[Nostalgimbot] Sebuah Game Horor yang Menghilang Bernama P.T.


Banyak hal yang membuat P.T. legendaris. Selain memberikan pengalaman horor yang berkesan, game ini juga tidak bisa lagi kamu download.

nostalgimbot-pt-featured

Meskipun jarang, game yang rilisnya ditunda atau dibatalkan sepenuhnya bukanlah hal baru. Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa kabar tersebut akan membuat banyak orang kecewa, terutama jika game tersebut dikenal dan/atau ditunggu oleh banyak orang. Dari sangat sedikit game kemudian dibatalkan, saya rasa tidak banyak yang lebih mengecewakan dari batalnya Silent Hills, game yang rencananya akan jadi sekuel terbaru dari serial Silent Hill yang dikembangkan oleh Hideo Kojima.

BACA JUGA: Game Nintendo Switch yang Cozy dan Chill untuk Bersantai di Waktu Luang

Satu faktor lagi yang membuat banyak orang semakin kecewa dengan pembatalan Silent Hills adalah banyak pemain yang sudah merasakan sedikit dari pengalaman yang akan disajikan oleh game ini. Yup, Silent Hills punya demo yang bisa dimainkan, sebuah game horor legendaris bernama Playable Teaser alias P.T.

Ketika Membuka Pintu dan Memandangi Koridor Terasa Berat

nostalgimbot-pt-koridor

P.T. adalah game dengan konsep yang sederhana. Kamu akan berjalan menelusuri koridor berbentuk L dengan dua pintu, satu menuju kamar mandi dan satu lagi menuju tangga turun yang membawamu ke koridor yang sama. Agar keluar dari loop ini, kamu harus menemukan petunjuk dan memecahkan puzzle yang ada.

Setiap kali kamu menelusuri koridor ini, kamu akan menjumpai kejadian menyeramkan yang berbeda, mulai dari janin yang masih hidup, lukisan mata yang selalu menatapmu, hingga tentu saja hantu yang mengikuti dan menyerangmu. Semua kejadian ini sangat menyeramkan dan yang membuatnya semakin menyeramkan adalah tentu saja kamu tidak tahu apa yang akan terjadi. Tapi untuk bisa menyelesaikan permainan kamu harus terus maju dan menelusuri koridor yang sama hingga berkali-kali.

Setelah beberapa loop dan kejadian aneh yang menyeramkan, P.T. membuatmu membuka pintu dan menatap sebuah koridor jadi sangat sulit. Menatap hal sepele seperti koridor kosong terasa sangat berat, dan saya rasa perasaan inilah yang menjadi bukti bahwa P.T. sukses memberikan pengalaman horor yang berkesan untuk pemainnya.

”Pusaka” yang Hilang

nostalgimbot-pt-reedus

Satu lagi alasan yang membuat P.T. dikenal adalah karena game utamanya yaitu Silent Hills tidak akan pernah rilis. Hideo Kojima yang ditunjuk sebagai produser game ini keluar dari Konami di tahun 2015, tiga tahun setelah ia ditunjuk untuk membuat Silent Hills. Tidak ada pernyataan resmi mengapa ia keluar dari Konami, tapi rumor mengatakan bahwa hubungannya dengan publisher Jepang tersebut memang tidak akur.

Apapun penyebabnya, Silent Hills yang harusnya menjadi wujud akhir dari P.T. tidak akan pernah ada. Tidak hanya itu, P.T. sendiri pun sudah dihapus dari Playstation Store di tahun 2015. Artinya tidak ada lagi cara untuk men-download dan memainkan P.T. secara “legal” sekarang. Satu-satunya cara adalah kamu harus mencari Playstation 4 lama yang masih menyimpan P.T. dan tidak pernah dihapus.

Sekali lagi, P.T. adalah game yang mampu menyajikan pengalaman horor dengan konsep gameplay dan latar yang sederhana. Jika kamu adalah salah satu orang yang sempat memainkan game ini secara blind atau tidak tahu apa-apa, kamu mungkin termasuk beruntung.


Kaoru

Hmmm...