Nintendo Switch Pro Controller, Layak Beli Atau Tidak?


Dibanding controller console lain, Nintendo Switch Pro Controller terbilang cukup mahal. Tapi apakah harga itu setimpal dengan kualitasnya?

layak-beli-tidak-nintendo-switch-pro-controller-featured

Nintendo Switch sejak awal sudah dilengkapi dengan controller yaitu Joy Con. Entah bermain dalam mode handheld, tabletop, atau docked, kamu selalu bisa bermain dengan menggunakan Joy Con. Tapi untuk kamu yang ingin menggunakan controller “sebenarnya”, Nintendo juga menawarkan Nintendo Switch Pro Controller yang dijual secara terpisah.

Sayangnya Nintendo Switch Pro Controller resmi punya harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp1 juta rupiah. Harga tersebut lebih mahal daripada Dualshock 4 dari Playstation 4 (RpTKTK). Bahkan Pro Controller third party berlisensi resmi sekalipun tidaklah murah untuk kamu yang on the budget.

Baca juga: 5 Aksesoris Nintendo Switch Rekomendasi Gimbot

Untuk mengeluarkan biaya sebesar itu, kamu tentu harus memastikan bahwa apa yang kamu dapatkan setimpal. Nah, dalam artikel ini kami akan membahas seperti apa rasanya memiliki dan menggunakan Nintendo Switch Pro Controller. Dari situ kamu bisa menilai apakah controller ini layak kamu beli atau tidak.

Build dan Kenyamanan

layak-beli-tidak-nintendo-switch-pro-controller-1

Dari segi bentuk, Nintendo Switch Pro Controller sedikit mirip dengan controller Xbox. Satu-satunya yang berbeda hanya ada pada bentuk grip. Kualitas build-nya juga sangat bagus sehingga terasa sangat nyaman digenggam. Artinya kamu bisa bermain dalam waktu lama dengan nyaman menggunakan controller ini.

Satu hal yang sangat mencolok dari Nintendo Switch Pro Controller adalah tombol utama yang ada di sebelah kanan. Tombol ini sedikit lebih besar dari rata-rata controller dan punya permukaan yang lebih flat. Kedalaman tombolnya juga cukup pas sehingga tiap input terasa jelas di tangan.

Bagian analog Nintendo Switch Pro Controller juga cukup nyaman digerakkan, jauh lebih nyaman daripada Joy Con. Begitu juga dengan D-Pad yang cukup nyaman ketika ditekan.

Satu-satunya bagian yang menurut saya tergantung preferensi adalah tombol trigger (ZL dan ZR) serta tombol shoulder (L dan R). Kedua pasang tombol ini punya feel yang sama ketika ditekan. Hanya saja keduanya punya kedalaman tombol yang kurang lebih sama. Ini mungkin akan menyulitkan kamu membedakan tombol mana yang kamu tekan. Tapi jika jarimu bisa membedakan, ini harusnya tidak jadi masalah besar kecuali kamu suka salah satu dari tombol ini punya feel seperti klik saat ditekan.

Fitur dan Daya Tahan Baterai

layak-beli-tidak-nintendo-switch-pro-controller-2

Satu hal yang jelas jadi kekurangan Nintendo Switch Pro Controller adalah tidak adanya earphone jack. Artinya jika kamu ingin mendengar suara dalam permainan, kamu harus mengandalkan speaker terpisah atau memasukkan earphone langsung ke Nintendo Switch.

Sebagai gantinya, Nintendo Switch Pro Controller dilengkapi dengan satu tombol khusus untuk mengambil screenshot. Artinya kamu tidak perlu repot keluar dari permainan untuk membuka sebuah layar menu. Cukup tekan tombol yang berada di atas D-Pad, dan screenshot akan langsung tersimpan di memori Nintendo Switch.

Baterai Nintendo Switch Pro Controller bisa diisi ulang dengan kabel USB-C. Kamu harusnya selalu mendapatkan kabel ini ketika membeli Nintendo Switch Pro Controller baru. Kabel ini cukup panjang sehingga kamu tetap bisa bermain sambil baterai controller kamu diisi.

Ngomong-ngomong baterai, Nintendo Switch Pro Controller bisa kamu gunakan hingga 40 jam tanpa perlu diisi ulang. Ini jauh lebih lama daripada Dualshock 4 dan setara dengan controller Xbox One. Ditambah dengan build yang nyaman, kamu tentu bisa bermain lama tanpa takut diinterupsi oleh baterai yang ternyata sudah habis.

layak-beli-tidak-nintendo-switch-pro-controller-3


Secara keseluruhan, Nintendo Switch Pro Controller punya kualitas yang sangat memuaskan. Build-nya sangat nyaman dan fiturnya juga mendukung untuk digunakan dalam sesi bermain yang lama. Memang, harganya lebih mahal dari controller console lain. Tapi kamu dijamin mendapatkan kualitas yang setimpal dengan biaya tersebut.

Nintendo Switch Pro Controller resmi keluaran Nintendo punya empat model tampilan yang berbeda. Ada tema default berwarna hitam, Splatoon 2, Xenoblade Chronices 2, dan Super Smash Bros. Ultimate. Masing-masing punya tampilan unik sendiri baik dari segi warna maupun styling di badannya. Pilih model yang kamu suka, dan selamat bermain!


Kaoru