Nintendo Switch Online vs PlayStation Plus vs Xbox Live Gold: Mana yang Harus Kamu Pilih?


Switch Online vs PlayStation Plus vs Xbox Live Gold

Tidak lengkap rasanya jika memainkan game sendirian. Memang ada beberapa game yang rasanya lebih nyaman jika dimainkan sendirian. Tetapi ada banyak juga game yang jadi lebih seru jika dimainkan bersama dengan temanmu.

BACA JUGA: 10 Game Nintendo Switch yang Cocok Dimainkan Bersama Keluarga atau Teman

Nah, dari tiga platform permainan besar sekarang ini yang terdiri dari Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One, masing-masing memiliki fitur online yang mengharuskan kamu untuk berlangganan jika ingin memainkan game secara online multiplayer.

Beberapa keuntungan dari layanan berlangganan ini adalah dapat mencadangkan data tersimpan untuk game secara otomatis ke penyimpanan online (cloud) dan diskon besar-besaran ketika ada season sale.

Nintendo Switch memiliki Switch Online. PS4 memiliki PlayStation Plus. Xbox One memiliki Xbox Live Gold.

Lalu, dari Switch Online vs PlayStation Plus vs Xbox Live Gold ini mana yang harus kamu pilih? Simak ulasannya berikut ini.

Multiplayer

Jika kamu ingin bermain multiplayer secara online dengan temanmu maka berlangganan Switch Online, PlayStation Plus, dan Xbox Live Gold adalah wajib.

Namun, terdapat perbedaan di game Fortnite. Bagi kamu yang memiliki Nintendo Switch atau PlayStation 4, kamu tidak perlu berlangganan Switch Online atau PlayStation Plus untuk memainkan Fortnite secara online. Berbeda dengan Xbox yang membutuhkan Gold.

Selanjutnya, fitur multiplayer yang diberikan di PS4 dan Xbox One adalah party chat yang memungkinkan kamu membuat sebuah ruang virtual percakapan bersama dengan temanmu (8 orang di PS4 dan 12 orang di Xbox One).

Sedangkan di Switch, kamu harus menggunakan aplikasi Nintendo Switch Online di Android dan iOS jika ingin melakukan voice chat yang masih terbatas di beberapa game seperti Splatoon 2, Mario Kart Deluxe, Arms, Mario Tennis Aces, dan NES.

Game Gratis

Xbox Live Gold memiliki Games with Gold yang akan memberikan kamu empat game gratis setiap bulannya (dua di Xbox One dan dua di Xbox 360). Xbox cukup mumpuni karena dapat memainkan semua judul game di Xbox One dan Xbox 360 berkat fitur backward compatibility.

PlayStation Plus menawarkan lebih banyak game, yaitu enam game gratis setiap bulannya (masing-masing dua di PS4, PS3, dan PS Vita). Sayang, tidak semua judul game PS3 dan PS Vita tersedia di PS4 dan layanan ini akan dihentikan pada Maret 2019 mendatang.

Nintendo Switch agak berbeda dengan memberikan 20 judul game NES klasik seperti Super Mario Bros., The Legend of Zelda, dan Donkey Kong.

Bagian ini adalah salah satu benefit yang paling menarik karena ketiga layanan berlangganan menyediakan game gratis. Hanya saja PlayStation Plus dan Xbox Live Gold memberikan banyak judul game blockbuster seperti Hitman, Assassins Creed, dan Metar Gear Solid.

Kemampuan Save Data Cloud

Jika kamu ingin menyimpan data game di cloud agar lebih aman dan keperluan backup maka berlangganan Switch Online dan PlayStation Plus adalah wajib.

Berbeda di Xbox One yang tidak membutuhkan Xbox Live Gold untuk mendapatkan save data cloud ini.

Sejauh ini, untuk save data cloud di PlayStation Plus tersedia penyimpanan sebesar 10GB. Sedangkan. Switch Online tidak ada batasannya.

Layanan Pendukung (Chat, Achievement, Apps)

Kamu tidak membutuhkan PlayStation Plus atau Xbox Live Gold untuk mengirim pesan percakapan dan melihat status achievement di PS4 atau Xbox One. 

Sedangkan, untuk Nintendo Switch maka kamu harus berlangganan Switch Online untuk dapat berkomunikasi dengan temanmu menggunakan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya di atas.

Fitur spesial

Dengan berlangganan PlayStation Plus atau Xbox Live Gold maka kamu berhak mendapatkan diskon ekslusif (hingga lebih dari 60%) ketika ada season sale dan berkesempatan mendapatkan akses beta dan trial di game tertentu.

Switch Online juga tidak kalah menarik dengan menawarkan game battle royale tetris berjudul Tetris 99 secara gratis. Kamu juga mendapatkan diskon harga untuk controller Nintendo Entertainment System dan gear ekslusif di game Splatoon 2.

Harga

Switch Online menawarkan trial selama 7 hari. Jika kamu ingin berlangganan, terdapat dua jenis membership, yaitu individual dan family.

Individual membership dibanderol 1 bulan – $3.99USD, 3 bulan – $7.99USD, dan 12 bulan – $19.99USD dan family membership dibanderol 12 bulan – $34.99USD yang mengizinkan delapan akun Nintendo dapat mengakses Switch Online secara bersama hanya dengan sekali berlangganan.

PlayStation Plus menawarkan trial selama 14 hari (hanya untuk gamer baru) dan dibanderol 1 bulan – $9.99USD, 3 bulan – $24.99USD, dan 12 bulan – $59.99USD.

Tetapi hanya PlayStation Plus yang sudah tersedia di Region Asia sehingga harganya dalam Rupiah lebih murah, yaitu setahun Rp350.000.

Xbox Live Gold menawarkan trial selama 14 haridan dibanderol bulan – $9.99USD, 3 bulan – $24.99USD, dan 12 bulan – $59.99USD.

*$1USD = Rp14.058 | $24.99USD = Rp351.309 | $59.99USD = Rp842.339 (kurs saat artikel ini ditulis).

Dan yang harus kamu pilih adalah …

Switch Online memiliki kelebihan dengan harganya yang lebih murah untuk setahun berlangganan dan dapat memainkan game-game NES klasik.

Sedangkan, kekurangannya di fitur komunikasi seperti voice chat yang baru dapat diakses menggunakan aplikasi smartphone dan game gratis yang masih sedikit.

PlayStation Plus memiliki kelebihan dengan harganya yang juga terjangkau selama setahun dan tersedia di region Asia ditambah banyaknya game gratis yang ditawarkan. Kekurangan PlayStation Plus hanya di save data cloud yang terbatas hanya di 10GB.

Xbox Live Gold sendiri memiliki kelebihan di save data cloud yang tidak membutuhkan premium membership dan kemampuan backward compatibility yang dapat memainkan semua judul game di Xbox One dan Xbox 360. Kekurangan dari Xbox Live Gold adalah harganya yang sangat mahal, setahun lebih dari 800ribu.

Lalu, dari Switch Online vs PlayStation Plus vs Xbox Live Gold, layanan berlangganan mana yang harus kamu pilih? Kesimpulannya adalah tergantung dari preferensi platform bermainmu.

Mungkin kamu memang lebih senang bermain hanya di Nintendo Switch atau kamu memiliki dua console, yaitu PS4 dan Xbox One.

Semoga dengan perbandingan di atas dapat memberikan informasi tambahan sebelum kamu memutuskan akan membeli platform bermain dan layanan berlangganan nantinya.



Like it? Share with your friends!

Chipsman

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.
Facebook Comments