Detail Informasi Lengkap Seputar Xbox Game Pass di PC dan Console


Tertarik main ratusan game hanya dengan sekali bayar? Xbox Game Pass-lah pilihannya!

Xbox Game Pass (selanjutnya disingkat Game Pass) adalah layanan berlangganan di Xbox One mirip seperti Netflix yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sederhananya, dengan berlangganan, kamu bisa langsung dapat memainkan semua katalog game Xbox One dan Xbox 360 dengan mengunduhnya ke mesin bermain kamu.

Game Pass ini memiliki akses lebih dari 100 game berkualitas tinggi dengan judul yang selalu bertambah setiap bulannya. Normalnya, harga berlangganan Game Pass setiap bulannya di console adalah $9.99.

Tetapi, untuk anggota baru, Game Pass akan memberikanmu masa trial untuk bulan pertamanya sebesar $1. Setelah trial bulan pertama, bulan berikutnya kamu akan dikenakan biaya normal di atas. Terlebih, langganan ini juga dapat kamu hentikan kapan pun kamu mau.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berlangganan Xbox Game Pass

Phil Spencer selaku Head of Xbox juga baru saja mengumumkan bahwa Game Pass ini akan hadir di PC saat event E3 2019 lalu. Dengan Game Pass, kamu selalu dapat memainkan game di mana saja dan kapan saja.

Bagi kamu yang baru mengenal Game Pass, masih bingung mengenai Game Pass seperti bagaimana cara menginstal game menggunakan Game Pass di PC atau apakah dapat tetap memainkan game ketika langganan Game Pass ini habis?

Berikut panduan lengkap Game Pass.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Berlangganan Game Pass mengizinkan kamu mendapatkan judul game secara utuh. Artinya, kamu dapat menginstal dan mengunduhnya ke dalam library game Xbox milikmu. Selama kamu berlangganan maka kamu akan dapat memainkan game tersebut kapan saja dan di mana saja. Perhatikan, untuk dapat menikmati layanan ini kamu harus memiliki kartu kredit. Lalu. caranya?

  1. Pilih jenis paket langganan untuk menjadi anggota Game Pass.
  2. Lihat library game dan pilih judul game yang diinginkan.
  3. Unduh dan mainkan langsung dari console atau PC.

Apakah Setting Region Berpengaruh?

Game Pass saat ini hanya tersedia di region tertentu. Sayangnya, Indonesia belum termasuk. Jadi, cara yang paling aman untuk dapat memainkan katalog game dari Game Pass adalah dengan mengatur user setting region Microsoft milikmu ke United States (US) atau ke region lain yang kamu minati.

Apa itu Day One Access?

Dengan berlangganan Game Pass, kamu akan mendapatkan benefit memainkan judul game terbaru dan game eksklusif dari Xbox Game Studios dan ID@Xbox di hari pertama dirilis seperti Gears 5, Halo: Infinite, Battletoads.

Apa Saja Katalog Xbox Game Pass yang Tersedia?

Terdapat lebih dari 100 game berkualitas baik judul di Xbox One atau Xbox 360 di Game Pass. Game baru juga akan selalu ditambahkan setiap bulannya mulai dari katalog most popular, shooters, action & adventure, dan ID@Xbox.

Apakah Tetap Dapat Memainkan Game Jika Langganan Habis?

xbox-game-pass

Kamu dapat menikmati game di Game Pass tanpa batas baik di PC atau console sampai game tersebut kadaluwarsa atau meninggalkan library Game Pass. Setelah game tersebut tidak ada di library Game Pass, kamu harus membeli digital game dari Xbox App atau Microsoft Store, atau dengan disk. Biasanya, Xbox akan memberi tahu kamu sebelum game tersebut meninggalkan Game Pass.

Main di Console? PC? Atau Keduanya?

Kabar baiknya, kini Game Pass memiliki tiga jenis langganan mulai dari Console, PC, dan Ultimate. Lalu, apa yang membedakannya? Seperti yang terlihat di atas, Game Pass untuk console ($9.99) dan PC ($4.99) akan mendapatkan benefit akses lebih dari 100 game di masing-masing platform tersebut.

Sedangkan, Ultimate ($14.99) akan memberikanmu akses game yang sama dengan tambahan Xbox Live Gold. Artinya, dengan berlangganan Ultimate, kamu juga akan memiliki fitur Xbox Live Gold secara otomatis.

Lalu, kamu juga akan mendapatkan benefit Deals with Gold, Games with Gold, dan fitur multiplayer. Bahkan kamu dapat memainkan
Gears 5 versi Ultimate Edition dengan 4 hari lebih awal di console dan PC termasuk Ultimate Edition Character Pack dan 30 days of Boost.

Mana yang paling cocok denganmu? Kamu tentukan sendiri sesuai dengan platform yang dimiliki. Jika kamu memiliki console Xbox One, pilih console. Jika lebih senang memainkan game Xbox di PC, pilih PC. Jika tertarik keduanya, upgrade ke Ultimate.

Jika kamu bingung game apa saja yang tersedia di masing-masing platform, kamu dapat melihat library game Xbox dan perhatikan ikon yang ada di thumbnail game tersebut. Jika ikon bergambar PC maka untuk PC, jika console untuk console, dan jika ada keduanya artinya dapat dimainkan di PC dan console karena merupakan judul Xbox Play Anywhere.

Xbox Game Pass Console?

Game Pass awalnya dirilis di console Xbox dan dibanderol sebesar $9.99 per bulan. Dengan berlangganan di console, kamu akan mendapatkan benefit akses lebih dari 100 game console, memainkan judul Xbox Game Studios di hari yang sama saat rilis, dan diskon eksklusif.

Xbox Game Pass for PC?

Game Pass for PC baru saja diumumkan saat event E3 2019 lalu dan saat ini dalam proses beta jika kamu ingin berlangganan serta dibanderol sebesar $4.99. Fitur lengkapnya sendiri akan dirilis Agustus 2019 ini. Dengan berlangganan di paket ini, kamu dapat langsung memainkan game Xbox langsung dari PC.

Jika ingin mengakses Game Pass for PC, kamu membutuhkan Windows 10 dengan pembaruan terbaru dan aplikasi Xbox (beta) untuk dapat memainkan game Xbox di PC.

Mengalami kendala saat pertama kali mencoba berlanggan Game Pass for PC melalui komputermu? Tunggu dulu beberapa bulan, karena layanan tersebut dikarenakan masih dalam tahap beta. Aplikasinya sendiri belum tersedia di kawasan Indonesia.

Nah, jika sebelumnya kamu telah berlangganan Game Pass di console, kamu tetap dapat memainkan game Xbox di PC melalui Microsoft Store dan aplikasi di atas.

Xbox Game Pass Ultimate?

Berlangganan Game Pass Ultimate secara otomatis akan meningkatkan level membership kamu untuk Xbox Live Gold atau Game Pass dengan rasio konversi masing-masing berdasarkan hari yang tersisa dengan maksimal 36 bulan. Tetap, paling aman untuk saat ini adalah upgrade langsung dari console.

Itu dia beberapa panduan mengenai Game Pass. Jika kamu masih memiliki pertanyaan, lihat FAQ lengkapnya di sini. Gimana Bot, sudah pernah berlangganan? Game apa saja yang pernah kamu mainkan dari Game Pass? Tuliskan di kolom komentar ya!


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.