Panduan Bermain Tetris


panduan-bermain-tetris-featured

Tetris adalah salah satu game tertua dan terpopuler di dunia saat ini. Tidak heran karena game ini punya aturan main yang cukup sederhana. Artinya siapapun bisa memainkannya.

Meskipun sederhana, Tetris sebenarnya punya gameplay yang cukup sulit, terutama dimainkan di level tinggi. Game ini bahkan punya kejuaraan dunianya tersendiri. Menurut saya, mencoba bermain di level tinggi inilah keseruan Tetris yang sebenarnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengajarkan beberapa hal agar kamu lebih mahir bermain Tetris. Kamu mungkin tidak akan jadi penantang juara dunia berikutnya. Namun paling tidak kamu bisa lebih menikmati keseruan bermain Tetris dan benar-benar melatih kemampuan berpikir.

Aturan Dasar Tetris

panduan-bermain-tetris-5

Tugas utama dalam Tetris adalah menyusun balok agar membentuk satu baris horizontal yang utuh sebanyak mungkin. Balok yang kamu susun punya tujuh bentuk yang berbeda, dan biasanya dikenal dengan balok J, L, S, Z, T, I/long bar, dan O/kotak.

Balok ini akan turun satu per satu secara acak dari atas area permainan, dan bisa kamu putar 90 derajat berkali-kali. Begitu balok yang turun sampai ke lantai area permainan, balok tersebut akan terkunci, dan balok berikutnya akan muncul dari atas.

panduan-bermain-tetris-3

Umumnya, membersihkan satu baris akan memberikanmu skor. Namun satu sesi Tetris biasanya berakhir bukan ketika kamu mencapai skor tertentu. Permainan baru berakhir jika balok yang kamu letakkan mencapai titik teratas area permainan. Ini biasanya terjadi karena tumpukan balokmu terlalu tinggi tapi tidak bisa dibersihkan sama sekali.

Cara Mendapatkan Tetris Secara Konsisten

panduan-bermain-tetris-2

Aturan dasar Tetris memang sangat sederhana. Hanya saja bermain optimal dan memaksimalkan tiap balok tidaklah semudah yang kamu kira.

Ketika meletakkan balok, kamu bisa membersihkan satu, dua, tiga atau empat baris sekaligus. Masing-masing diberi nama single, double, triple, dan Tetris.

Dalam mayoritas versi game Tetris versi manapun, mendapatkan empat baris sekaligus atau Tetris adalah play yang paling optimal. Misalnya, dalam game seperti Classic Tetris, membersihkan empat baris sekaligus memberikanmu skor yang jauh lebih besar. Dalam game baru Tetris 99, membersihkan empat baris sekaligus berarti memberikan serangan yang lebih kuat ke lawan.

panduan-bermain-tetris-6

Masalahnya, hanya ada satu jenis balok yang bisa membuatmu membersihkan empat baris sekaligus, yaitu balok I atau long bar. Artinya agar kamu bisa mencetak Tetris, kamu harus bisa menyusun balok lain sedemikian rupa agar membuat tumpukan yang penuh, kecuali satu lubang yang akan diisi oleh long bar.

Menyusun balok lain agar terisi penuh dan rapi tidaklah mudah. Balok apa yang turun berikutnya selalu acak. Artinya bagian permukaan area permainanmu harus bisa dipasangi semua jenis balok dan tidak bergantung pada jenis balok tertentu.

Jika area permainanmu terlalu datar, kamu tidak punya tempat yang optimal untuk memasang balok S atau Z. Sebaliknya jika terlalu bergerigi, kamu tidak akan punya tempat untuk memasang balok O atau bahkan J dan L. Selain itu, jika membuat lubang yang dalamnya lebih dari satu petak, kamu akan bergantung pada balok J dan L.

panduan-bermain-tetris-7

Sayangnya meskipun sudah menyusun balok sedemikian rupa agar kamu siap mendapatkan Tetris, kadang kamu akan kurang beruntung. Akan ada saat di mana kamu tidak mendapatkan balok I, atau kamu mendapatkan urutan balok yang sulit disusun. Dalam situasi ini, kamu harus berpikir kreatif dan melihat di mana kamu bisa menempatkan balokmu tanpa merusak area permainan dalam waktu lama.

Bertahan Hidup dalam Kecepatan Tinggi

panduan-bermain-tetris-4

Awalnya, semua aturan, prinsip, dan optimalisasi di atas adalah hal yang mudah. Apalagi umumnya di awal permainan, balok yang turun dari atas ke bawah bergerak sangat lambat. Artinya kamu punya cukup banyak waktu untuk mempertimbangkan di mana kamu menempatkan balok yang sedang turun dan balok berikutnya.

Lain cerita jika kamu sudah mencapai level yang lebih tinggi dan tiap balok turun dengan sangat cepat. Di sinilah kemampuan eksekusi dan berpikir dengan cepat berpengaruh.

Mayoritas game Tetris punya mekanik gerak yang disebut delayed auto-shift (DAS) yang melibatkan caramu menggeser balok ke samping. Ketika kamu menekan dan menahan arah kanan atau kiri, balokmu akan langsung bergeser satu petak ke arah yang kamu inginkan. Namun setelah itu pergeseran kedua akan jauh lebih lambat. Setelah itu selama kamu tetap menahan tombol arah, balokmu akan bergerak sedikit lebih cepat secara konsisten.

DAS adalah satu momen di mana pergeseran balokmu melambat. Sekali lagi, di level awal ini tidak akan berpengaruh apa-apa karena tiap balok perlu waktu sangat lama untuk sampai ke bawah. Namun di level tinggi saat balokmu turun dalam sekejap, DAS ini memberikanmu ruang gerak yang sangat sempit.

Ada dua cara untuk mengakali ini. Pertama adalah dengan melewati delay yang diberikan DAS. Artinya sebelum balok berikutnya muncul di bagian atas permainan, kamu harus menahan arah kanan atau kiri terlebih dahulu. Dengan begitu balokmu bisa digerakkan ke satu arah dengan kecepatan geser yang konsisten.

Cara kedua adalah memanfaatkan kecepatan geser pertama. Namun agar bisa sampai ke titik yang kamu inginkan, kamu harus menekan tombol arah kanan atau kiri berkali-kali dengan sangat cepat, alias hypertapping.

Yang manapun caranya, kamu harus melihat balok apa yang akan muncul berikutnya. Tidak cuma itu kamu juga harus menentukan ke mana balok tersebut akan diletakkan bahkan sebelum muncul di area permainan. Dengan begitu kamu bisa melakukan charged DAS atau hypertap sejak awal dan meletakkan balok lokasi yang kamu inginkan. Di tengah eksekusi tersebut, kamu juga harus melihat kembali balok apa yang turun berikutnya dan ke mana balok tersebut akan diletakkan.

Melakukan hal tersebut satu atau dua kali mungkin mudah. Namun melakukannya terus menerus dengan akurasi yang konsisten tidaklah mudah. Inilah yang pada akhirnya membedakan pemain yang lebih berpengalaman dengan pemain biasa.


Jika dimainkan secara casual dan asal membersihkan baris sebisanya, Tetris akan terasa sedikit membosankan. Namun jika kamu berusaha bermain seoptimal mungkin dan dalam kecepatan tinggi, kamu akan merasakan keseruan bermain Tetris yang sebenarnya. Percayalah, berusaha untuk mempertahankan agar tumpukan balokmu tetap rapi di tengah tekanan akan memberikanmu latihan otak yang seru.


Like it? Share with your friends!

Kaoru

Facebook Comments