Diablo: Immortal, gim seri Diablo yang akan rilis di platform mobile ini turut diumumkan pula di Blizzcon kemarin. Lucunya, entah mengapa para audiens, gamer, fan dari Blizzard marah-marah karena diumumkannya Diablo: Immortal ini. Kok bisa?

Diablo: Immortal adalah salah satu seri Diablo yang akan dirilis di mobile, baik Android maupun iOS. Seperti seri Diablo lainnya, Diablo: Immortal memiliki genre Action RPG. Diablo memang identik dengan nuansa RPG seperti MMORPG. Tidak aneh memang jika gim ini akan menjadi gim bergenre MMORPG!

Sayangnya, versi Immortal ini ternyata tidak disambut baik oleh para penggemar Diablo. Immortal ternyata sangat dibenci dan menimbulkan kemarahan kepada Blizzard. Terlihat pada salah satu video trailer Diablo Immortal di Youtube yang banjir akan dislike.

Kok Pada Marah sih?

Ada banyak kemungkinan alasan mengapa para penggemar Diablo kecewa dan marah kepada Blizzard, mengenai Diablo versi Immortal ini.

Salah satunya seri para penggemar Diablo sepertinya kecewa karena versi Immortal ini malah masuk ke platform mobile. Padahal Diablo sudah identik dengan gim action RPG yang populer di platform PC, meskipun Diablo III juga sempat rilis di platform console.

Persepsi orang-orang gim mobile memiliki model bisnis P2W, yaitu kepanjangan dari Pay to Win. Sepertinya para penggemar takut jika Diablo Immortal ini akan menjadi gim yang akan dikuasai oleh para “sultan.” Karena nantinya “sultan” tentu saja akan memiliki karakter terkuat yang akan ada di Immortal.

Alasan Terkuat Mengapa Marah

diablo: immortal

Dari di antara kemungkinan tersebut, ternyata ada satu hal yang membuat para fan marah besar. Sempat terdengar isu mengenai seri Diablo terbaru akan dirilis oleh Blizzard, yaitu Diablo 4.

Sayangnya Blizzard justru memperkenalkan sebuah gim yang jauh berbeda, yaitu Diablo Immortal yang diperuntukkan mobile.

Dengan hadirnya Diablo Immortal ini, seperti menunjukkan bahwa Blizzard ingin menggeser Diablo 4 menjadi Diablo Immortal yang di mana fan sudah berharap bahwa Diablo 4 akan hadir di PC. Memang cukup wajar jika para fan marah kepada Blizzard.


Meskipun memang tindakan Blizzard cukup membuat kita para fan marah. Hanya saja kita perlu bijaksana juga terhadap hal ini. Ada baiknya kita beri kesempatan untuk Blizzard dalam memperkenalkan Diablo: Immortal.

Jika memang ternyata memiliki gameplay menarik, tidak rugi juga bukan untuk dimainkan. Jika ternyata memang jelek, ya sudah tinggalkan saja.

Terlebih dilansir dari PCGamer, Blizzard memang sedang menyiapkan Diablo 4, hanya saja tidak dipamerkan di Blizzcon kemarin dikarenakan masih belum siap untuk dipamerkan.

Yang artinya, Diablo Immortal ini seperti versi terpisah dari versi Diablo sebelum-sebelumnya.


Rizal Ziz