Impresi KartRider Rush+ – Saingan Berat untuk Speed Drifters dan Mario Kart

Seru dimainkan kasual maupun serius, punya grafis imut-imut, serta IAP terjangkau, game ini adalah penantang kuat di dunia balap mobile.


KartRider adalah franchise yang sudah punya sejarah cukup panjang. Awal mulanya, franchise ini muncul untuk PC pada tahun 2004 sebagai game balap online yang diterbitkan oleh Nexon di Korea. Game pertama itu berjudul Crazyracing KartRider, dan berhasil mencapai popularitas yang cukup besar bahkan melebarkan sayap ke sejumlah negara berbeda.

Nexon sudah pernah merilis Crazyracing KartRider dalam berbagai versi maupun platform, termasuk untuk iOS dan Facebook Games. Dan baru-baru ini, mereka meluncurkan dua versi baru lagi. Yang pertama diberi judul KartRider: Drift untuk platform PC dan Xbox One. Kedua adalah KartRider Rush+ untuk mobile (iOS dan Android).

Gimbot sudah mencicipi KartRider Rush+ yang tersedia di Android, dan akan membahasnya untukmu. Apakah benar game ini lebih bagus dari Mario Kart, bahkan berpotensi jadi salah satu game balap terbaik di mobile? Simak ulasannya di bawah.

Terlihat mirip Speed Drifters? Ya memang mirip sih.

Kemiripan dengan Speed Drifters

Kalau kamu penggemar balapan yang sudah sering mencoba berbagai game di perangkat mobile, KartRider Rush+ pasti akan langsung terasa familier untukmu. Game ini memang punya cukup banyak kemiripan dengan Speed Drifters yang dirilis oleh Garena satu tahun lalu. Kemiripan yang saya maksud ada di berbagai aspek, mulai dari tampilan tombol/antarmuka, gaya visual, hingga feel saat menyetir mobil.

BACA JUGA: Mengenal Final Fantasy XIGame Online dari Era PS2 yang Masih Berjaya

Dibilang menjiplak sih rasanya tidak juga ya, karena seperti sudah saya singgung tadi, seri KartRider sendiri sudah beredar sejak lama. Mungkin memang gameplay serta tampilan seperti ini telah terbukti laku di pasaran, sehingga jadi pakem yang banyak diadopsi developer game bakal go-kart. Lagi pula meski ada sejumlah kemiripan, KartRider Rush+ tetap punya beberapa ciri khas sendiri.

Koleksi avatar, kostum, dan mobil yang lucu-lucu.

Kalau dulu Speed Drifters menggunakan avatar pembalap berwujud manusia, KartRider Rush+ justru menggunakan avatar karakter kartun yang bentuknya menyerupai Bomberman. Avatar ini jenisnya ada cukup banyak, dan bisa kamu modifikasi dengan berbagai kostum. Sebagian bisa didapat dengan bermain, sebagian lainnya bisa dibeli dengan rupiah.

Kamu juga dapat mengoleksi puluhan mobil dengan desain yang lucu-lucu. Beberapa masih menyerupai mobil-mobil sport atau muscle car dunia nyata, namun banyak juga yang aneh-aneh. Misalnya mobil berbentuk kepala panda, mobil pisang, unicorn, dan lain-lain.

Hitungan waktu untuk mobil trial langsung berjalan otomatis.

Sayangnya di sini terdapat satu hal yang menurut saya agak menyebalkan, yaitu sistem trial pada mobil dan item. Kalau di Mobile Legends: Bang Bang, kamu bisa mengaktifkan Trial Card untuk menggunakan karakter tertentu dalam waktu terbatas, nah di KartRider Rush+ juga ada sistem serupa untuk mencoba mobil. Tapi trial ini langsung aktif otomatis begitu kamu mendapatkannya, tidak bisa disimpan seperti Trial Card di Mobile Legends.

Variasi Mode Permainan yang Luas

Dari segi gameplay, KartRider Rush+ punya sistem kontrol yang nyaman dan mudah untuk digunakan, namun masih tetap kompetitif. Mobilmu akan berjalan secara otomatis, dan kamu bisa mengendalikan arah belok, rem, drift, serta nitro dengan tombol-tombol di layar. Tidak jauh beda lah dari Speed Drifters. Seluruh gerakan mobil terasa sangat responsif sehingga menyenangkan sekali untuk dimainkan.

Kalau kamu tak cocok dengan sistem kontrol versi default, kamu dapat mengubahnya. Salah satu pilihan kontrol akan membuat mobil berbelok dengan cara tap di sisi kiri dan kanan layar, menyerupai Mario Kart Tour. Ada juga pilihan kontrol custom yang bisa kamu modifikasi sendiri sesuai selera.

Sistem kontrol bisa kamu ubah jadi mirip Mario Kart Tour.

KartRider Rush+ menyediakan mode permainan yang cukup variatif. Di samping mode balapan standar yang disebut Speed Race Mode, kamu bisa melihat cerita sederhana dalam Story Mode, atau balapan hura-hura di Arcade Mode. Arcade Mode ini menyediakan pilihan kondisi khusus seperti Item Race (balapan sambil adu senjata), Relay Race (balap estafet), serta Infini-Boost (nitro tak terbatas). Kamu juga bisa bermain secara solo ataupun dalam sebuah tim.

Setelah menginjak level 10, kamu akan membuka mode kompetitif alias Ranked Mode. Di sini kemampuan menyetirmu benar-benar diuji, dan berhubung sistem kontrol KartRider Rush+ sangat responsif, jangan kaget kalau banyak pemain di luar sana yang begitu jago dan mampu melakukan manuver-manuver aneh.

Cukup banyak mode permainan yang menghibur.

Untuk para pemain kasual, KartRider Rush+ menyediakan sejumlah fitur pembantu (Assistance) agar balapan jadi lebih mudah. Contohnya fitur untuk mencegah mobil menabrak dinding, proteksi agar kamu tidak drifting berlebihan, dan sebagainya. Sebagai timbal baliknya, fitur-fitur ini membuatmu tidak bisa mengeksekusi teknik yang lebih tinggi, seperti sengaja keluar jalur untuk mengambil jalan pintas atau drifting yang lebih cepat dan tajam.

Balapan Sambil Rumah-Rumahan

Ada satu lagi fitur dalam KartRider Rush+ yang menurut saya tidak penting tapi lumayan lucu, yaitu Home. Ya, di game ini kamu memiliki sebuah rumah yang bisa dihias dengan bermacam-macam barang. Rumahnya sendiri tidak dapat dimasuki, jadi hiasan yang kita pasang wujudnya adalah properti outdoor saja.

Rumah ini bukan ada hanya untuk dikoleksi, namun juga punya fungsi menarik. Kalau kamu ingin balapan bersama teman, rumah bisa jadi semacam lobby untuk mengumpulkan teman-temanmu di satu tempat.

Kumpul bersama teman-teman di Home.

Fungsi menarik lainnya adalah Parking Lot. Kamu bisa membangun lahan parkir di rumahmu, dan pemain lain bisa berkunjung lalu meninggalkan mobilnya di sana. Ketika ada mobil yang parkir di rumahmu, kamu akan mendapat sejumlah uang. Tapi uang ini tidak merugikan si pemain yang parkir, justru mereka juga akan ikut mendapat imbalan dari parkir tersebut.

Menurut saya ini sistem ini cukup unik dan dapat mendorong interaksi sosial serta pembentukan komunitas di kalangan pemain. Apalagi ketika sedang berkumpul di rumah kita bisa mengobrol sambil saling memamerkan avatar masing-masing.

Fitur Assistance untuk pemain kasual.

Terakhir, mari kita menilik sekilas tentang monetisasi. KartRider Rush+ memiliki mata uang premium bernama Battery, dan kalau saya perhatikan sepertinya harganya cukup murah. Kamu bisa membeli 300 Battery dengan harga Rp75.000. Sebagai perbandingan, satu mobil harganya antara 180-260 Battery, sementara satu avatar karakter berharga 680 Battery.

Beberapa item yang langka bisa lebih mahal lagi, tapi untuk harga standar seperti ini tergolong cukup terjangkau. Bila kamu ingin membeli Season Pass dan memperoleh imbalan-imbalan menarik, harganya pun lumayan murah yaitu Rp75.000 saja. Jadi KartRider Rush+ bukan hanya seru untuk dimainkan, tapi juga ramah di kantong.

Harga in-app purchase lumayan terjangkau.

Kesimpulan

Bila kamu sudah pernah (atau masih) memainkan Speed Drifters, mungkin KartRider Rush+ akan terasa sedikit kurang menarik. Maklum, inti permainan di dalam dua game ini memang lumayan mirip. Tapi bila kemiripan itu kita kesampingkan, KartRider Rush+ adalah game balap yang sangat seru bahkan mungkin salah satu yang paling seru di mobile.

Kualitas grafisnya yang mulus dengan desain karakter dan mobil kocak membuat game ini dapat dinikmati segala kalangan usia. Fitur sosialnya juga unik, kamu bisa menghabiskan waktu dalam game ini meskipun tidak sedang balapan. Ditambah lagi dengan harga in-app purchase (IAP) yang bersahabat, saya rasa game ini layak sekali kamu mainkan. Baik itu sekadar untuk seru-seruan atau untuk adu kemampuan.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.