7 Game Survival untuk Kamu yang Jago Bertahan Hidup


Game survival biasanya memberikan satu tugas sederhana yaitu bertahan hidup. Tapi situasi yang kamu hadapi bisa membuat tugasnya sangat sulit.

game-survival-terbaik-featured

Survival adalah genre game yang punya satu tema, yaitu menantang pemainnya untuk bertahan hidup di tengah situasi yang sulit. Bertahan hidup di sini bisa berarti punya persediaan makanan dan minuman yang cukup. Tapi tergantung game-nya, kamu juga mungkin harus bertahan dari serangan makhluk buas atau bahkan pemain lain. Kamu akan selalu ditantang dengan berbagai situasi dan harus mengambil keputusan yang menentukan berapa lama kamu bisa bertahan hidup.

BACA JUGA: Suka Berpetualang? Coba 10 Game RPG di Nintendo Switch Ini (Part 2)

Jika kamu merasa bisa hidup dan bertahan menghadapi berbagai situasi yang sulit, coba satu dari tujuh game ini.

1. DayZ

DayZ adalah nenek moyang dari genre survival dan kiblat dari banyak game survival populer lainnya. Game ini hanya punya satu tugas untukmu yaitu selamat dan bertahan hidup di tengah dunia yang dihinggapi oleh zombi. Kamu harus mencari persediaan makanan, minuman, dan pakaian yang layak. Tanpa ketiganya, kamu tidak hanya akan menghadapi zombi, tapi juga kelaparan dan wabah penyakit. Jika kamu sudah bisa selamat dari keadaan sekitar, kamu juga bisa menjelajahi dunia permainannya. Hati-hati karena di berbagai tempat ada bandit yang mungkin tidak ramah terhadap pengunjung.

2. Rust

Setelah DayZ, ada banyak game yang kemudian mencoba menyempurnakan formula dari game ini. Secara gameplay, Rust punya tantangan yang sama yaitu bertahan hidup di sebuah dunia yang kering. Tapi di sini selain mengumpulkan sumber daya seperti makanan, kamu juga bisa mengumpulkan bahan baku lain untuk dibuat menjadi berbagai peralatan, senjata, atau bahkan bahan bangunan. Yup, bersama temanmu, kamu bisa membangun sebuah kelompok dengan markas yang megah, atau saling bunuh untuk merebut kekuasaan dan sumber daya.

3. The Long Dark

Dari semua game di daftar ini, The Long Dark mungkin yang paling realistis dan juga kejam. Kamu terdampar di sebuah wilayah kutub dan harus bertahan hidup. Agar tidak kelaparan atau mati beku, kamu harus menjelajahi kutub yang kejam untuk mencari makanan, sumber api, dan tempat berlindung. Tapi karena sumber daya yang sangat terbatas, kamu tidak pernah bisa tinggal lama di satu tempat dan harus terus bergerak. Lalu jika tidak beruntung, kamu tidak akan mati dalam waktu singkat, tapi perlahan akan kehilangan kekuatan, motivasi, dan tekad untuk bertahan hingga akhirnya mati kelaparan dan/atau beku.

4. Don’t Starve

Jika banyak game survival punya perspektif gameplay first person atau third person, Don’t Starve membawamu ke perspektif top-down. Kamu juga mengendalikan karaktermu seperti unit dalam game strategi. Tapi tugasmu kurang lebih sama, yaitu bertahan hidup dan mengumpulkan sumber daya untuk makan, minum, dan membuat alat bertahan hidup lain seperti perapian. Tapi kamu harus selalu memperhatikan apa yang kamu ambil, di mana kamu berdiri, dan terutama kondisi di malam hari. Karena jika tidak makhluk-makhluk mistis akan menyerangmu.

5. This War of Mine

This War of Mine menceritakan kisah sejumlah orang yang selamat dan berusaha bertahan hidup di tengah negara yang masih berperang. Masing-masing orang yang kamu dapatkan punya keahliannya sendiri, dan kamu harus memanfaatkan keahlian mereka untuk melakukan berbagai tugas mulai dari memasak hingga menjelajahi wilayah sekitar untuk mencari sumber daya. Kabar buruknya adalah tempat yang kamu jelajahi mungkin dihuni orang lain, dan mereka juga ingin bertahan hidup seperti halnya karaktermu. Layaknya manusia biasa, membunuh orang-orang tidak bersalah akan merusak mentalitas karaktermu, tapi jika tidak karaktermu akan kelaparan dan/atau mati.

6. Subnautica

Subnautica adalah game yang mencoba membawa formula game survival yang sudah ada lalu membawanya ke dasar laut. Kamu akan mulai dari sebuah pod yang menjadi markasmu, lalu mulai menyelam dan menjelajahi dasar laut. Kumpulkan makanan, air bersih, flora dan fauna bawah laut, atau scrape untuk dibuat jadi alat-alat yang membuatmu bisa menyelam lebih dalam dan lebih lama. Selalu perhatikan tabung oksigenmu, dan hati-hati dengan makhluk berbahaya yang mungkin bersemayam.

7. Minecraft

Yup, Minecraft pada dasarnya adalah game survival yang punya makhluk berbahaya seperti zombi dan undead lainnya. Tapi di saat yang sama kamu juga bisa melakukan sangat banyak hal dan membuat hampir semua hal. Begitu membuat markas/rumah dan persediaan untuk bertahan hidup, kamu bisa membuat apapun yang kamu mau mulai dari kastil hingga taman bermainmu sendiri. Tapi kamu tetap perlu menjelajah dan mencari sumber daya di alam liar yang mungkin berbahaya. Lalu jika kamu ingin tantangan lebih, kamu bisa memainkan versi hardcore yang punya aturan perma-death.


Kaoru

Hmmm...