Jenis-Jenis Controller untuk Nintendo Switch


Satu keunggulan Nintendo Switch adalah kamu punya banyak jenis controller yang bisa digunakan untuk bermain. Play your way!

jenis-controller-nintendo-switch-featured

Satu hal yang unik di Nintendo Switch adalah banyaknya jenis controller yang bisa kamu gunakan. Bersama dengan controller default yang kamu dapatkan sejak awal, kamu juga bisa bermain dengan beberapa controller lain. Masing-masing punya keunikan dan kelebihannya sendiri.

Berikut adalah berbagai macam jenis controller untuk NIntendo Swtich

Nintendo Switch Joy Con

jenis-controller-nintendo-switch-joy-con

Harga: Rp1juta – Rp1,1 juta

Controller pertama yang kita bahas tentu saja yang sudah langsung kamu miliki ketika membeli Nintendo Switch baru. Sebagai controller bawaan, Joy Con memberikan satu keunggulan yang juga dimiliki Nintendo Switch yaitu fleksibilitas. Controller ini bisa kamu gunakan untuk bermain dalam posisi handheld maupun docked/table top.

Sayangnya dari segi kenyamanan, Joy Con masih kalah dari controller lain. Tombolnya sedikit terlalu kecil untuk beberapa orang. Tidak cuma itu, kamu harusnya sering atau bahkan pernah mengalami kasus analog drifting.

Tapi bagaimanapun juga, Joy Con tetap bisa jadi controller yang siap kamu gunakan kapan saja. Toh jika ingin bermain dengan banyak orang sekaligus, Joy Con selalu jadi controller pilihan.

Nintendo Switch Pro Controller

jenis-controller-nintendo-switch-pro-con

Harga: Rp1 juta – Rp1,2 juta

Sebagai controller “utama” yang diperkenalkan Nintendo, Pro Controller punya harga yang tergolong tinggi. Tapi kualitasnya setimpal dengan biaya yang kamu keluarkan.

Nintendo Switch Pro Controller punya build yang memang nyaman untuk digenggam dan digunakan dalam sesi bermain yang lama. Tombolnya juga punya feel yang oke sehingga kamu tidak merasa aneh ketika menekan tiap tombol. Lalu yang tidak kalah penting, baterainya bisa bertahan hingga 40 jam lebih.

Untuk kamu yang lebih sering bermain dengan monitor di rumah, Nintendo Switch Pro Controller dijamin akan jadi teman setiamu.

Baca juga: Nintendo Switch Pro Controller, Layak Beli Atau Tidak?

Third Party Pro Controller

jenis-controller-nintendo-switch-powera

Harga: Rp400.000 – Rp700.000

Untuk kamu yang mencari alternatif lebih murah daripada Pro Controller, kamu bisa mencarinya di produk buatan third party berlisensi. Pro Controller dari perusahaan seperti HORI atau Power-A memang punya beberapa fitur yang tidak dimiliki Pro Controller resmi dari Nintendo. Tapi dari segi kenyamanan, controller ini cukup oke, paling tidak sesuai dengan harganya.

Beberapa Pro Controller third party ini hanya tersedia dalam bentuk wired alias hanya bisa digunakan dengan kabel. Tapi tidak cuma itu, Pro Controller third party ini memiliki beberapa tampilan yang unik. Jika kamu suka game seperti Zelda atau Mario, kamu harusnya bisa menemukan Pro Controller dengan tampilan luar game tersebut.

8BitDo

jenis-controller-nintendo-switch-8bitdo

Harga: Rp500.000 – Rp650.000

8BitDo punya satu ciri khas yang tidak mungkin kamu lewatkan, yaitu modelnya yang sangat retro. Begitu melihatnya kamu mungkin akan ingat dengan controller Super NES atau Sega Genesis.

Tapi meskipun punya model jadul, controller 8BitDo tetap punya kualitas yang oke. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan analog. Jadi untuk kamu yang suka dengan controller ala retro, 8BitDo ini mungkin bisa jadi pilihanmu.

GameCube Controller

jenis-controller-nintendo-switch-gc-con

Harga: Rp400.000 – Rp550.000

Banyak yang mengatakan bahwa GameCube Controller didesain sedemikian rupa untuk para pemain Super Smash Bros. Mungkin benar, karena bahkan hingga generasi console modern, Nintendo dan beberapa perusahaan third party berlisensi lain tetap memproduksi controller ini. Nintendo sendiri tidak tanggung-tanggung memasang logo Super Smash Bros. di GameCube Controller mereka.

Tapi jujur saja, GameCube Controller memang sangat cocok untuk bermain Super Smash Bros. Dari posisi tombol hingga bentuk analognya seolah didesain agar kamu bisa meraih tombol-tombol penting dengan mudah ketika bermain Smash.

Jika kamu serius bermain Super Smash Bros. Ultimate, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan controller ini.


Kaoru