Kebangkitan Battle Royale sebagai Genre Gim Terpopuler Abad Ini


battle royale

Gim dengan genre battle royale bukanlah hal yang baru. Genre ini sudah muncul melalui mods untuk gim survival online seperti Minecraft dan ARMA 2, sebelum akhirnya dipopulerkan oleh PlayerUnknown’s Battlegrounds dan Fortnite Battle Royale.

Baca Juga: 4 Klasifikasi Javelin Exosuit di Anthem

Tidak tanggung-tanggung, dilansir dari Newzoo setidaknya terdapat sebanyak 30.1% gamer yang bermain gim dengan genre battle royale di platform PC selama Februari 2018. Belum termasuk pengguna console dan mobile. Data ini akan bertambah jika dirangkum sepanjang tahun 2018 ini.

Bahkan jumlah tontonan di platform streaming favorit seperti YouTube dan Twitch juga didominasi oleh gim battle royale. Tidak diragukan lagi, battle royale adalah genre gim terpopuler abad ini.

Lalu, apa yang membuat battle royale ini populer? Simak ulasan di bawah ini.

Memadukan elemen survival dan shooter

Gim battle royale adalah genre yang memadukan elemen permainan survival dan shooter di mana kamu dapat melakukan eksplorasi area map untuk melakukan scavenging seperti senjata, armor, dan consumable item. Kamu harus bertahan hidup sampai akhir permainan dan menjadi last man standing.

Battle royale juga biasanya melibatkan pemain dalam jumlah yang banyak. Saat awal permainan kamu akan melompat dari pesawat untuk terjun ke daerah tertentu sembari bergerak menuju lingkaran sebagai area aman di map dan menghindari zona di luar lingkaran.

Genre ini mulai terkenal setelah mengadopsi film Battle Royal dari Jepang pada tahun 2000 dan film Hollywood The Hunger Games pada tahun 2012 yang menyajikan tema serupa di mana semua peserta akan saling bersaing menghindai zona map yang semakin menyusut untuk terus bertahan hidup.

“Battle royale games focus on a few specific elements of survival and shooter games and blend them into a quick, fun-to-play, and fun-to-watch gaming experience with endless replay ability options” -Jelle Kooistra, Head of Market Analysts Newzoo

Perpaduan elemen survival dan shooter ini membuat gim battle royale menarik untuk ditonton dan dimainkan karena sifatnya yang sangat kompetitif. Kamu bisa memainkan secara solo, duos, hingga squad.

Gameplay yang sederhana

Memainkan gim battle royale sangat sederhana, jangan mati. Kamu tidak perlu mencetak poin, mengambil bendera di area musuh. Bahkan kamu juga tidak harus membunuh musuh selama kamu dapat menjadi orang terakhir yang berhasil bertahan hidup.

Dengan gameplay yang sederhana ini, battle royale dapat dimainkan oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Battle royale juga semakin seru jika dimainkan bersama dengan teman baik secara duos atau squad.

PUBG dan Fortnite bukanlah battle royale yang pertama

Jika kamu menganggap bahwa PUBG dan Fortnite adalah versi orisinil dari gim battle royale maka kurang tepat. Tetapi jika dianggap bahwa merekalah yang membuat genre battle royale ini favorit, 100% benar.

Minecraft adalah salah satu gim pertama yang memperkenalkan gameplay survival di industri gim. Tak lama setelah The Hunger Games rilis, Minecraft menghadirkan mode permainan Survival Games di mana pemain akan saling berlomba bertahan hidup dengan saling menghancurkan lawan.

Lalu, ada DayZ (2013), mod untuk gim first-person shooter Arma 2. Mod semakin banyak bermunculan karena permintaan pemain yang ingin meningkatkan elemen PvP yang lebih kompetitif.

Wildcard Studios juga mengembangkan battle royale pada gim Ark: Survival Evolved pada akhir 2015 yang dikenal dengan judul ARK: Survival of the Fittest.

Sementara itu, H1Z1 juga menjadi salah satu pelopor battle royale dengan judul H1Z1: King of the Kill. Daybreak Game Company sampai meminta bantuan Brendan Greene sebagai game designer. Versi ini kemudian berganti nama menjadi H1Z1 saja.

Setelah menyelesaikan proyek tersebut, Brendan Greene bersama dengan Bluehole Studios mulai mengembangkan versinya sendiri, yakni PlayerUnknown’s BattleGround (PUBG). PUBG sukses menggeser CS: GO dan Dota 2 sebagai gim paling populer di Steam.

Melihat kesuksesan PUBG, Epic Games yang sebelumnya meluncurkan Fortnite Save the World versi PvE langsung beralih mengerjakan Fornite Battle Royale yang dikerjakan hanya dalam waktu dua bulan pada September 2017. Fortnite sukses mendapatkan popularitas, terlebih karena gim ini dapat dimainkan secara gratis.

Dapat dimainkan di semua platform

Gim battle royale adalah satu-satunya genre gim yang menyasar semua platform. Lihat saja bagaimana Fortnite dapat dimainkan di platform mulai dari PC, PS4, Xbox One, Mac, Android, iOS, dan Switch.

PUBG yang awalnya dapat dimainkan di PC dan hadir eksklusif di console Xbox One akan segera menyambangi PS4. PUBG Mobile juga hadir di platform mobile.

Judul gim populer seperti Call of Duty dan Battlefield juga ikut meramaikan hegemoni battle royale. Selain PUBG dan Fortnite, platform mobile juga memiliki Knives Out, Free Fire, Rules of Survival, dan Glorious Mission.

Kehadiran berbagai judul gim yang mengusung battle royale terdapat di semua platform sehingga membuatnya mudah untuk dimainkan.

Didukung oleh era streaming

Cepatnya dukungan internet sekarang membuat streaming adalah suatu hal lumrah untuk dilakukan oleh seorang gamer. Seperti yang kamu tahu bahwa kita hidup di era menonton streaming gamer sangat populer seperti di YouTube dan Twitch.

Streaming juga memungkinkan penonton untuk terlibat dengan host atau gamer yang melakukan streaming secara real-time. Gim battle royale yang menampilan permainan cepat dan kompetitif mendominasi hampir di semua platform streaming.

Ninja, salah satu streamer profesional pernah memecahkan rekor dengan penonton terbanyak di Twitch saat ia memainkan Fortnite bersama salah satu artis ternama, Drake.

Itu dia beberapa alasan kenapa battle royale adalah genre gim terpopuler abad ini. Menurutmu, genre gim apa yang dapat menggeser hegemoni battle royale?


Like it? Share with your friends!

ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato