5 Game yang Keseruan Ceritanya Berkurang Karena Leak dan Spoiler

Ada beberapa developer besar sempat kebocoran informasi dan membuat cerita game mereka akhirnya diketahui sebelum dirilis.


Game yang Mendapat Spoiler Sebelum Dirilis

Merampungkan sebuah game menjadi salah satu impian bagi banyak developer di industri hiburan ini. Terutama jika proyeknya merupakan proyek besar, merampungkan sebuah game menjadi pencapaian tersendiri. Yang diharapkan setelah game rampung adalah bahwa penjualannya akan meledak dan akhirnya game buatan sang developer menjadi sebuah legenda dalam kurun waktu bertahun-tahun.

BACA JUGA: Deretan 5 Game Paling Susah untuk 100% Komplet

Namun sayangnya, beberapa developer kurang beruntung. Ya, mereka terkena spoiler dan leak entah dari mana asalnya yang biasanya membongkar hal-hal penting di dalam game itu. Buat game single player, tak ada yang lebih mengerikan dibandingkan kena spoiler dari segi cerita. Jika sudah begini, yang ditakutkan adalah penjualan terus merosot.

Lantas kira-kira ada game apa saja yang keseruan ceritanya berkurang karena leak dan spoiler? Gimbot sudah mengumpulkan daftarnya untuk dibahas. Berikut ulasannya.

Note: Artikel ini sama sekali tidak membahas soal The Last of Us II! Jangan khawatir kena spoiler karena yang dibahas adalah game yang sudah meluncur ke pasaran dalam kurun waktu yang cukup lama.

1. Marvel Spider-Man

Beberapa bulan menjelang Marvel Spider-Man rilis ke pasaran, ada sebuah demo yang dibagikan di mana Spidey dipukuli oleh Sinister Six yang berisikan Vulture, Scorpion, Mister Negative, Electro, dan Rhino. Di titik ini, ditunjukan juga bahwa penjahat ini bekerja untuk orang lain di mana Mister Negative mengatakan jika orang itu disebut sebagai “orang yang tak disebutkan namanya”.

Sony dan Insomniac merahasiakan hal ini rapat-rapat. Namun nahasnya, ada kebocoran informasi yang berakhir terbongkarnya sosok yang tak disebutkan namanya ini beberapa bulan menjelang Marvel Spider-Man rilis demonya tak lama disebar ke publik.

Kebocoran informasi itu berasal dari Chris Jai Alex, seorang aktor suara di game ini. Ia secara tidak sengaja mengatakan bahwa Doctor Octopus akan masuk ke dalam cerita dan mengacak-acak New York. Hal ini disampaikan ketika mengobrol dengan Youtuber Drift0r.

Meski sempat heboh, namun kenyataannya Marvel Spider-Man tetap tak terpengaruh dan penjualannya masih bisa dibilang baik-baik saja.

2. Kingdom Hearts III

kena spoiler

Biasanya sebuah kebocoran video game terjadi ketika sedang dalam masa pengembangan meskipun beberapa diantaranya terjadi ketika game tersebut sudah rampung. Masih banyak yang bingung kenapa sebuah game yang sudah jadi justru menjadi incaran untuk dipublikasikan spoiler-nya. Hal ini terjadi pada Kingdom Hearts III sebelum game ini luncur.

Ya, sekitar sebulan sebelum game ini rilis, Kingdom Hearts III mengalami leak dari jalan cerita. Konon, beberapa copy game yang kurang baik dalam proses pencetakan disc menjadi sumber spoiler ini sehingga video dan screenshoot dari plot game ini membanjiri web.

Dari sini gamer dituntut untuk hati-hati ketika berselancar di internet agar tak terkena spoiler. Kebocoran ini ditanggapi oleh kreator dari Kingdom Hearts III yaitu Tetsuya Nomura untuk memohon agar spoiler ini tak lagi dipublikasikan secara luar. Untungnya bagian epilog dan beberapa rahasia game ini tidak bocor ke pasaran sehingga penjualan dari Kingdom Hearts III masih cukup baik karena gamer masih merasa penasaran.

3. Call of Duty: Modern Warfare 3

kena spoiler

Meski Call of Duty pada saat itu sudah mulai mengembangkan multiplayer-nya, namun beberapa orang juga sangat berharap dengan jalan cerita yang ada di Call of Duty: Modern Warfare 3. Dirilis di tahun 2011, game ini mendapatkan pukulan yang cukup telak karena ada kebocoran yang terjadi sehingga aset game sebelum rilis tersebar ke publik.

Kotaku salah satu yang membahas apa saja yang ada di Call of Duty: Modern Warfare 3 secara mendalam mulai dari uraian jalan cerita, rincian lokasi, kendaraan, karakter yang dimainkan, dan beberapa hal penting lainnya. Ini terjadi enam bulan sebelum game tersebut rilis.

Untungnya, meski sudah dibahas habis-habisan di internet, penjualan Call of Duty: Modern Warfare 3 masih menggila bahkan menjadi salah satu game terlaris di tahun 2011. Setidaknya ini menghapus air mata Activision sebelum game ini rilis.

4. Starcraft II: Heart of Swarm

Jika Call of Duty: Modern Warfare III sudah kalian anggap sangat parah, adalagi yang lebih parah di mana spoiler dari game tersebut bocor bertahun-tahun sebelum game ini rilis. Starcraft II: Heart of Swarm menjadi korban keganasan spoiler beberapa tahun silam. Di tahun 2010, game yang menjadi seri lanjutan dari Starcraft II: Wings of Liberty ini bocor dan menunjukan saat-saat akhir dari permainan ini.

Gilanya, di video itu ada watermark dari developer yang menandakan jika spoiler itu memang legit adanya. Tentu hal ini terbukti benar ketika Starcraft II: Heart of Swarm dirilis pada tahun 2013. Ada kemiripan mencolok antara spoiler dan ketika full rilis.

Hingga saat ini masih belum tahu bagaimana spoiler itu bisa lolos hingga terpublikasikan ke publik. Banyak asumsi yang beredar di mana salah satunya ini berasal dari fans Starcraft yang menemukan video tersebut dan kemudian mempublikasikannya. Siapa yang tahu bukan?

5. Halo 2

kena spoiler

Halo 2 adalah game yang dirilis ketika internet masih belum semasif sekarang. Tapi tentu, yang namanya kebocoran internet tak bisa dihindarkan dan ini terjadi tepatnya pada November 2004. Ya, copy dari Halo 2 dicuri dan diunggah ke situs pembajakan hampir sebulan sebelum tanggal rilis resminya.

Bahkan jika yang niat mencari, mereka akan menemukan spoiler cerita dan berbagai hal penting lainnya. Microsoft sendiri tak bisa melakukan apapun meski mereka sebenarnya telah berusaha mengejar sang pencuri yang menyebarkan game mereka ini. Mungkin Microsoft mencoba bersikap realistis karena apa yang sudah masuk ke internet, hampir mustahil untuk menghap


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.