Review Genshin Impact, Salah Satu Game RPG Gratis Terbaik Tahun Ini

Meskipun sempat menuai cibiran sebelum rilis, Genshin Impact mampu menyajikan pengalaman game PRG yang jarang kamu temui, dan GRATIS.


review-genshin-impact-featured

Genshin Impact akhirnya rilis tanggal 28 September. Game RPG dari developer China Mihoyo ini sudah jadi bahan pembicaraan beberapa bulan lalu karena dianggap sebagai kloning The Legend of Zelda: Breath of The Wild. Selain PC dan PS4, game ini juga tersedia di smartphone dan dibuat oleh developer game Mobile yang otomatis membuat banyak pemain khawatir dengan kualitas dan/atau microtransaction di dalamnya.

Ekspektasi dan pesimisme tersebut tentu membuat banyak orang penasaran dan kemudian mungkin terkejut dengan kualitas game ini. Karena setelah bermain selama dua minggu, saya rasa Genshin Impact adalah salah satu game RPG gratis terbaik yang rilis di tahun 2020.

Selamat Datang di Teyvat

review-genshin-impact-open-world

Satu hal yang langsung terlihat sejak game ini pertama kali diumumkan adalah visualnya. Dunia Genshin Impact terlihat sangat indah dan enak dipandang. Setiap kali berdiri di high ground seperti tebing atau menara tinggi, saya selalu ingin berhenti sejenak dan mengambil screenshot.

Keindahan dunia Genshin Impact tidak hanya mengandalkan satu tema atau gaya saja. Saat ini, Genshin Impact terdiri dari dua region dan masing-masing punya tema yang berbeda. Tidak hanya itu, area yang membentuk masing-masing region juga unik.

Sebagai contoh, Liyue adalah sebuah kota pelabuhan dengan tema ala kota-kota di China. Tapi di sekitarnya kamu akan menemui area berupa reruntuhan, kota pertambangan yang ditinggal oleh penghuninya, sampai kumpulan gunung batu yang tingginya menembus awan. Semuanya terasa berbeda dan tentu saja bisa kamu jelajahi sesuka hati dengan berlari, melayang di udara, memanjat, atau berenang.

review-genshin-impact-liyue

Keindahan dan keunikan ini penting karena kamu akan menghabiskan mayoritas waktumu berkelana dan menjelajahi berbagai area. Tapi kamu berkelana bukan hanya untuk mencari pemandangan saja, tapi untuk menikmati berbagai macam konten yang bisa kamu temui. Nah, di sinilah salah satu daya tarik yang membuat Genshin Impact sangat berkesan.

Hampir semua sudut di dunia Genshin Impact punya sesuatu yang bisa kamu temukan, dan hampir semuanya berharga atau paling tidak bisa kamu gunakan nanti. Saking banyaknya, kamu mungkin bisa menghabiskan waktu seharian hanya untuk menyapu bersih konten yang ada di satu area saja.

review-genshin-impact-open-world2

Saat ingin bergerak ke lokasi misi, kamu mungkin melihat ada peti harta karun yang dijaga oleh monster. Setelah mengalahkan monster dan mengklaim peti tersebut, kamu ternyata ada di dekat Teleport Waypoint yang belum kamu aktifkan. Setelah memanjat tebing dan mengaktifkannya, kamu melihat ada Geoculus yang melayang di atas udara dan bisa kamu ambil. Lalu ketika melayang di udara kamu melihat mini-boss yang akan memberikanmu bahan untuk meng-upgrade senjatamu. Tiga jam kemudian kamu baru ingat harus ke kota Liyue untuk melanjutkan misi.

Satu-satunya hal yang mungkin kurang dari dunia Genshin Impact adalah ceritanya yang cukup umum dan biasa saja. Tapi perlu diingat bahwa game ini pastikan akan terus di-update dengan konten tambahan. Artinya seiring waktu Mihoyo mungkin akan membuat cerita di Genshin Impact semakin menarik, dan yang tidak kalah penting menyediakan konten baru yang bisa kamu jajal.

Pertarungan yang Cepat, Fleksibel, dan “Adil” untuk Semua Orang

review-genshin-impact-dvalin

Selain gerakan yang berkisar pada eksplorasi seperti lari, memanjat, terbang, dan berenang, kamu juga akan sering terlibat dalam pertarungan entah di alam terbuka atau di dalam dungeon. Ketika bertarung, kamu akan mengendalikan satu karakter yang punya satu Elemental Spell dan satu Burst Spell yang unik. Kamu bisa mengganti karakter dengan tiga karakter lain yang kamu pasang dalam party.

Setiap karakter dan musuh punya elemennya masing-masing mulai dari api, air, angin, dan seterusnya. Menggunakan spell atau serangan biasa akan memberikan debuff atau tanda ke lawan. Lalu jika kamu mengganti karakter dan menggunakan elemen lain ke lawan yang sama, dua elemen tersebut akan menghasilkan Elemental Reaction. Jenis reaksi yang dihasilkan bergantung pada kombinasi elemennya. Sebagai contoh, efek Hydro (air) dan Cryo (es) akan membuat target membeku, Electro dan Pyro akan menghasilkan damage AoE_, dan seterusnya. Aturan yang sama juga berlaku untuk karaktermu ketika menerima serangan musuh.

review-genshin-impact-combat1

Interaksi karakter inilah yang membuat combat di Genshin Impact menarik. Memang, kamu bisa saja menang hanya dengan spam tombol serangan dengan satu karakter saja. Tapi memanfaatkan interaksi elemental ini membuatmu bisa menghabisi lawan dengan cepat dan membantumu menyelesaikan tantangan yang lebih sulit. Selain itu, bisa mengganti karakter dengan timing yang tepat untuk mengaktifkan Elemental Reaction ini selalu terasa memuaskan dan saya rasa jadi daya tarik utama untuk combat di game ini.

Interaksi elemen ini juga mengizinkanmu membentuk party yang “oke” meskipun kamu tidak punya banyak karakter. Memang, ada beberapa karakter tier tinggi yang bisa membuat semuanya jadi jauh lebih mudah. Tapi selama kamu bisa memanfaatkan Elemental Reaction yang bisa kamu ciptakan dengan apa yang kamu punya, saya rasa semua karakter bisa dimasukkan ke dalam party. Ini belum mempertimbangkan fungsi masing-masing karakter dalam eksplorasi. Jadi saya rasa kamu mungkin akan memerlukan lebih dari satu party untuk berbagai macam situasi.

review-genshin-impact-combat-2

Fleksibilitas karakter di Genshin Impact juga tidak terbatas pada kemampuan mereka saja. Masing-masing karakter bisa kamu berikan berbagai macam item mulai dari senjata hingga aksesoris. Item yang kamu berikan tidak hanya menambah attack, defense, dan HP, tapi juga atribut lain seperti critical rate hingga kekuatan heal. Artinya satu karakter bisa punya dua “build” atau bahkan lebih tergantung perannya dalam party.

Secara keseluruhan, combat di Genshin Impact terasa seru dan rewarding tidak hanya karena kecepatannya, tapi juga berkat interaksi elemen yang bisa dihasilkan masing-masing karakter. Interaksi ini jugalah yang membuat tiap karakter unik dan bisa berfungsi di party jika kamu bisa memanfaatkan potensinya. Artinya meskipun kamu selalu bisa membentuk party yang “oke” dan berfungsi dengan baik tanpa harus mengeluarkan uang untuk gacha pull.

Tetap Punya Formula Game Mobile

review-genshin-impact-elemen

Sejauh ini, Genshin Impact punya fondasi yang membuatnya layak disebut sebagai salah satu atau bahkan game gratis terbaik tahun ini. Tapi fakta bahwa game ini masih menggunakan banyak formula yang umum ditemui di game mobile mungkin akan terasa menjengkelkan untuk beberapa pemain.

Kamu perlu sedikit bersabar untuk mendapatkan progress untuk karaktermu. Ini karena upgrade untuk masing-masing karakter mungkin memerlukan bahan yang hanya bisa kamu temui di dungeon atau mengalahkan bos khusus. Tapi untuk mengaksesnya kamu harus menggunakan Original Resin yang kurang lebih berfungsi sebagai stamina atau energi. Jika sudah habis kamu harus menunggu beberapa jam energi ini terisi kembali.

Selain itu meskipun mayoritas kontennya bisa dijajal seorang diri alias single player, Genshin Impact adalah game yang always online. Jika bermain di PC atau PS4, kamu harus punya koneksi internet aktif untuk bisa bermain meskipun kamu tidak akan pernah menyentuh fitur multiplayer-nya. Tapi karena selalu online, kadang kamu akan mendapatkan input delay karena faktor koneksi internet. Jika kamu sedang di tengah combat atau melakukan aktivitas lain yang memerlukan timing dan presisi yang tepat, masalah koneksi ini mungkin akan terasa menjengkelkan.


review-genshin-impact-intro

Terlepas dari kekurangannya, Genshin Impact adalah game yang sangat keren. Presentasinya sangat indah dan penuh dengan konten serta detail yang sepertinya tidak pernah habis. Interaksinya bisa kamu lakukan, mulai dari eksplorasi hingga combat juga sangat seru dan bisa kamu nikmati dengan caramu sendiri. Saking bagusnya, saya masih sedikit tidak percaya bahwa game ini gratis, apalagi mengingat bahwa developer Mihoyo bisa dan pasti akan menambah konten di game ini seiring waktu.

Jika kamu belum mencoba game ini dan sedang mencari game RPG baru dengan durasi gameplay yang lama, coba Genshin Impact.

Baca juga: Spesifikasi untuk bermain Genshin Impact


Kaoru

Hmmm...