untuk membunuh monster ini agar dapat menaikkan level karakter dengan cepat.

7. Rift Scuttler

Monster serangga ini berada di jalur sungai Baron Lane dan Dragon Lane. Tidak seperti monster lainnya, Rift Scuttler jika diserang tidak akan menyerang balik, justru melarikan diri. Setiap dibunuh, monster ini akan memberikan Exp dan Gold pada Champion dan mengeluarkan Speed Shrine yang dapat meningkatkan kecepatan gerak dan vision.

8. Rift Herald

Monster ini akan muncul di tempat Baron pada menit ke-6. Jika berhasil mengalahkannya, kamu tidak akan mendapatkan buff tetapi dapat memanggil Rift Herald untuk membantu menyerang Turret musuh.

9. Elemental Dragon

panduan monster jungle wild rift dragon

Monster naga ini akan memberikan buff permanen sampai akhir permainan jika berhasil dikalahkan. Terdapat empat Elemental Dragon dan mereka akan muncul secara acak. Setiap naga memiliki efek buff yang berbeda-beda seperti Mountain Dragon untuk health, Cloud Dragon untuk gerakan cepat, Infernal Dragon untuk damage, dan Ocean Dragon untuk Physical dan Magic Vamp.

10. Baron Nashor

panduan monster jungle wild rift baron nashor

Terakhir, Baron Nashor sang monster penguasa Wild Rift. Monster ini adalah monster terkuat dan akan memberikan buff Hand of Baron selama 210 detik bagi tim yang berhasil mengalahkannya. Buff ini membuatmu dapat recall lebih cepat, meningkatkan damage, dan memberikan kekuatan tambahan pada minion terdekat.

Itu dia panduan lengkap untuk monster dan buff Jungle di League of Legends: Wild Rift. Pastikan kamu mengalahkan mereka terutama jika kamu berperan sebagai role Jungle. Semoga tim kamu dapat memahami peran setiap monster sehingga dapat menyusun strategi kemenangan.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.