Panduan E3 2019: Jadwal Live Stream dan Daftar Showcase Game


Lihat jadwal konferensi pers dari masing-masing publisher dan apa saja game yang akan ditampilkan di sini.

Sumber GameSpot

E3 2019 sebagai pameran dagang tahunan untuk industri video game akan berlangsung dari 11-13 Juni 2019, di Los Angeles Convention Center. Event ini menandai kali ke-22 E3 diadakan di daerah Los Angeles.

BACA JUGA: Sony dan Microsoft Berkolaborasi, Bukti Masa Depan Game Streaming?

Sony tidak akan mengikuti event ini untuk pertama kalinya dalam 24 tahun terakhir karena berniat mengadakan acara komunitasnya sendiri. Sedangkan, Microsoft dan Nintendo mengkonfirmasi mereka akan tetap menghadiri E3 kali ini.

EA sendiri juga tidak akan mengadakan konferensi pers dan sebagai gantinya mereka melakukan live streaming di EA Play dua hari sebelum event E3 bergulir.

Melibatkan puluhan developer dan game yang akan ditampilkan, E3 kali ini akan tetap ramai seperti biasanya bahkan kemungkinan di luar ekspektasi karena banyaknya rumor yang beredar mengenai game terbaru yang akan dirilis dan momentum untuk melangkah menuju next-gen console.

Lalu, bagaimana jadwal konferensi pers dari masing-masing publisher dan apa saja game yang akan ditampilkan? Berikut panduan lengkap E3 2019.

EA Play

Live Stream EA Play: 8 – 9 June, 9:15 AM PT (8 Juni, 21.15 WIB)

EA memang sengaja tidak mengadakan konferensi pers seperti biasanya. Tetapi sebagai gantinya, mereka akan melakukan live streaming selama dua hari pertama sebelum E3 dimulai. Beberapa judul game yang dikonfirmasi EA adalah Star Wars Jedi: Fallen Order, Apex Legends, Battlefield V, FIFA 20, Madden NFL 20, dan The Sims 4.

Kemungkinan, seri Star Wars Jedi: Fallen Order yang berfokus pada story campaign ini akan mendapatkan tanggal rilisnya. Respawn juga mengumumkan pembaruan untuk Apex Legends mulai dari Season 2, karakter Legend baru, dan lainnya.

Selanjutnya, EA Sports akan mengenalkan seri terbaru untuk judul FIFA 20 dan Madden NFL 20 dengan pembaruan fitur dan gameplay. Game simulasi The Sims 4 juga akan unjuk gigi. Menarik untuk dilihat apakah terdapat kabar terbaru dari Need for Speed, Plants vs Zombie, Sea of Solitude, dan Dragon Age 4.

Microsoft

Live Stream Microsoft: 9 June, 1:00 PM PT (10 Juni, 03.00 WIB)

Menyadari sang rival tidak akan menghadiri event E3 tahun ini. Tentu momen ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh Microsoft untuk mendominasi panggung E3. Bisa dibilang, ini adalah event tersibuk bagi Microsoft tahun 2019 ini.

Ada banyak hal yang akan dibawakan oleh Microsoft mulai dari penampilan 14 game first party dari Xbox Game Studios yang menaungi banyak game developer ternama, hadirnya Xbox Game Pass ke platform PC, hingga diskon gila-gilaan selama liburan musim panas.

Selain itu, kemungkinan di E3 kali ini, Microsoft akan memberikan pembaruan terkait generasi Xbox berikutnya (Xbox Scarlett) yang sedang dalam pengembangan. Seperti yang diketahui, Xbox berikutnya memiliki dua variasi, yaitu standar dan daya tinggi dengan kode Anaconda dan perangkat berbasis cloud yang lebih murah dengan kode Lockhart.

Menarik juga untuk dilihat bagaimana kabar terbaru dari layanan game streaming, Project xCloud yang akan menyokong Xbox Live, Xbox Game Pass serta next-gen console.

Beberapa game yang diantisipasi dari Xbox adalah sederetan game eksklusifnya mulai dari Halo: Infinite. Gears 5, Ori and the Will of the Wisps, Forza Motorsport 8, Fable 4, dan beberapa game lainnya yang belum diketahui.

Bethesda

Live Stream Bethesda: 9 June, 5:30 PM PT (10 Juni, 07.30 WIB)

Bethesda tentu akan mengumumkan seri Elder Scrolls Online terbaru yang dinanti-nanti oleh fansnya. Kabar terbaru dari Fallout 76 tentu akan menyudahi kekecewaan gamer setelah sebelumnya berakhir dengan tidak memuaskan. Terutama jika hadirnya Fallout 5.

Judul game Doom Eternal sebagai sekuel dari Doom juga dipastikan akan mendapatkan tempat. Sayangnya, game Elder Scrolls 6 dan Starfield tidak akan ditampilkan kali ini.

PC Gaming Show

Live Stream PC Gaming Show: 10 June, 10:00 PM PT ( 11 Juni, 12.00 WIB)

PC Gamer akan melakukan live stream PC Gaming Show yang kelima dari E3 di Twitch. Tahun lalu terdapat 1,9 juta orang yang menonton PC Gaming Show secara langsung. Ini adalah salah satu event tentang game PC dan perangkat keras yang sangat dinanti-nanti.

Sebelumnya, pada tahun 2016, PC Gaming Show sukses menampilkan Mount & Blade 2: Bannerlord, Dawn of War 3, Deus Ex, Arma 3 Apex dan Rising Storm 2: Vietnam, dan beberapa dinosaurus di game ARK. Lalu, kejutan apa yang akan dihadirkan tahun ini?

Kemungkinan, PC Gamer akan menghadirkan produk perangkat keras terbaru dan beberapa judul game PC dari beberapa developer seperti Annapurna Interactive, Digital Extremes, Raw Fury, Paradox Interactive, dan masih banyak lagi.

Ubisoft

Live Stream Ubisoft: 10 June, 1:00 PM PT (11 Juni, 03.00 WIB)

Ubisoft mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan empat judul game AAA yang akan dirilis pada kuarter keempat 2019 (Maret 2020). Seperti yang kamu tahu, salah satunya adalah Ghost Recon Breakpoint. Tiga game sisanya dipastikan akan diumumkan secara langsung.

Pembaruan mengenai Ghost Recon Breakpoint, seri lanjutan dari Tom Clancy Ghost Recon Wildland dan Beyond Good and Evil 2 serta cuplikan dari Watch Dogs 3 juga akan turut dihadirkan. Seri Assassins Creed bertemakan Viking sendiri sepertinya baru meluncur tahun depan.

Selain itu, Ubisoft juga akan mengumumkan game tandingan Rocket League, yaitu Roller Champions sebuah kompetisi roller derby. Serta Ubisoft Pass, layanan berlangganan game milik Ubisoft mirip seperti EA Access dan Xbox Game Pass.

Judul baru dari Just Dance dan Cell Splinter? Semoga saja. Judul Far Cry terbaru? Sepertinya tidak karena Far Cry 5 dan Far Cry New Dawn baru saja dirilis. Skull & Bones juga dikabarkan diundur hingga 2020.

Square Enix

Live Stream Square Enix: 10 June, 6:00 PM PT (11 Juni, 08.00 WIB)

Square Enix akan menampilkan game Marvel’s The Avengers dan remake Final Fantasy 7. Selain itu, Dying Light 2 juga akan mendapatkan pembaruan informasi mengenai gameplay dan tanggal rilis. Kingdom Hearts 3 memang telah dirilis bulan Januari kemarin dan setidaknya Square Enix memberikan tambahan informasi untuk Kingdom Hearts 3: ReMIND.

Devolver Digital

Live Stream Devolver Digital: 10 June, 8:00 PM PT (11 Juni, 10.00 WIB)

Meskipun tidak menampilkan konferensi pers game sekaliber AAA, showcase dari Devolver Digital nyatanya selalu ramai karena memiliki sederetan game indie yang unik dan menarik. Kamu dapat menonton showcase mereka di Twitch Devolver Digital.

Nintendo

Live Stream Nintendo: 11 June, 9:00 AM PT (11 Juni, 23.00 WIB)

Menginginkan tambahan koleksi game di Switch milikmu tahun ini? Nintendo E3 2019 Direct adalah jawabannya. Salah satu yang dinanti dan ditunggu adalah showcase dari Nintendo yang akan menghadirkan line-up mulai dari Animal Crossing baru, pembaruan Luigi’s Mansion 3, dan Legend of Zelda: Awakening Link.

Judul game seperti Bayonetta 3 dan Metroid Prime 4 sepertinya juga akan memiliki tambahan informasi mengenai pengembangan dan tanggal rilisnya. Rumor yang beredar. Nintento juga akan menghadirkan perangkat Switch mereka yang baru. Menarik untuk dilihat bagaimana Nintendo akan menutup event E3 2019 kali ini.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.