[Nostalgimbot] Menyimpan Save File Playstation dan Playstation 2 Dalam Memory Card


Sebelum Playstation punya memori internal yang tinggi dan teknologi cloud, satu-satunya cara menyimpan save file adalah memory card.

nostalgimbot-memory-card-featured

Sekitar 10 tahun lalu, kamu perlu lebih dari sekadar console untuk bermain game. Karena game belum bisa dibeli secara digital, kamu harus memiliki kasetnya terlebih dahulu. Lalu karena fitur online yang sangat terbatas atau bahkan tidak ada, bermain bersama teman berarti mengundang teman tersebut ke rumahmu. Lalu karena teknologi cloud belum ada, kamu harus memiliki memory card untuk menyimpan progres.

BACA JUGA: [Nostalgimbot] Sebuah Game Horor yang Menghilang Bernama P.T.

Buat kamu yang tidak tahu, memory card adalah sebuah kartu kecil yang kamu sematkan di console kamu. Benda ini dulunya tersedia di Playstation dan Playstation 2 sebelum akhirnya hilang di Playstation 3 yang punya memori internal tinggi. Fungsinya satu yaitu menyimpan save file game kamu. Tanpa benda ini, setiap kali kamu bermain game Playstation atau Playstation 2, kamu harus selalu bermain dari awal.

Kapasitas Terbatas untuk Game Kesayangan

nostalgimbot-memory-card-ukuran

Saat itu, file untuk satu game dan save file-nya terbilang kecil. Memory card untuk Playstation memiliki kapasitas 1MB, sementara memory card Playstation 2 punya 8MB. Untuk Playstation, satu save file untuk satu game biasanya hanya memakan satu dari total 15 slot. Kamu juga menyimpan lebih dari satu save file untuk satu game.

Tapi bukan berarti kamu bisa menyimpan 15 save file. Banyak game yang memakan lebih dari satu slot save file. Misalnya, saya ingat game Digimon World 2 di Playstation perlu dua slot save file. Lalu ada juga game seperti Harvest Moon yang memakan empat slot hanya untuk satu save file saja. Jika kamu bermain banyak game dan punya banyak save file, kamu harus punya lebih dari satu memory card. Jika tidak, kamu harus menghapus save file untuk memberikan ruang.

Fitur Copy Menjadi Daya Tarik

nostalgimbot-memory-card-koleksi

Meskipun masih punya kekurangan, memory card merupakan satu-satunya solusi untuk menyimpan progres game kamu. Tapi benda ini juga punya satu daya tarik yang mungkin tidak lagi kamu miliki sekarang yaitu kemampuan untuk membagikan save file kamu dengan mudah. Jika kamu sempat memainkan game Playstation atau Playstation 2, kamu mungkin pernah menemui situasi di mana temanmu meminta save file game yang kamu mainkan. Kalau setuju, kamu hanya perlu berkunjung ke rumah temanmu membawa memory card dan memberikan copy save file kamu ke teman tersebut.

Fitur ini tentu sangat membantu untuk mereka yang ingin mendapatkan jump start ketika bermain game tertentu, atau ingin mencoba build yang berbeda yang mewajibkan bermain dari awal, atau sekadar referensi yang bisa ditiru. Fitur ini memungkinkan karena save file tidak terikat dengan apapun seperti sekarang ini, semua transaksi game hanya terjadi ketika kamu membeli game tersebut.

nostalgimbot-memory-card-copy

Sekarang ini, hadirnya cloud dan transaksi in-game membuat save file kamu sangat terikat dengan akun online yang kamu miliki. Ini membuat memberikan save file ke orang lain sangat sulit atau bahkan dilarang. Memberikan akun kamu ke orang lain untuk dipinjam sekalipun tidak bisa dan bahkan dianggap sebagai pelanggaran yang layak mendapatkan ban.

Memory card adalah teknologi kuno yang sudah tidak digunakan dan saya rasa tidak akan pernah lagi digunakan. Tapi layaknya benda-benda game yang kuno lainnya, para pemain saat itu masih bisa menikmati hobi mereka dan bisa mengakali keterbatasan memory card ini.


Kaoru

Hmmm...