5 Aksesoris Nintendo Switch Rekomendasi Gimbot


Dari controller sampai pelindung, selalu ada aksesorsi tambahan yang bisa membuat pengalaman bermain Nintendo Switch lebih baik lagi.

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-featured

Selain console, Dock, dan Joy Con yang tersedia dalam satu kotak, Nintendo Switch juga punya banyak aksesoris yang dijual terpisah. Sesuai namanya, aksesoris ini berfungsi sebagai pelengkap, entah untuk meningkatkan pengalaman bermain atau sekadar membuat Nintendo Switch kamu lebih aman dari kerusakan.

Dari beberapa jenis aksesoris, berikut adalah lima aksesoris yang kami rekomendasikan untuk kamu beli. Ingat, karena bersifat pelengkap, kamu tidak harus memiliki semua aksesoris ini. Tidak cuma itu, masing-masing aksesoris juga memenuhi tujuan yang berbeda. Karena itu belilah aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan dan caramu bermain dan menggunakan Nintendo Switch

1. SD Card

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-sd-card

Saya rasa item ini wajib kamu miliki begitu membeli Nintendo Switch. Memang, Nintendo Switch punya memori penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan beberapa game. Namun pada akhirnya memori tersebut tetap terbatas. Seiring waktu kamu tidak hanya perlu menyimpan lebih banyak game, tapi juga file DLC untuk game tersebut.

SD Card modern punya kapasitas penyimpanan yang sangat besar, lebih dari cukup untuk menyimpan sangat banyak game dan semua DLC-nya. Artinya kamu tidak perlu repot lagi menghapus satu atau dua game agar punya ruang untuk game baru yang akan kamu beli. Just keep it all in.

Tidak cuma itu, ketika memasang SD Card, semua screenshot yang kamu ambil otomatis masuk ke dalam SD Card. Jadi jika kamu perlu mengambil screenshot tersebut untuk disimpan di PC, cukup cabut SD Card, lalu pindahkan.

2. Nintendo Switch Pro Controller

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-pro-controller

Untuk kamu yang sering bermain Nintendo Switch di depan monitor besar, Pro Controller adalah salah satu aksesoris yang layak kamu miliki.

Memang, kamu tetap bisa menggunakan JoyCon untuk bermain di depan monitor besar. Tapi jika dibandingkan, Pro Controller jauh lebih baik dibandingkan JoyCon. Tombolnya yang besar sehingga lebih mudah digunakan. Analognya juga jauh lebih mulus dan nyaman digerakkan. Berat dan bentuknya sangat nyaman digunakan untuk sesi bermain yang panjang. Jangan khawatir kehabisan baterai, karena Pro Controller ini bisa bertahan hingga 40 jam sebelum harus kamu charge.

Terakhir, Pro Controller juga tersedia dalam berbagai model, mulai dari model basic berwarna hitam, sampai versi Splatoon 2 dengan warna grip yang berbeda serta pola unik di badannya. Ini akan membuat setup Nintendo Switch kamu jauh lebih keren.

Jika kamu on the budget dan tidak bisa membeli Pro Controller resmi dari Nintendo, ada banyak produk third party yang bisa jadi alternatif. Cukup pastikan kamu membeli Pro Controller third party yang berlisensi resmi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game Pertama Untuk Nintendo Switch Barumu

3. Protective Case

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-protective-case

Kamu tentu tidak ingin Nintendo Switch kamu lecet apalagi rusak karena karena terbentur atau jauth. Karena itu ada baiknya kamu juga memiliki protective case, terutama untuk kamu yang suka bermain dalam mode handheld entah di rumah atau ketika bepergian.

Sekarang ini ada banyak protective case yang bisa kamu temukan. Kamu tinggal memilih, mau menggunakan protective case dengan bahan yang lebih keras atau tidak? Mau menggunakan model yang lebih sederhana atau yang lengkap dengan “pegangan” di bagian pinggirnya. Bahkan kamu juga bisa menemukan protective case dengan motif atau tema tertentu.

Jika kamu ingin memasukkan Nintendo Switch ke Dock untuk bermain di monitor, kamu mungkin perlu melepas protective case ini terlebih dahulu. Beberapa protective case membuat Nintendo Switch tidak bisa terhubung sempurna dengan Dock sehingga tidak bisa muncul di monitor.

4. Travel Case

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-travel-case

Untuk lebih aman lagi, kamu juga bisa membeli travel pouch. Untuk kamu yang suka bepergian jauh, saya rasa travel pouch ini wajib kamu miliki.

Travel pouch paling sederhana biasanya tidak hanya menyediakan tempat menyimpan Nintendo Switch saja. Dalam travel pouch kamu juga bisa menemukan slot untuk memasukkan beberapa cartridge game. Jadi ketika bepergian jauh, kamu dijamin tidak akan bosan karena punya opsi game untuk dimainkan. Tidak cuma itu, travel pouch umumnya juga punya slot untuk memasukkan aksesoris seperti Joy Con. Jadi kamu bisa bermain bersama teman atau keluarga jika ingin.

Beberapa travel pouch yang lebih besar bahkan membuat kamu bisa membawa semua perintilan Nintendo Switch, lengkap dengan Dock, charger, hingga Pro Controller. Jadi jika kamu misalnya mudik, kamu bisa mengajak keluargamu bermain bersama di monitor besar.

5. Ethernet Adaptor

aksesoris-nintendo-switch-rekomendasi-adaptor

Memang, untuk keperluan umum seperti download, koneksi internet melalui WiFi harusnya sudah cukup untuk Nintendo Switch akmu. Tapi jika kamu ingin bermain online di game seperti Splatoon 2 atau Super Smash Bros. Ultimate, saya rasa kamu perlu koneksi LAN.

Nintendo Switch dikenal punya net code yang bisa dibilang cukup buruk. Artinya sebagus apapun kecepatan internet WiFi, kamu tetap bisa mengalami latency atau delay. Jika bermain game yang bergantung pada kecepatan reaksi, ini tentu akan sangat mengganggu. Karena itulah kami merekomendasikan koneksi LAN yang memang lebih baik dan stabil.

Untuk bisa menghubungkan kabel Ethernet/LAN ke Nintendo Switch, kamu memerlukan ethernet adaptor. Kamu bisa membeli adaptor berlisensi resmi dari Nintendo, tapi ada beberapa alternatif lebih murah yang bisa kamu dapatkan di luar sana. Hati-hati karena tidak semua adaptor bisa bekerja.

Baca juga: Nintendo Switch Online, Layak Beli Atau Tidak?


Masih banyak lagi aksesoris Nintendo Switch yang bisa kamu dapatkan untuk berbagai keperluanmu. Tapi lima di atas menurut kami adalah yang cukup penting.


Kaoru