Bermanfaat, Yuk Belajar Bahasa Jepang Lewat 5 Game Ini


Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak orang yang menganggap bermain game sebagai hal yang negatif. Namun berbeda dengan sekarang, di mana game bisa memberikan banyak manfaat bagi pemainnya dan salah satunya adalah bisa belajar bahasa Jepang atau Inggris! Baca Juga: Rekomendasi Game Co-Op Terbaik untuk Dimainkan Bersama Keluarga Nah, pada kesempatan ini Gimbot ingin berbagi informasi tentang...

belajar bahasa jepang

Beberapa tahun lalu mungkin masih banyak orang yang menganggap bermain game sebagai hal yang negatif. Namun berbeda dengan sekarang, di mana game bisa memberikan banyak manfaat bagi pemainnya dan salah satunya adalah bisa belajar bahasa Jepang atau Inggris!

Baca Juga: Rekomendasi Game Co-Op Terbaik untuk Dimainkan Bersama Keluarga

Nah, pada kesempatan ini Gimbot ingin berbagi informasi tentang rekomendasi 5 game yang bisa dipilih jika ingin belajar bahasa Jepang sambil tetap menjalankan hobi gaming kamu!

My Japanese Coach

Dirilis untuk Nintendo DS bertahun-tahun yang lalu, My Japanese Coach mengadopsi gaya pengajaran belajar bahasa Jepang yang jauh lebih mudah dan bisa bikin kamu cepat menguasainya.

Ada beberapa pelajaran yang harus dilalui, dan game ini dirancang untuk mengajarkan kosakata bahasa Jepang, lengkap dengan penulisan yang tepat untuk setiap karakter. Jika kamu masih memiliki Nintendo DS atau 3DS lama, kamu masih bisa mencoba untuk memainkan game ini.

Learn Japanese with Tako

Nah, jika kamu tidak memiliki DS atau 3DS, maka alternatif lain jika ingin belajar bahasa Jepang bisa kamu lakukan lewat game Learn Japanese with Tako yang sangat menyenangkan untuk dimainkan langsung dari smartphone!

Bagian terbaik tentang aplikasi ini adalah bahwa semua karakter kanji dan tata bahasa yang ditampilkan di dalamnya adalah bagian dari ujian tingkat JLPT N5. Tentu saja ini akan menjadi sebuah media yang sangat bagus untuk kamu mempelajari dasar bahasa Jepang.

Aplikasi ini penuh dengan minigame menyenangkan yang dirancang untuk mengajarkan bahasa dengan santai.

Persona

belajar bahasa jepang

Meskipun sebenarnya Persona tidak dirancang khusus untuk mengajarkan bahasa Jepang, tapi ini merupakan sebuah video game modern yang bisa mengajarkanmu sedikit budaya Jepang.

Sebagai contoh, kamu bisa mencoba Persona 3 hingga Persona 5 yang sangat cocok untuk audiens modern, terutama gameplay yang memisahkan antara unsur dungeoncrawling dengan elemen simulasi ketika mengendalikan karakter siswa sekolah.

Karakter dan event di game Persona mengandung budaya Jepang yang sangat kental, yang mungkin memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang seperti apa kehidupan sehari-hari di negara ini.

Ada juga pelajaran sekolah yang sering menguji kita tentang trivia Jepang secara acak. Kami merekomendasikan untuk mencoba Persona 4 Golden sebagai awal untuk memulainya.

Learn Japanese to Survive! Katakana War

belajar bahasa jepang

Dirilis di Steam, Learn Japanese to Survive! Katakana War adalah game yang dirancang untuk mengajarkan kita semua karakter katakana.

Setiap chapter, kita akan belajar beberapa karakter baru, dan kita harus mengalahkan musuh dengan mengidentifikasi karakter yang ditentukan dengan benar. Seharusnya sih tidak butuh waktu lama untuk menguasai permainan ini, karena karakter katakana-nya tidak benar-benar banyak.

Harga game ini juga cukup murah, yaitu Rp 60 ribu saja!

Final Fantasy Series

belajar bahasa jepang

Mirip dengan Persona, seri Final Fantasy sama sekali tidak dirancang untuk mengajarkan bahasa Jepang secara langsung. Namun, jika kamu memang sudah terbiasa memainkan JRPG, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memainkan seri Final Fantasy lama dengan mengaktifkan fitur bahasa Jepang.

Dengan narasi yang dituangkan dalam bentuk box yang bisa ditampilkan perlahan secara manual, kamu akan selalu punya waktu untuk membaca kanji dengan santai dan mencari kata-kata baru yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya.

Selain itu dengan membiasakan diri untuk melihat menu dan opsi battle juga bisa mengasah pengetahuan katakana kamu dan cara ini bisa dikatakan cukup cepat untuk memahami kata-kata sederhananya bahasa Jepang.


Era