Inilah 5 Game Bergenre RPG dengan Durasi Terpanjang [Part-2]


Kali ini Gimbot kembali menghimpun game RPG dengan durasi paling lama yang tak kalah menarik dari bagian sebelumnya.

Game RPG

Sebelumnya Gimbot pernah membahas mengenai game dengan durasi paling lama sebelumnya. Di situ setidaknya ada lima game yang saya anggap memiliki durasi cukup lama.

BACA JUGA: Inilah 5 Game Bergenre RPG dengan Durasi Terpanjang

Kali ini saya kembali dan bakal membahas mengenai game RPG dengan durasi paling lama part kedua. Kelima game yang bakal kita bahas ini tentunya bisa dijadikan referensi untuk kalian!

Final Fantasy Tactics Advance

Rata-rata game Final Fantasy memang memiliki durasi yang panjangnya tidak main-main dan salah satu yang paling lama diantara seluruh Final Fantasy adalah game Final Fantasy Tactics Advance. Game ini dikembangkan untuk console Game Boy Nintendo Advance.

Game ini punya narasi yang cukup luas dan beragam fitur dahsyat lainnya. Game ini menjadi salah satu seri Final Fantasy klasik yang paling banyak dibicarakan di era modern. Bagi para penggemar game berbau taktik yang detail, judul satu ini bisa dijadikan referensi.

Game ini punya durasi gameplay hingga 50 jam!

The Witcher 3: Wild Hunt

Game PC

The Witcher 3 Wild Hunt punya durasi gameplay yang benar-benar mengesankan. Untuk menamatkan game ini setidaknya dibutuhkan waktu 63 jam. Game ini memiliki jalan cerita dan dialog yang luas. Di samping itu, sejumlah misi yang banyak memungkinkan game untuk diselesaikan dalam waktu yang lama.

Jika dibabat semua misinya, kemungkinan gamer bisa menyentuh angka sekitar 100 jam. Di The Witcher 3 banyak sekali hal-hal yang kalian lakukan. Meskipun punya durasi lama, The Witcher 3 punya segudang konten yang tidak membosankan.

Game ini benar-benar digarap serius oleh sang developer, CD Projekt Red.

Divinity Original Sins

game rpg

Divinity Original Sins mengusung genre RPG dengan cita rasa tradisional yang begitu kental. Untuk menyelesaikan game ini dibutuhkan waktu sekitar 67 jam. Game yang dirilis pada tahun 2014 ini sangat kompleks karena dipenuhi oleh konten dan petualangan yang seabrek untuk dinikmati.

Sama seperti The Witcher 3, Divinitu Orignial Sins juga sangat menarik untuk terus dimainkan meskipun membutuhkan waktu puluhan jam. Dalam beberapa tahun terakhir, game PC harus diakui sebagai salah satu RPG terbaik yang layak untuk dimainkan.

Oiya, game ini menyediakan para gamer alat modding! Kalian bisa berekspresi sesuka hati.

Dragon Quest VII Fragments of the Forgotten Past

game rpg

Dragon Quest VII: Fragments of the Forgotten Past adalah salah satu game PS1 yang tak hanya menarik, tetapi juga berdurasi cukup panjang. Seri ketujuh dari franchise game legendaris ini memiliki durasi permainan sekitar 74 jam.

Karena kontennya yang seru, Square Enix menghasilkan remake permainan ini untuk console Nintendo 3DS pada tahun 2013.

The Elder Scroll Online Tamriel Unlimited

game rpg

Sejak Bethesda Softwaorks meluncurkan game The Elder Scrolls I: Arena memulai debut pada tahun 1994, para gamer tentunya memiliki fantasi untuk menjelajahi dunia Tamriel dalam format MMORPG. Akhirnya sebuah game berjudul The Elder Scroll Online meluncur.

Seharusnya game satu ini menjadi kandidat terbaik dari serangkaian game The Elder Scroll. Tapi sayangnya, ketika diluncurkan, game ini memiliki konten yang sangat kurang sehingga tidak diterima dengan baik oleh para penggemarnya. Ini lah yang kemudian mendorong pengembangan versi Tamriel Unlimited, di mana kamu tak perlu lagi harus berlangganan untuk terus memainkan MMORPG ini.

BACA JUGA: Game PC Terbaik untuk Menemanimu Ngabuburit Puasa

Peluncuran TESO: Tamriel Unlimited terbukti sukses memperbaiki game ini sehingga mengubah pandangan gamer. Bicara soal durasi, MMORPG ini menjanjikan konten dengan durasi waktu sekitar puluhan jam untuk diselesaikan.


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!