Baru 2 Minggu Rilis, Genshin Impact Peroleh US$100 Juta dan Balik Modal

Tidak banyak game asal China yang bisa menuai sukses secara global. Tapi Genshin Impact justru bisa 'balik modal' dalam waktu singkat.


genshin-impact-peroleh-100-juta-featured

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak pertama kali rilis secara global tanggal 28 September lalu, Genshin Impact langsung pouler. Tapi yang mungkin tidak disangkan adalah hanya dalam waktu dua minggu saja, game dari developer Mihoyo ini sudah mendapatkan pemasukan sebesar US$100 juta. Menurut PC Gamer, game ini dibuat dengan budget sekitar US$100 juta. Jika laporan tersebut benar, artinya saat ini Genshin Impact sudah break-even atau balik modal.

Game ini memang sudah menarik perhatian banyak orang sejak beberapa bulan lalu, tapi tidak sepenuhnya dalam sorotan yang positif. Ketika pertama kali muncul, banyak yang menuding bahwa game ini menjiplak The Legend of Zelda: Breath of The Wild. Terlepas dari itu, tidak bisa dipungkiri bahwa game ini secara visual terlihat sangat indah.

Tanggal 28 September lalu, Genshin Impact akhirnya rilis secara gratis di PC, Playstation 4, dan Android. Meskipun tetap dituding karena menjiplak ide dari banyak game populer lain dan mendapatkan kritik, Genshin Impact juga menerima banyak review positif dan sangat populer. Hanya dalam waktu dua minggu kamu sudah bisa menemukan ratusan konten video Genshin Impact di YouTube.

genshin-impact-peroleh-100-juta-2

Baca juga review Genshin Impact dari Gimbot

Genshin Impact bisa dimainkan secara gratis. Tapi di dalamnya kamu akan menemukan sistem monetisasi ala game mobile, salah satunya adalah sistem gacha untuk mendaptkan karakter. Tapi selain itu pemain juga bisa menggunakan uang untuk membeli Battle Pass dan mengisi stamina untuk menjajal dungeon atau bos khusus.

Pembelian Battle Pass hanya bisa dilakukan sekali. Saya rasa tidak banyak pemain yang mengeluarkan untuk mengisi stamina yang secara otomatis terisi ulang. Jadi layaknya game gacha pada umumnya, sepertinya mayoritas pendapatan Genshin Impact memang hadir dari banyaknya pemain yang membayar untuk gacha pull.


Menurut pengaman industri game Asia Daniel Ahmad, Genshin Impact diprediksi akan mencapai pendapatan hingga US$150 juta. Ia juga mengatakan bahwa Genshin Impact adalah game China dengan global launch paling sukses.


Kaoru

Hmmm...