Tak Sempat Main Sampai Tamat? 5 Game Ini Bisa Kamu Nikmati dalam Bentuk Komik

Game sering punya cerita yang menarik, tapi kadang kita sibuk hingga tak sempat menamatkan. Membaca versi komik bisa jadi alternatif solusi.


Bermain game yang punya cerita menarik itu sangat menyenangkan, apalagi bila kita memainkannya dalam kondisi santai tanpa gangguan. Tanpa sadar, kita bisa tenggelam ke dalam dunia lain dan merasa seolah-olah kita mengalami sendiri sebuah petualangan. Entah itu menyelamatkan dunia, mengalahkan musuh jahat, atau sekadar menolong penduduk desa berburu babi hutan.

BACA JUGA: Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 27 Januari 2020

Sayangnya, kadang-kadang game seperti ini butuh waktu lama untuk ditamatkan. Tak apa-apa sih kalau sedang liburan, namun seiring usia bertambah, tak jarang hari kita dikejar-kejar oleh kesibukan. Jadi bagaimana solusinya supaya tidak ketinggalan zaman? Salah satunya, lewat alternatif media hiburan. Misalnya komik yang bisa kamu temui di toko-toko buku kesayangan.

Mungkin rasanya tak seasyik langsung memainkan, tapi bolehlah daripada tak punya pilihan. Apa saja sih game yang bisa kita nikmati dalam wujud komik itu? Lima di antaranya sudah Gimbot kumpulkan. Simak di bawah.

Breath of Fire IV

Capcom bukan hanya pencipta Street Fighter, Monster Hunter, atau Resident Evil. Mereka juga punya judul RPG yang banyak disegani, yaitu Breath of Fire. Di era PS1 dulu, Breath of Fire III dan Breath of Fire IV adalah RPG yang sering jadi buah bibir, karena ceritanya begitu menarik dan berkesan. Lagi pula, tak banyak RPG di mana tokoh utamanya mampu berubah menjadi naga!

Breath of Fire IV kemudian diadaptasi dalam wujud cerita bergambar, dengan Hitoshi Ichimura sebagai pengarangnya. Berjudul lengkap Utsurowazarumono – Breath of Fire IV, komik ini terdiri dari lima jilid, menceritakan petualangan Nina, Ryu, dan Fou-Lu dari awal hingga tamat. Hitoshi Ichimura juga sempat menciptakan adaptasi komik untuk game Tales of Symphonia dan Tales of the Abyss.

Kingdom Hearts

Kingdom Hearts adalah seri game yang keren, tapi ceritanya terkadang bisa membuat bingung bahkan untuk penggemar lama sekalipun. Terutama, karena seri ini memiliki banyak sekali game yang saling berkesinambungan. Kalau kamu tidak memainkan semuanya, termasuk judul-judul spin-off, pasti ada cerita yang tertinggal.

Square Enix menggandeng Shiro Amano untuk membuat adaptasi komik dari berbagai judul Kingdom Hearts. Termasuk Kingdom Hearts pertama, Kingdom Hearts: Chain of Memories, Kingdom Hearts II, Kingdom Hearts 358/2 Days, dan sebagainya. Komik-komik ini bisa membantumu mencerna kisah petualangan Sora dan kawan-kawannya.

Beberapa komik Kingdom Hearts di atas sempat Gimbot temui beredar di Indonesia, namun sayangnya bukan terbitan resmi.

Suikoden III

Suikoden III memiliki adaptasi komik dengan judul Genso Suikoden III: The Successor of Fate. Komik ini diciptakan oleh Aki Shimizu, dan terdiri dari 11 jilid. Cukup panjang untuk ukuran adaptasi komik, tapi itu sama sekali bukan hal buruk karena artinya kamu bisa menikmati keseluruhan cerita Suikoden III secara lebih detail.

Suikoden III adalah satu dari sedikit komik adaptasi game yang terbit secara resmi di Indonesia, di bawah bendera Elex Media Komputindo. Kebetulan, ini juga merupakan salah satu komik adaptasi game terbaik yang pernah Gimbot baca. Kalau kamu menyukai seri Suikoden, seri komik ini harus jadi bagian dari koleksimu!

Tales of Innocence

Seri Tales of termasuk seri RPG yang paling populer di Jepang, jadi wajar bila banyak judul dari seri ini yang diadaptasi ke dalam media-media lain. Termasuk di antaranya serial anime, OVA, anime movie, serta tentu saja komik. Dari sekian banyak adaptasi tersebut, Gimbot rasa komik Tales of Innocence adalah salah satu yang layak direkomendasikan.

Mengapa demikian? Karena komik yang dikarang oleh Hiroyuki Kaidou ini berhasil menggambarkan cerita Tales of Innocence dengan suasana yang unik. Caranya menggambarkan adegan tidak persis sama dengan di dalam game, dan itu membuat komik ini terasa seperti cerita orisinal, bukan sebuah adaptasi dari media lain. Jangan khawatir, inti ceritanya masih tetap sama dan tidak diubah-ubah, hanya penyampaiannya berbeda.

Fate/Grand Order

Kalau kamu mengikuti dunia game mobile dan menyukai kultur pop Jepang, pasti nama Fate/Grand Order alias FGO sudah tak asing lagi. Game ini memadukan kisah-kisah pahlawan dari berbagai belahan dunia dengan cerita fantasi orisinal yang memiliki cukup banyak plot twist, sehingga menciptakan daya tarik tersendiri. Konon bahkan ada orang-orang yang jadi lebih paham sejarah gara-gara memainkan atau menonton seri Fate.

Akan tetapi memainkan RPG mobile seperti FGO jelas butuh waktu lama, dan mungkin tidak semua orang bisa mendedikasikan hidup demi game ini. Untungnya ada adaptasi komik dengan judul Fate/Grand Order: Turas Realta yang kini sudah beredar resmi di Indonesia dengan penerbit m&c!

Mengingat FGO versi game punya konten yang cukup besar, tentu adaptasi ke dalam komik artinya ada pemangkasan cerita. Namun pemangkasan itu dibayar dengan penggambaran para karakternya yang sangat baik, dan tetap mempertahankan sejumlah konflik dan poin penting dari cerita aslinya.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.