10 Game yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba (April 2019)


Dalam daftar game unik bulan ini kita punya banyak pilihan game untuk kamu yang suka puzzle, strategi, dan simulasi.

game-unik-april-2019

Kembali lagi dengan koleksi game unik. Untuk bulan ini, kami punya banyak permainan puzzle dan strategi yang bisa kamu nikmati. Kebanyakan game ini tersedia di PC, tapi beberapa di antaranya juga tersedia di console atau bahkan smartphone.

Baca juga: 10 Game Unik yang Wajib Kamu Coba (Maret 2019) 

Seperti biasa, 10 game di bawah ini bukanlah game dengan grafis kualitas tinggi atau durasi gameplay yang lama. Apa yang kamu dapatkan dari 10 game ini adalah pengalaman bermain yang unik, baik dari segi gameplay maupun presentasi.

Oxygen Not Included (PC)

Sebagai sebuah studio indie, Klei sepertinya selalu bisa membuat game yang menarik dan terus seru dalam waktu lama. Oxygen Not Included adalah salah satu dari game tersebut.

Oxygen Not Included adalah game survival sim di mana kamu harus mengelola anggota kolonimu untuk membuat markas di dalam sebuah asteroid luar angkasa. Terjebak dalam sebuah tempat yang minim oksigen, kolonimu harus mendapatkan makanan, melakukan riset dan membuat teknologi baru sambil tetap menjaga kondisi diri dengan istirahat, makan, dan kebersihan. Semuanya di dalam sebuah asteroid dengan sumber daya yang cukup terbatas.

Pyre (PC, PlayStation 4)

Supergiant Games juga selalu bisa membuat game indie tidak hanya dengan gameplay unik, tapi juga cerita yang menarik. Setelah sukses dengan Transistor dan Bastion, Pyre adalah game ketiga mereka yang rilis di tahun 2017 lalu.

Pyre adalah perpaduan antara visual novel dan bola basket 3v3 yang dibungkus dalam tema ritual bintang. Meskipun tidak masuk akal, kombinasi tersebut ternyata efektif dalam melahirkan cerita dan karakter yang menggugah serta gameplay yang seru. Ditambah dengan visual yang indah dan musik khas dari Supergiant, Pyre adalah sebuah pengalaman unik yang tidak bisa kamu temukan di game lain.

GRIS (PC, Nintendo Switch)

Setelah banyaknya game platformer yang sukses di tahun 2017 dan 2018, banyak yang kemudian membandingkan dan membuat standar untuk menilai GRIS. Memang, pada dasarnya GRIS adalah permainan jenis platformer, namun apa yang ditawarkan game ini sedikit berbeda dari yang lain.

GRIS sangat mengedepankan visual, dan tidak setengah-setengah dalam melakukan itu. Sejak awal permainan, semua latar dan suasana di game ini sangatlah indah. Lalu seiring kamu membuka warna baru, GRIS memperlihatkan visual yang berbeda tapi tidak kalah indah. Sekali lagi, meskipun punya gameplay yang standar terutama untuk kamu yang familier dengan game indie, GRIS tetap menawarkan pengalaman tersendiri untukmu.

Va-11 Hall-A (PC, PlayStation 4, Nintendo Switch)

Game tidak harus selalu memiliki gameplay yang keren dan inovatif untuk memberikan kesan untuk pemain. Kadang, cerita bisa jadi elemen yang lebih penting dari sebuah game, sementara gameplay bergerak di latar belakang sebagai alat untuk membuat ceritanya berjalan.

Inilah yang dilakukan Va-11 Hall-A, sebuah game simulasi bartending, paling tidak dari segi gameplay. Setelah dua atau tiga pelanggan, kamu akan sadar bahwa yang membuat game ini menarik adalah berbagai pengunjung yang kamu temui.

Masing-masing memiliki cerita, latar belakang, dan masalah pribadinya sendiri. Tergantung bagaimana kamu melayani pesanan mereka, para pelanggan ini akan menceritakan kisah mereka lebih dalam, beberapa di antaranya mungkin familier atau bahkan kamu alami saat ini.

Gorogoa (PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch, Android, iOS)

Untuk pertama kalinya kami akan merekomendasikan game yang bisa kamu dapatkan tidak cuma di PC dan console, tapi juga di smartphone. Untuk kamu yang suka puzzle, kamu dijamin takjub dengan pengalaman singkat yang ditawarkan Gorogoa.

Ide dasar Gorogoa sangatlah sederhana tapi sangat kreatif. Kamu harus membantu seorang anak di sebuah gamabr untuk menemukan lima buah berwarna. Caranya adalah dengan menggeser, memisahkan, menyatukan, zoom in, atau zoom out gambar yang berada dalam panel empat kotak. Bagaimana tiap gambar berinteraksi ditambah dengan visual yang cukup keren dijamin oke untuk pecinta puzzle.

Stephen’s Sausage Roll (PC)

Dalam Stephen’s Sausage Roll, kamu diminta untuk memanggang sosis yang tergeletak di atas tanah. Caranya adalah dengan menggeser atau membaliknya ke pemanggang yang tersedia. Namun jika satu bagian saja menyentuh panggangan terlalu sering, sosis tersebut akan gosong dan kamu harus mengulang dari awal.

Di atas kertas aturan tersebut mungkin cukup sederhana. Namun pada kenyataannya, Stepehn’s Sausage Roll punya banyak level yang rumit dan menantang. Dijamin kamu akan berpikir keras dan mempertimbangkan solusimu berkali-kali.

The Gardens Between (PC, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch)

Tidak seperti game puzzle pada umumnya, dalam The Gardens Between kamu harus mengendalikan dua orang yang berbeda. Masing-masing punya kekuatan dan kemampuan yang berbeda dalam berinteraksi dengan objek sekitarnya. Dengan menggabungkan kekuatan masing-masing, kamu harus memecahkan semua puzzle yang ada.

Sama seperti game indie yang ada dalam daftar ini, The Gardens Between juga punya grafis yang menawan. Tiap level diperlihatkan dalam bentuk pulau kecil. Lalu seiring memecahkan level tersebut kamera akan berputar, membuatmu bisa menikmati keindahan pulau tersebut dari sudut yang berbeda.

Florence (Android, iOS)

Tidak seperti game yang kami masukkan sejauh ini, Florence hanya bisa kamu temukan di smartphone. Sejatinya, Florence adalah game yang sederhana. Kamu akan diminta melakukan beberapa tugas yang sangat mudah mulai dari menggoyangkan smartphone untuk melihat foto polaroid, menyusun barang, dan lainnya.

Namun gameplay hanyalah sebuah selingan dari apa yang sebenarnya dipersembahkan oleh Florence, yaitu cerita. Di sela-sela elemen gameplay tersebut, Florence menceritakan sebuah cerita yang cukup familier di kehidupan nyata, mulai dari berurusan dengan orang tua, mengejar mimpi, dan tentunya asmara.

Little Nightmares

Ada banyak cara untuk membuat sebuah game menjadi seram alias horor. Little Nightmare adalah salah satu contoh yang memanfaatkan grafis sederhana tapi dengan atmosfir yang kuat.

Mengendalikan sebuah gadis kecil, kamu harus lolos dari sebuah bangunan dan kabur dari kejaran banyak orang. Hampir semua area dalam game ini terlihat gelap dan suram, membuat tiap sudut ruangan jadi menyeramkan. Tidak cuma itu, orang-orang yang mengejarmu juga terlihat menyeramkan.

Islanders

Sekilas, Islanders terlihat seperti game city builder sepertinya sudah sering kita lihat. Meskipun memang menugaskanmu membangun kota, game ini sedikit berbeda.

Tujuan utama game ini adalah mengumpulkan poin sebanyak mungkin dari tiap bangunan yang kamu pasang. Tiap bangunan punya interaksi yang berbeda dan memberikanmu lebih banyak poin atau sebaliknya mengurangi poin. Artinya kamu harus punya rencana yang matang untuk memaksimalkan poin kotamu.


Kaoru