Labo, “Kardus” untuk Nintendo Switch Dijadikan Alat Belajar oleh Nintendo


nintendo switch

Labo, aksesoris “kardus” yang dirilis oleh Nintendo untuk Nintendo Switch, sempat dianggap sinis oleh para pengguna Nintendo Switch.

Para pengguna Switch berpendapat bahwa Labo memiliki bahan yang rentan rusak karena terbuat dari kardus.

Sebenarnya aksesoris untuk Switch ini cenderung unik dan menarik, karena sifatnya yang kompleks tapi cukup menantang untuk bisa merakit dan segera memainkannya bersama Switch.

Beberapa contoh seperti Labo yang berbentuk pancingan, Labo piano, Robot RC (remote control), dan lain sebagainya.

Meskipun para pengguna Switch cenderung pesimis terhadap Labo, ternyata Nintendo tidak menyerah. Nintendo mencoba mengarahkan Labo ke pasar yang lebih khusus, yaitu ke arah pendidikan terutama sekolah tingkat dasar.

Dilansir dari Techcrunch, Nintendo berencana untuk memberikan Labo Kit kepada lebih dari 2.000 murid tingkat Sekolah Dasar, yang berumur berkisar antara 8 hingga 11 tahun.

Rencana ini akan dibantu oleh salah satu lembaga non komersial yang ada di New York, Amerika Serikat yang bernama Institute of Play. Program ini akan dimulai dari wilayah pendidikan Institute of Play terlebih dahulu, terutama halaman belakang institut yang memang sering digunakan sebagai tempat bermain sambil belajar.\

Program ini ditargetkan untuk sekolah-sekolah di wilayah New York. Institute of Play tidak hanya membantu mendistribusikan Labo saja, melainkan membantu membuat kurikulum hingga silabus yang cocok, dalam penggunaan Labo ke sistem pembelajaran yang ada.


Rencananya setelah program ini berhasil di kota New York, akan diteruskan ke berbagai kota lainnya yang ada di Amerika Serikat.

Ya semoga saja program ini juga akan berlaku ke negara lainnya, seperti Indonesia yang sangat membutuhkan program pembelajaran seperti ini. Setidaknya orang-orang akan melihat bahwa game sangat cocok digunakan sebagai sistem pembelajaran di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz