7 Game Mobile Ringan yang Bikin Kamu Ketagihan


Referensi game mobile ringan berikut ini bisa dimainkan dalam waktu singkat untuk sekedar menghabiskan waktu.

Apa yang biasanya kamu lakukan ketika sedang menunggu sesuatu seperti antrian di ATM, antrian gerai makanan dan minuman yang panjang atau ketika menanti temanmu yang terlambat datang janjian?

Kebanyakan orang akan membuka media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter atau membaca berita sekedar mengetahui ada kabar terbaru apa yang terjadi hari ini. Tetapi bagaimana kalau kamu bosan dengan semua itu?

Kamu bisa melakukan kegiatan lain yang lebih produktif untuk mengisi waktu luangmu selama 5-10 menit tersebut, yaitu dengan bermain game mobile. Tentu saja game mobile yang paling cocok untuk dimainkan saat kamu senggang adalah game ringan seperti puzzle, platformer, atau endless runner.

BACA JUGA: Inilah 18 Game Platformer 2D Terbaik Di Nintendo Switch

Berikut, rekomendasi Gimbot untuk game mobile ringan yang dapat kamu mainkan untuk menghabiskan waktu senggangmu.

1. Angry Birds

Developer: Rovio Entertainment | Platform: Android, iOS, Windows Phone

Angry Birds adalah game yang fenomenal yang dikembangkan oleh Rovio Entertainment. Game yang mengusung genre puzzle dan casual ini sukses menjadi salah satu game terlaris di mobile karena keunikannya. Bahkan kini adaptasi film animasinya akan memasuki sekuel kedua di bioskop.

Bagi kamu yang belum pernah memainkannya, gameplay Angry Birds menantang pemain untuk melemparkan burung pada babi yang ditempatkan di sebuah bangunan menggunakan ketapel. Tujuannya adalah menghancurkan semua babi yang ada. Menariknya, setiap burung memiliki kemampuannya yang berbeda-beda.

Seiring berjalannya permainan, terdapat berbagai item tambahan seperti bom TNT dan batu yang dapat disertakan di dalam permainan untuk membantumu membunuh semua babi di lapangan. Angry Birds memiliki banyak versi mulai dari Angry Birds Rio, Angry Birds Star Wars, Angry Birds Space dan masih banyak lagi.

Meskipun Rovio mengatakan bahwa Angry Birds terinspirasi dari game Crush the Castle, nyatanya Angry Birds yang berhasil mempopulerkan mekanisme physic dalam pengembangan game yang nantinya diikuti oleh banyak game casual generasi setelahnya.

Ketika kamu berhasil membunuh semua babi maka kamu akan mendapatkan bintang di tiap levelnya tergantung dari jumlah burung yang tersisa. Game ini sangat cocok untuk menemanimu ketika kamu bosan di perjalanan karena membuatmu penasaran bagaimana cara mengalahkan babi tersebut dalam waktu yang singkat.

2. Candy Crush Saga

Developer: King | Platform: Android, iOS, Windows Phone

Candy Crush Saga adalah game puzzle yang dikembangkan oleh King pada 12 April 2012. Kamu harus menyelesaikan level dengan menukar potongan permen berwarna yang ada pada papan permainan untuk membuat pola sambungan tiga garis atau lebih dari warna yang sama.

Ketika permen tersebut hilang maka akan diganti dengan permen yang baru sehingga kamu harus menukar permen sebanyak mungkin. Semakin banyak pola sambungan garis yang dibuat maka kamu akan mendapatkan power up berupa permen dengan kemampuan unik.

Setiap papan permainan akan memiliki jumlah gerakan yang terbatas atau waktu yang terbatas sehingga menentukan skor berdasarkan permen yang kamu kumpulkan.

Candy Crush Saga sendiri dianggap sebagai salah satu game dengan model freemium pertama dan paling sukses. Artinya, pemain dapat memainkan game ini secara gratis tetapi jika ingin mengeluarkan uang, mereka akan mendapatkan fitur tambahan.

Game ini sangat adiktif terutama bagi kaum hawa karena warna objeknya yang warna-warni dan seperti yang kamu tahu, puzzle selalu dimainkan dengan try and error. Jika kamu gagal, kamu akan mencoba sampai berhasil sampai menemukan pola permen yang tepat.

3. Crossy Road

Developer: Hipster Whale | Platform: Android, iOS, Windows Phone

Pernah bertanya-tanya, kenapa ayam yang ada di pinggir jalan selalu berlari menyeberang ketika kamu melewati jalan tersebut dengan kendaraan? Hal tersebutlah yang dipikirkan oleh Hipster Whale dengan merilis Crossy Road.

Game ini seolah menjawab lelucon yang selalu diutarakan oleh semua orang dengan membawa konsep “Mengapa ayam menyeberang jalan?”.

Tujuan dari Crossy Road adalah meminta bantuanmu untuk menyeberangkan ayam melintasi jalan dan rintangan sejauh mungkin tanpa menabrak mobil atau jatuh ke sungai. Setiap level memiliki rintangan yang telah ditentukan, seperti sungai, mobil, dan kereta api. Artinya, kamu harus pandai mengatur waktu kapan saat menyebrang yang tepat.

Jika kamu terlalu lama berdiam diri maka kamu akan dimakan oleh elang yang terbang di atas jalan sehingga permainan berakhir. Setiap gerakan maju akan mendapatkan satu poin. Selain itu, terdapat koin yang tersebar di seluruh area yang dapat digunakan untuk mendapatkan karakter baru.

4. Dots

Developer: Playdots | Platform: Android, iOS

Game yang satu ini mirip dengan Candy Crush Saga yang menantang kamu untuk menghubungkan titik-titik dengan warna yang sama. Kamu dapat menghubungkan titik-titik berwarna ini secara vertikal atau horizontal untuk mendapatkan poin.

Dots memiliki tiga mode mulai dari berpacu dengan waktu dalam Time Mode, strategis dalam Moves Mode, atau santai dalam Endless Mode. Semakin banyak titik yang kamu hubungkan, semakin besar poin yang didapatkan dan setiap level juga menyediakan power-up untuk memudahkanmu bermain.

Dots awalnya dikembangkan sebagai proyek yang menguji coba interaksi pengguna dengan antarmuka iOS. Nyatanya, dalam seminggu setelah rilis, game ini diunduh lebih dari 1 juta kali.

5. Subway Surfers

Developer: Kiloo | Platform: Android, iOS, Windows Phone

Subway Surfers adalah game endless runner yang dikembangkan oleh Kiloo dan SYBO Games yang berbasis di Denmark. Ceritanya mengisahkan keusilan Jake yang mencoret grafiti di kereta yang tertangkap basah oleh polisi dan anjingnya.

Ketika permainan dimulai, kamu dapat menggerakkan karakter Jake dengan melakukan tap pada layar. Saat berlari, kamu dapat tap ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan untuk menghindari rintangan yang ada di depan seperti kereta, tiang, dan dinding terowongan.

Sembari berlari, kamu dapat mengumpulkan berbagai item seperti koin, kunci, pengganda skor, sepatu kets super, jet, magnet, kotak misteri dan pelompat sebagai power up. Jika kamu tertangkap maka permainan akan berakhir. Sangat seru sekali dimainkan setiap kali kamu senggang untuk melihat sejauh mana kamu dapat membuat Jake dapat berlari.

6. Super Mario Run

Developer: Nintendo EPD| Platform: Android, iOS

Siapa yang kangen dengan masa kecil dulu saat memainkan tokoh Mario di Nintendo? Jika kamu ingin bernostalgia, Nintendo EPD merilis game Super Mario Run yang dapat dimainkan di Android dan iOS.

Super Mario Run adalah game platformer side-scrolling yang mengajakmu untuk menggerakkan Mario saat ia berlari secara otomatis dari kiri ke kanan, melompat hingga melewati rintangan.

Seperti game Super Mario lainnya, kamu dapat mengumpulkan koin untuk menambah skor sembari memastikan agar Mario mencapai titik akhir permainan dalam waktu secepat mungkin.

7. Threes!

Developer: Sirvo | Platform: Android, iOS, Windows Phone

Threes! adalah salah satu game indie puzzle yang populer karena sangat adiktif. Game ini dikembangkan oleh Sirvo, tim yang terdiri dari game designer Asher Vollmer, illustrator Greg Wohlwend, dan composer Jimmy Hinson.

Kamu harus menggeser setiap blok bernomor ke atas, bawah, kiri, dan kanan pada kotak yang tersedia untuk menggabungkan angka sehingga menjadi kelipatan tiga. Misalnya, satu dan dua digabungkan menjadi tiga, dua dan dua digabungkan menjadi enam, dan enam dan enam menjadi 12.

Setiap blok akan memiliki warna yang berbeda-beda. Semakin banyak angka yang bisa kamu dapatkan, semakin besar skor yang diperoleh. Bisakah kamu mencapai skor tertinggi?

Itu dia beberapa rekomendasi game mobile ringan yang dapat kamu mainkan. Apakah kamu memiliki game mobile lainnya? Tuliskan di kolom komentar ya untuk menambahkan daftarnya!


Aria

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.