Suka Berpetualang? Coba 10 Game RPG di Nintendo Switch Ini (Part 2)


Buat kamu yang mencari petualangan yang seru dengan playtime puluhan hingga ratusan jam, coba satu dari 10 game RPG Nintendo Switch ini.

game-rpg-nintendo-switch-part-2-featured

Satu genre yang sepertinya tidak akan pernah habis di Nintendo Switch adalah RPG. Sekitar satu tahun lalu, kami sempat membuat daftar 10 game RPG keren yang bisa kamu beli untuk Nintendo Switch-mu. Tapi selama satu tahun, ada sangat banyak game RPG lain yang kemudian muncul dan bisa menghadirkan keseruan selama puluhan atau bahkan ratusan jam.

Buat kamu yang ingin game dengan petualangan seru dan ingin membeli game yang menjamin ratusan jam play-time, kamu bisa mencoba 10 game di bawah ini:

1. Xenoblade Chronicles: Definitive Edition

Xenoblade Chronicles adalah game dari serial Xenoblade yang hadir di Wii tahun 2010 lalu. Game ini memiliki cerita yang terpisah dari game Xenoblade lain, tapi tetap menarik dan penuh momen mengejutkan. Tapi untuk sistem combat, jika kamu pernah bermain Xenoblade Chronicles 2, kamu harusnya cukup familier dengan sistem combat-nya yang mirip dengan cara bertarung game MMORPG tapi dengan sentuhan tambahan yang mempertimbangkan sinergi party member dan kemampuannya.

2. Bravely Default II

Serial Bravely Default kembali lagi ke Nintendo Switch dengan judul baru. Game ini membawakan cerita dan karakter baru sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja yang baru mengenal serial ini. Lalu meskipun punya sistem turn-base combat tradisional, Bravely Default II punya beberapa sentuhan yang menarik di sistem combat-nya. Ditambah dengan sistem job dengan jumlah job yang sangat banyak, pertarungan di game ini memiliki elemen strategi dan planning yang cukup seru.

BACA JUGA: Review Bravely Default II dari Gimbot

3. Persona 5 Scramble

Persona 5 akhirnya hadir di Nintendo Switch, tapi bukan dalam bentuk turn-based RPG seperti yang kita kenal. Meskipun tetap menghadirkan karakter Persona 5 yang mungkin kamu kenal, game ini menggunakan sistem combat Musou atau Warriors ala Dynasty Warriors. Artinya ketika bertarung kamu akan menghadapi ratusan atau bahkan ribuan musuh, dan karaktermu cukup kuat untuk menghajar semuanya sekaligus.

4. Trials of Mana

Trials of Mana adalah judul terbaru dari serial Mana yang sudah ada sejak tahun 1991. Sekilas, game ini terlihat seperti JRPG pada umumnya. Tapi ada dua hal yang membuat serial Mana unik, termasuk Trials of Mana ini. Pertama, meskipun punya banyak karakter, kamu hanya bisa memilih tiga untuk diajak berpetualang. Siapa yang kamu pilih juga akan membuat cerita yang kamu lalui berbeda. Selain itu game ini juga menggunakan sistem action combat, berbeda dengan JRPG klasik yang biasanya menggunakan sistem turn-based combat.

BACA JUGA: Review Trials of Mana dari Gimbot

5. Atelier Ryza 2: Lost Legends & The Secret Fairy

Atelier selalu menghadirkan game dalam bentuk trilogi, dan dua tahun lalu trilogi baru yaitu Secret trilogy hadir dan dimulai dengan Atelier Ryza. Tapi untuk pertama kalinya sekuel dari trilogi Atelier menggunakan judul dan karakter yang sama sebagai bintang utamanya. Kamu akan melanjutkan petualangan Ryza dan menikmati petualangan yang santai, sistem combat yang lebih baik dari pendahulunya, serta sistem crafting atau alchemy yang sangat menarik dan jadi daya tarik utama serial Atelier.

BACA JUGA: Review Atelier Ryza 2: Lost Legends & The Secret Fairy dari Gimbot

6. The Outer Worlds

The Outer Worlds adalah game action RPG dengan perspektif first person. Kamu akan berpetualang ke berbagai tempat dan menemui beberapa karakter NPC. Tugasmu adalah membantu NPC ini menjalankan misi mereka, masing-masing punya motivasi dari cerita yang unik. Seperti apa cerita masing-masing karakter berlangsung juga tergantung pada keputusan yang kamu ambil di beberapa momen dalam cerita mereka. Tapi jangan khawatir karena karakter ini juga punya kekuatan masing-masing untuk membantumu bertarung menghadapi musuh.

7. Sakuna: Of Rice And Ruin

Sakuna: Of Rice And Ruin adalah game yang memadukan farming simulator dengan action RPG. Kamu akan bertarung menghadapi monster dengan gameplay side-scrolling action menggunakan serangan jarak dekat dan selendang yang berfungsi sebagai grappling hook. Tapi membunuh monster tidak akan membuatmu jadi lebih kuat. Untuk menjadi lebih kuat, kamu harus menanam dan memanen padi/beras yang sistemnya cukup rumit dan rinci.

BACA JUGA: Review Sakuna: Of Rice And Ruin dari Gimbot

8. The Witcher 3: Witch Hunt – Complete Edition

Sulit rasanya untuk tidak merekomendasikan game action RPG ini. The Witcher 3 punya banyak hal yang kamu cari di genre ini, mulai dari sistem combat dan upgrade yang menarik, combat yang seru dan AI yang cukup menantang, dan berbagai gaya bertarung cocok untuk banyak orang. Selain itu dunianya sangat menarik dengan sistem siang-malam yang mempengaruhi monster yang kamu hadapi, dan tentu saja cerita yang sangat menarik dan dilengkapi dialog yang akan membawa ceritanya ke arah yang berbeda tergantung pada responmu.

9. Undertale

Undertale adalah game RPG yang menarik tapi juga aneh. Ketika pertama kali bermain, kamu mungkin merasa game ini hanya terinspirasi dari seri Mother/Earthbound dengan grafis retro. Tapi semakin jauh perjalananmu, kamu akan menemukan bahwa game ini memiliki formula yang berbeda dibanding game RPG lainnya. Selain itu sistem combat-nya juga lain dari biasanya.

10. Valkyria Chronicles 4

Tactical RPG bukanlah genre yang baru. Tapi Valkyria Chronicles 4 punya beberapa sentuhan baru yang membuatnya unik dan tidak bisa kamu temukan di game lain. Membawa cerita di zaman perang mirip Perang Dunia 2, kamu tetap bertarung dengan menggerakkan karakter dari satu posisi ke posisi lain secara bergantian. Tapi jika game tactical RPG biasanya hanya dimainkan dalam perspektif top-down, di sini kamu memindahkan karakter dengan perspektif third person seperti bermain game shooter.


Kaoru

Hmmm...