Microsoft Sempat Pesimis Kepada Baldur’s Gate 3, Developernya Santai Menjawab!


Ketika meragukan berakhir bersalah.

Jika kalian melihat industri game satu bulan terakhir, kalian mungkin sering mendengar nama Baldur’s Gate 3. Ketika kalian membuka forum game, streaming site dan tempat pembicaraan game secara keseluruhan, nama game ini pasti akan terdengar. Semenjak perilisannya kemarin, game ini sukses menjadi salah satu game terbesar yang dirilis sepanjang tahun 2023.

Namun, kesuksesan ini tidak terjadi begitu saja dan pihak developer dari game ini juga harus meyakinkan pihak Microsoft terlebih dahulu. Dari dokumen yang bocor antara Microsoft dan Activision Blizzard, informasi ini akhirnya diketahui. Menurut Microsoft, Baldur’s Gate 3 tidak akan menjadi game sukses besar seperti apa yang terjadi sekarang ini.

BACA JUGA: Ed Boon Janjikan Mortal Kombat 1 Versi Nintendo Switch Dapatkan Perbaikan!

Microsoft mengatakan kalau game ini hanya butuh $5M saja untuk bisa masuk ke Game Pass, yang harga tersebut terhitung murah. Selain itu, Microsoft juga menyebut game ini sebagai game RPG PC kedua yang akan dirilis ke Stadia. Pernyataan tersebut dinilai merendahkan, karena secara tidak langsung Microsoft memprediksi kalau game ini tidak akan sukses.

Sayang sekali, pasalnya Baldur’s Gate 3 menjadi salah satu game tersukses sekarang ini dengan rekor penjualan yang tinggi. Melihat adanya keraguan yang dilemparkan oleh Microsoft, pihak Larian Studios selaku developer dari game ini menagatakan kalau hal ini memang bisa dimaklumi. Larian Studios menjawab keraguan Microsoft ini dengan santai dan membuktikan kalau mereka salah.

Menurut Michael Douse selaku director of publishing dari developer ini, beliau mengatakan kalau game dengan genre RPG seperti ini terkadang sering diremehkan. Hal yang sama juga sempat berlaku kepada Original Sin 2, game yang kurang lebih sama seperti Baldur’s Gate 3. Selain itu, Michael juga mengatakan kalau sebelumnya memang sulit untuk memprediksi kesuksesan dari game ini.

Hingga saat ini, Baldur’s Gate 3 sendiri baru tersedia di PlayStation 5 dan PC saja, namun perilisannya di Xbox Series X akan dilakukan dalam waktu dekat. Walaupun belum ada tanggal rilis dari game ini untuk Xbox, setidaknya sekarang kita sudah mendapatkan jawaban dari pihak Xbox dan Microsoft. Melihat kesuksesan ini, sepertinya pihak Xbox dan Microsoft akan melakukannya dalam waktu dekat.


Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Arshi

Full passion di jurnalistik, terutama soal video games.