7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berlangganan Xbox Game Pass


Xbox Game Pass adalah layanan berlangganan mirip seperti Netflix yang harus dibayarkan tiap bulannya di mana kamu dapat mengakses semua katalog game Xbox One dan Xbox 360

Apakah kamu memiliki console Xbox One dan masih asing dengan fitur layanan apa saja yang tersedia di dalamnya? Kamu perlu mengenal yang namanya Xbox Game Pass.

BACA JUGA: Review Singkat Tetris 99: Lebih Seru dari yang Kamu Kira

Perhatikan, Xbox Game Pass ini tidak sama dengan Xbox Live Gold. Bagi kamu yang belum tahu, Xbox Live Gold adalah layanan berlangganan per bulan yang mengizinkan kamu dapat bermain multiplayer dengan pemain Xbox lain dan mendapatkan empat game gratis setiap bulannya.

Sedangkan, Xbox Game Pass adalah layanan berlangganan di Xbox One mirip seperti Netflix yang harus dibayarkan tiap bulannya. Sederhananya, dengan berlangganan, kamu dapat mengakses semua katalog game Xbox One dan Xbox 360. Layanan ini sendiri dirilis pada 1 Juni 2017.

Lalu, apa benefitnya berlangganan Xbox Game Pass ini?

1. Harga trial yang murah meriah

Alasan utama mengapa beberapa gamer memilih berlangganan adalah untuk menghemat uang. Bayangkan saja jika kamu pecinta game Xbox One dan kamu ingin memainkan game seperti Crackdown 3 ($59.99), Forza Horizon 4 ($59.99), dan Sea of Thieves ($59.99).

Total harga dari ketiga game tersebut adalah Rp2.545.315. Sangat menguras kantong. Tetapi tidak jika kamu berlangganan Game Pass, trial untuk bulan pertamanya $1 (Rp.14.143). Bayangkan, dengan hanya mengeluarkan uang sebesar 15ribu kamu sudah bisa memainkan tiga game di atas.

Perhatikan, harga normal berlangganan Xbox Game Pass setiap bulan adalah $9.99. Jadi, setelah trial bulan pertama, bulan berikutnya kamu akan dikenakan sebesar Rp141.288. Masih cukup murah jika dibandingkan dengan total harga game tadi. Terlebih, langganan ini dapat kamu hentikan kapan pun kamu mau.

2. Mainkan game ekslusif Xbox di hari pertama

Bagian ini adalah yang paling menarik karena kamu dapat langsung memainkan game ekslusif Xbox di hari pertamanya rilis seperti Crackdown 3 yang baru saja dirilis pada tanggal 15 Februari 2019 lalu atau State of Decay 2 yang dirilis pada tanggal 22 Mei 2018 lalu.

Game-game judul besar seperti Forza Horizon 4 dan upcoming games seperti Halo Infinite juga masuk ke dalam daftar katalog. Tentu saja hal ini mendapatkan sambutan positif dari para gamer.

Sedikit info, berbeda dengan kompetitornya, Sony tidak menyediakan judul game ekslusift di layanan mereka, PlayStation Now.

3. Instal dan unduh langsung di library

Berlangganan Xbox Game Pass mengizinkan kamu mendapatkan judul game secara utuh. Artinya, kamu dapat menginstal dan mengunduhnya ke dalam library game Xbox milikmu.

Selama kamu berlangganan maka kamu akan dapat memainkan game tersebut kapan saja dan di mana saja. Pertama, daftarkan akun Xbox kamu di sini untuk berlangganan. Cari judul game yang ingin dimainkan. Pilih instal. Mainkan ketikan unduhan telah selesai berjalan.

4. Diskon gila-gilaan

Ingin tetap bisa memainkan game ketika langganan Game Pass habis? Kamu harus membeli game tersebut seperti biasanya. Nah, menariknya ketika kamu berlangganan, kamu akan mendapatkan diskon gila-gilaan mulai dari 20%.

Diskon ini akan bertambah hingga 60% jika kamu telah berlangganan Xbox Live Gold terlebih dahulu. Gimbot saja pernah membeli game State of Decay yang seharga $29.99 menjadi $6. Mantap sekali!

5. Katalog game yang beragam

Ada banyak sekali judul game yang ditawarkan mulai dari Middle-earth™: Shadow of Mordor™, ARK: Survival Evolved, dan Mortal Kombat X.

Bahkan beberapa judul game yang masuk ke dalam fitur Xbox Play Anywhere seperti Disneyland Adventures, Gears of War 4, Halo Wars 2, dan Halo Wars: Definitive.

6. Mainkan semua game Xbox One dan Xbox 360

Katalog game yang disediakan tidak hanya untuk judul game di Xbox One saja tetapi juga Xbox 360. Ini berkat fitur backward compatibility yang ada di Xbox yang memungkinkan kamu dapat memainkan game-game Xbox 360 yang lama di Xbox One atau Xbox One X.

7. Unduh melalui aplikasi mobile

Misalkan, kamu sedang berada di luar rumah dan membaca berita bahwa akan ada judul game baru dan game ekslusif yang hadir di Xbox Game Pass. Kamu ingin mengunduhnya tetapi sedang tidak bisa pulang?

Nah, dengan aplikasi Xbox Game Pass yang dapat diunduh di Android atau iOS kamu dapat mengunduh game Xbox langsung dari perangkat mobilemu. Jadi, bisa instal dari luar rumah dan ketika kamu sampai di rumah tinggal memainkannya.

Itu dia beberapa alasan mengapa kamu harus berlangganan Xbox Game Pass. Bagaimana, sudah pernah mencobanya? Apa judul game ekslusif pertama yang kamu mainkan Bot?


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.