Nostalgia Game Lama: Monster Rancher 2


Meskipun tidak begitu populer, Monster Rancher 2 adalah salah satu game yang jarang dibahas tapi sangat unik.

Monster Rancher adalah seri game yang pertama kali lahir di tahun 1997. Diciptakan oleh Tecmo, seri tersebut merupakan satu lagi judul dengan genre collectible monster yang saat itu sangat tren berkat popularitas Pokemon.

Meskipun punya genre yang sama, game Monster Rancher pertama punya keunikan tersendiri. Lalu sekuelnya, Monster Rancher 2, merupakan salah satu game Playstation favorit saya dulu.

Dalam artikel ini, saya akan bernostalgia tentang pengalaman saya bermain game ini dulu dan beberapa tahun setelahnya.

Mencari Monster Keren Dari Ratusan CD

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-1
Sumber

Monster Rancher 2 bukanlah game collectible monster pertama yang saya mainkan. Gelar tersebut jatuh kepada Digimon World 2. Sayangnya meskipun sangat suka dengan Digimon, game tersebut terlalu membingungkan untuk saya yang masih SD. Karena merasa berjalan tanpa arah, saya berhenti bermain Digimon World 2 dan mulai mencoba Monster Rancher 2.

Game ini punya konsep dasar yang sederhana. Kamu bermain sebagai seorang breeder atau pelatih monster. Tugasmu adalah membesarkan dan melatih satu monster untuk kemudian dibawa bertarung di turnamen. Tujuannya untuk mendapatkan uang dan menaikkan ranking kamu sebagai breeder. Tujuan utamamu adalah menjadi seorang Master dengan menjuarai turnamen di ranking tertinggi dengan monster yang kamu latih.

Salah satu daya tarik utama dari seri Monster Rancher adalah cara kamu mendapatkan monster untuk dibesarkan. Kamu bisa mendapatkan monster dengan memasukkan CD apa saja. Tiap CD menyimpan monster yang berbeda yang bisa kamu ambil dan besarkan.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-7

Sebagai penggemar collectible monster, ide tersebut jelas sangat menarik perhatian saya. Entah ada berapa banyak CD yang saya coba hanya untuk melihat monster apa yang bisa saya dapatkan.

Setelah berjam-jam mencoba berbagai CD, saya akhirnya memutuskan monster terkeren yang akan saya besarkan. Saatnya untuk membawa monster tersebut pulang dan membesarkannya.

Sayangnya, membesarkan dan melatih monster tidaklah sesederhana yang saya kira.

Membesarkan Monster Demi Menjadi Master

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-11

Tidak seperti collectible monster lain, Monster Rancher 2 memintamu untuk fokus membesarkan satu monster saja. Ketimbang Pokemon atau game dengan genre yang sama, game ini lebih mirip dengan tamagotchi.

Dalam Monster Rancher 2, satu bulan terdiri dari empat minggu. Dalam satu minggu tersebut kamu bisa memilih satu dari tiga aktivitas: latihan, istirahat, atau battle. Setelah melakukan salah satunya, minggu akan berganti, lakukan aktivitas, dan begitu seterusnya.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-2

Latihan akan meningkatkan satu atau dua atribut monster kamu. Ada enam atribut yang bisa kamu latih, yaitu Life, Power, Intelligence, Skill, Speed, dan Defense. Keenam atribut tersebut akan menentukan kemampuan monster kamu dalam turnamen.

Ada dua jenis latihan yang bisa kamu pilih, yaitu Drill dan Errantry. Drill hanya memakan waktu satu minggu, sementara Errantry akan memakan empat minggu berturut-turut. Namun sebagai gantinya Errantry bisa memberikan monstermu jurus baru untuk digunakan dalam turnamen.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-5

Monster akan kelelahan jika terlalu sering berlatih atau bertarung. Karena itu kamu juga harus sesekali istirahat. Lalu jika butuh uang atau merasa monstermu sudah cukup kuat, kamu bisa membawanya ke turnamen.

Lebih dari Sekadar Menjalani Rutinitas

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-3

Sekilas, siklus membesarkan dan melatih monster di atas terlihat sangat sederhana. Latih monstermu, bawa ke turnamen, istirahat saat diperlukan, lalu ulangi. Hanya saja game ini punya banyak detail kecil yang tidak dijelaskan sama sekali tapi punya pengaruh besar.

Monstermu ternyata lebih dari sekadar makhluk hidup yang harus diberi makan, berlatih, dan diajak bertarung. Ia juga punya tingkat stres kondisi badan, loyalitas, dan siklus usia. Semuanya memberikan pengaruh ke hasil latihan dan usia monster. Jika kamu tidak menjaga kondisi monstermu dengan baik, monstermu tidak akan pernah mendapatkan hasil yang maksimal dalam latihan.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-8

Saya yang saat itu masih SD sama sekali tidak punya kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Tanpa akses internet atau pemain lain yang lebih paham, saya akhirnya tidak tahu cara bermain dengan benar. Ditambah mindset bahwa solusi untuk semua masalah di video game adalah pertarungan dan kekerasan, pengalaman pertama saya di Monster Rancher 2 penuh dengan kegagalan

Saya tidak pernah bisa melatih monster saya dengan kuat. Monster saya tidak pernah memberikan hasil latihan yang memuaskan. Sekalipun memuaskan, itu hanya dalam waktu singkat.

Bertarung Pun Sulit…

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-4

Bertarung juga tidak jauh berbeda, padahal cara bertarung di game ini tidaklah sulit.

Kamu bisa mengendalikan monstermu untuk bergerak maju atau mundur. Gerakan ini akan mempengaruhi jarak dengan monster lawan, ditunjukkan oleh titik biru di panel bagian bawah. Jika dalam jarak tersebut kamu atau lawan bisa menggunakan jurus, kamu bisa menggunakan jurus tersebut.

Tiap jurus memerlukan Guts, energi yang setara dengan mana atau MP di game lain. Guts akan terisi secara otomatis jika kamu tidak melakukan apa-apa. Semakin banyak Guts yang kamu simpan, makin tinggi damage dan peluang jurus tersebut mengenai lawan.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-10

Seberapa besar kekuatan jurus kamu, akurasi jurus kamu dan lawan, peluang menghindar, atau damage yang kamu terima dari jurus musuh tergantung pada atribut monster. Speed membuat monster bisa menghindari banyak jurus lawan dengan mudah, Skill yang tinggi membuat jurus jadi lebih akurat, dan seterusnya.

Sayangnya karena punya mindset yang salah, saya tidak cukup sabar atau strategis dalam bertarung. Saya selalu terburu-buru dan menggunakan jurus terkuat meskipun ada opsi atau strategi yang lebih baik. Ditambah dengan monster yang tidak dilatih dengan benar, tiap pertarungan terasa lebih sulit dari biasanya.

Pada akhirnya saya sedikit terobsesi untuk mendapatkan semua jurus karena mengira jurus yang lebih kuat akan membantu dalam pertarungan. Sayangnya anggapan tersebut juga salah, dan saya malah membuang waktu dan umur monster saya yang cukup berharga.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-14
Sumber

Memang, saya tetap bisa menaikkan ranking sebagai breeder. Tapi begitu ingin naik lebih tinggi lagi, monster saya sudah terlalu tua hingga akhirnya mati atau harus saya bekukan di laboratorium. Saya harus mengambil monster baru, dan melatihnya kembali dari awal, lalu siklus kegagalan yang sama dimulai.

Meskipun begitu, saya tetap suka memainkan Monster Rancher 2 ketika masih SD dulu. Monster-monsternya sangat variatif, animasi tiap jurus masing-masing monster juga keren, lalu musiknya juga oke terutama ketika bertarung.

Kembali dengan Mindset Baru

Sekitar tiga tahun lalu, saya iseng mencari dan menemukan konten Monster Rancher 2 di YouTube dan menemukan video di atas. Beberapa klik kemudian saya menemukan panduan bermain, atau lebih tepatnya cara membesarkan monster dengan optimal hingga cukup kuat untuk memanjat ranking Master.

Dari panduan tersebut, saya akhirnya bisa memainkan game ini dengan jauh lebih baik. Perspektif saya terhadap game ini juga berubah drastis.

Latihan untuk monster saya selalu jadi prioritas dan pertimbangan utama. Turnamen diikuti hanya jika ingin mendapatkan uang atau menaikkan ranking. Lalu Errantry juga dilakukan hanya untuk mendapatkan satu atau dua jurus baru, itu pun jika Errantry tersebut sedang diskon. Semua keputusan dipertimbangkan matang. Rutinitas yang ada harus dijalani dengan disiplin. Jika tidak, yang mendapatkan imbasnya adalah monster saya sendiri.

Cara saya bertarung juga otomatis berubah. Saya jadi lebih sabar dan strategis dalam menghadapi semua lawan. Selama bisa menghemat Guts dan menjaga jarak dari serangan lawan yang berbahaya, semua lawan bisa dihadapi dengan baik.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-6

Monster Rancher 2 berubah jadi game yang menuntut manajemen yang baik. Selama bisa mengelola aktivitas dan rencana dengan baik, monster kamu akan jadi sangat kuat dan berumur panjang. Tidak seperti video di atas, saya tidak menjadi Master dengan monster pertama karena beberapa kesalahan kecil. Meskipun begitu saya tetap puas dengan semua monster yang saya besarkan.

Setelah satu monster, saya penasaran ingin mencoba monster jenis monster lain. Game ini punya banyak jenis monster, mulai dari glass cannon yang gesit seperti Hare dan Pixie, heavy weight yang sepertinya tidak bisa mati seperti Arrowhead dan Durahan, sampai all-rounder seperti Zuum dan Mocchi. Semuanya memerlukan approach yang sedikit berbeda dalam berlatih dan bertarung.

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-12

Satu-satunya hal yang kurang ketika saya kembali bermain Monster Rancher 2 adalah saya menggunakan emulator. Artinya mendapatkan monster melalui CD sangatlah sulit. Untungnya, di game ini punya beberapa side event yang memberikanmu monster langka. Jadi meskipun saya jarang membesarkan monster campuran, paling tidak saya tetap punya banyak opsi monster yang bisa dipilih.

Tetap Salah Satu yang Terbaik Hingga Hari Ini

nostalgia-game-lama-moster-rancher-2-13

Setelah menamatkan Monster Rancher 2 dan mencoba banyak monster, saya sadar akan satu hal. Entah mengapa, saya selalu punya attachment ke masing-masing monster yang saya besarkan.

Karena tiap tindakan punya pengaruh besar dalam pertumbuhan monster, saya jadi cukup hati-hati dalam mengambil keputusan. Tidak cuma itu, tidak seperti game dengan genre sejenis, semua aktivitas di Monster Rancher 2 melibatkan interaksi langsung dengan monster kamu.

Memang, pada akhirnya tiap monster hanyalah sebuah rangkaian angka dan atribut yang dibungkus dalam wadah visual. Tapi karena harus diperlakukan dengan hati-hati, wadah ini juga jadi peliharaan sekaligus partner. Tiap kali monster yang saya besarkan sudah terlalu tua dan akan mati dalam waktu dekat, ada sedikit rasa sedih karena waktu saya dengan monster tersebut sudah berakhir.


Hingga hari ini, menurut saya Monster Rancher 2 adalah salah satu game collectible monster terbaik yang pernah saya mainkan. Idenya dan core gameplay-nya cukup berbeda dari game lain dengan genre yang sama, tapi tetap menarik untuk dimainkan. Bahkan menurut saya game ini lebih layak disebut simulasi dibanding collectible monster.

Sayangnya seri Monster Rancher sepertinya mati sejak judul terakhirnya di tahun 2011. Tapi di masa depan saya yakin akan kembali memainkan Monster Rancher 2, demi nostalgia dan pengalaman bermain yang hanya bisa ditemukan di game tersebut.

Screenshot diambil dari video YouTube milik teawch (1, 2, 3)


Kaoru