Minecraft VR, Game VR Terbaik yang Pernah Ada


Minecraft VR bisa dibilang adalah game VR terbaik yang pernah ada. Ditambah dengan fitur ray-tracing, dunia Minecraft dan objek yang ada di dalamnya menjadi sangat realistis sekali.

minecraft-vr

Minecraft VR bisa dibilang adalah game VR terbaik yang pernah ada.

Alasannya sederhana, Minecraft adalah game yang memungkinkan kamu untuk dapat melakukan apa saja yang biasanya kamu lakukan di kehidupan nyata.

Ditambah dengan perangkat VR, membuat kamu dapat merasakan pengalaman bermain yang lebih jauh lagi.

BACA JUGA: Inilah 5 Game Bergenre RPG dengan Durasi Terpanjang [Part-2]

Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) memang sudah lama diprediksi akan menjadi fenomena besar di masa depan.

VR sendiri atau yang dikenal dengan realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan komputer.

Lingkungan realitas maya ini menyajikan pengalaman visual yang ditampilkan pada sebuah layar komputer dengan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Lihat saja betapa antusiasnya perusahaan besar untuk ikut mendukung pengembangan teknologi ini mulai dari Facebook dengan Oculus Rift, HTC dengan HTC Vive, Sony dengan PlayStation VR, dan Samsung dengan Samsung Gear VR.

Penasaran, bagaimana Minecraft dapat dimainkan dengan perangkat VR? Lihat cuplikannya di bawah ini.

Alasan lainnya mengapa Minecraft yang dimainkan menggunakan perangkat VR memberikan pengalaman bermain yang maksimal adalah karena unsur interaktifnya.

Normalnya, game dibangun atas dasar tiga dimensi terhadap pemain mulai dari menyusun alur cerita (ideas over time), penggunaan indra (sensory experience), dan pengalaman interaksi (interactivity).

Di Minecraft, kamu dapat bercocok tanam, menambang, memancing, memasak, berburu, membangun, eksplorasi, dan banyak hal lainnya. Semua hal di kehidupan nyata dapat kamu lakukan di Minecraft.

Lalu, apakah Minecraft VR ini memiliki fitur ray-tracing? Tentu saja ada.

Seperti yang kamu tahu, teknologi ray-tracing adalah teknologi yang memanfaatkan pencahayaan untuk memberikan kesan realistis pada objek dalam grafis mulai dari bayangan, refleksi, dan refraksi.

Lihat bagaimana bentuk blok di lokasi yang berbeda menampilkan pencahayaan yang berbeda juga.

Di Minecraft VR, fitur ray-tracing ini membuat dunia Minecraft dan objek yang ada di dalamnya menjadi sangat realistis sekali.

minecraft-vr

Saat ini, Minecraft VR didukung oleh perangkat Oculus Rift, Windows Mixed Reality, dan Gear VR.

Jika kamu tertarik untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai Minecraft VR, kamu dapat mengaksesnya di sini.


Aria

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.