Rusuh! Ini 5 Game PlayStation 1 yang Merusak Stik


RIP DualShock jika kalian memainkan beberapa game ini!

Game PlayStation 1 Merusak Stik

PlayStation 1 merupakan sebuah console yang cukup unik di mana di sana banyak sekali game-game dengan genre menarik bertebaran. Dulu, PlayStation 1 memang seakan menjadi arena uji coba berbagai developer untuk menciptakan game semenarik mungkin.

Itulah sebabnya, PlayStation 1 menjadi console yang memorable karena banyaknya franchise yang lahir di sana dan bertahan hingga hari ini. Banyaknya game unik tentu membuat kita mengenal berbagai macam karakteristik game.

BACA JUGA: Game Multiplayer Split Screen Terbaik yang Ada di PC

Ya, bicara soal karakteristik game, ada beberapa game PlayStation 1 yang memiliki karakteristik rusuh dan merusak. Benar, memainkan game-game tersebut bakal memicu rusaknya stik atau Dualshock yang kalian miliki. Loh kok bisa? Gimbot sudah menyortir daftar mengenai game PlayStation 1 yang sangat merusak stik. Berikut ulasannya.

Dragon Ball GT Final Bout

Dragon Ball GT Final Bout harus diakui menjadi salah satu game PlayStation 1 terbaik yang bisa dimainkan. Dengan visualisasi yang cukup baik pada masanya, game ini menjadi game Dragon Ball paling seru yang bisa dimainkan. Ada banyak karakter dari Dragon Ball Z hingga Dragon Ball GT.

Banyaknya karakter membuat di game ini ada banyak juga jurus atau teknik yang bisa diaplikasikan. Namun untuk mengeksekusinya, gamer diharuskan untuk menekan beberapa tombol hingga teknik tersebut keluar. Namun dari sederet teknik yang paling berbahaya bagi stik kalian adalah Meteor.

Nah, di zamannya, eksekusi Meteor keseringan membuat gamer kehilangan akal sehatnya dengan menekan sembarang tombol. Dengan menekan segala tombol, harapannya adalah Meteor bisa dieksekusi hingga berkali-kali dan membuat lawan sekarat.

Ada juga gamer yang menekan berbagai tombol demi bisa meng-counter teknik-teknik di Dragon Ball GT Final Bout. Tak heran jika game ini menjadi game yang sangat berpotensi merusak stik di PlayStation 1.

Super Bishi Bashi Special

Game PlayStation 1

Salah satu game yang paling unik di era PlayStation 1. Ya, Super Bishi Bashi Special adalah game yang berisikan ratusan mini games menarik untuk dimainkan. Kalian bisa bersaing dengan gamer lainnya untuk menyelesaikan mini games dan menjadi yang terbaik. Sialnya, persaingan kalian bakal berpotensi untuk merusak stik.

Pasalnya di game ini ada adu cepat yang membuat gamer harus menekan tombol-tombol di stik atau memutar analog dengan cukup keras. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan konstan, tentu akan memicu kerusakan stik.

Umumnya, stik-stik dengan kualitas rendah bakal tak tahan dihantam dengan gamer yang memainkan game ini. Apakah kalian pernah merasakannya? Gimbot sih iya!

Fisherman’s Bait 2

Fisherman’s Bait 2

Fisherman’s Bait 2 merupakan salah satu game yang cukup legendaris dan berkualitas pada masanya. Game ini menyajikan aksi simulasi memancing yang sangat asyik bahkan membuat gamer lupa bahwa stik mereka berpotensi untuk rusak jika memainkan game ini secara brutal.

Ketika mendapatkan ikan, gamer harus menekan sejumlah tombol demi menjaga agar ikan tersebut tidak lolos. Apalagi setelah menunggu lama, gamer tentu harus berusaha keras. Dengan menekan berbagai tombol yang ada di stik dengan keras, potensi rusak stik sudah pasti bakal membayang-bayangi kalian.

Tak heran jika game ini pada akhirnya menjadi salah satu game perusak stik yang ada di PlayStation 1.

Crush Gear

Game PlayStation 1

Di era PlayStation 1, Lets & Go atau Tamiya merupakan salah satu game yang menarik untuk dimainkan apalagi ketika era PlayStation 1 meledak, anime Lets & Go juga sedang naik daun di Indonesia. Tak Cuma Tamiya, developer game Bandai Namco juga tak mau ketinggalan untuk merilis sebuah game berjudul Crush Gear yang juga dari anime berjudul serupa.

Dari segi visual, game ini memang patut diacungi jempol. Dari segi gameplay juga game ini cukup menarik serta menantang untuk dimainkan. Tapi sialnya, saking menantangnya, game ini sering kali membuat game menghantam stik dengan tekanan tombol yang keras dan secara terus menerus. Apalagi ketika Crush Gear sedang dalam scene beradu.

Untuk bisa menang dari adu mengadu, gamer dengan pemencet tombol tercepat dan terkencang bakal menang. Tentu saja dengan melakukan ini secara sering, stik akan cepat rusak tentunya.

Pro Evolution Soccer/Winning Eleven

Bagi kebanyakan gamer yang sudah paham, mereka bakal memainkan game ini dengan elegan. Namun di zaman dulu, di era PlayStation 1 sebelum banyak caranya orang yang paham memainkan game ini, mereka cenderung bakal menekan tombol secara asal-asalan.

Tombol yang paling sering rusak ketika memainkan game ini adalah R1, kotak, dan silang. Nah, ketiga tombol itu juga memang menjadi tombol yang vital di mana kombinasi serangan dan bertahan biasanya dieksekusi dengan tombol itu. Arah atau analog juga bisa menjadi yang cukup sering rusak.

Yang lebih parah, banyak gamer juga yang menekan tombol secara kasar dan asal-asalan sehingga membuat stik berpotensi untuk rusak. Gimbot ingat sekali ada orang yang menekan R1 secara keras atau berulang-ulang agar sprint dari sang pemain yang sedang dikendalikan bertambah cepat.

Yang seperti itu sebenarnya adalah yang paling sering merusak stik.


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.