[Nostalgimbot] 5 Game PC Jadul yang Mengisi Waktu Luangmu 20 Tahun Lalu


Jika kamu punya PC di era 2000-an awal, kamu harusnya pernah memainkan salah satu dari game-game ini dan bahkan masih memainkannya hari ini.

game-jadul-pc-featuerd

Sebelum mulai menjadi platform game yang canggih seperti sekarang ini, PC di zaman dulu selalu memiliki game yang sudah bisa kamu mainkan. Game ini jelas bukan yang paling canggih dari segi teknologi dan gameplay. Tapi di saat teknologi PC sangat terbatas dan membeli game adalah sebuah kebutuhan tersier yang mewah, game-game tersebut mungkin jadi satu-satunya yang bisa kamu mainkan. Atau ketika kamu dulu di sekolah dan sedang dalam mata pelajaran komputer, kamu mungkin akan mengisi waktu kosong dengan bermain game-game ini.

Karena sering dimainkan untuk mengisi waktu luang, game ini jadi punya kenangan sendiri. Berikut lima game PC Windows jadul yang saya yakin pernah kamu mainkan.

1. Minesweeper

game-jadul-pc-minesweeper

Haram rasanya membahas game klasik Windows tanpa menyebutkan game yang paling awet dan relevan yaitu Minesweeper. Game puzzle ini sebenarnya punya aturan yang sederhana, yaitu membuka tiap blok yang aman dan tidak berisi bom. Kamu bisa mengidentifikasi di posisi bom dengan menganalisa angka yang terpapar.

Sekilas, aturan dasar Minesweeper mungkin sedikit sulit dipahami. Tapi jika kamu bisa memahaminya, game ini akan jadi pengisi waktu yang seru karena menantang observasi dan logikamu, terutama jika kamu mencoba level yang sulit. Selain itu setiap sesinya menyajikan layout yang berbeda alias tantangan yang berbeda.

Minesweeper mungkin sudah tidak ada lagi di Windows, tapi kamu tetap bisa memainkannya baik via web maupun di smartphone.

2. Solitaire

game-jadul-pc-solitaire

Jika Minesweeper adalah game yang dikenal sulit dan sulit dimengerti, Solitaire adalah kebalikannya. Game ini entah bagaimana lebih mudah dipahami oleh banyak orang. Tapi tidak bisa dipungkiri, aturan dan objektif dalam game ini memang cukup sederhana. Kamu harus menumpuk kartu secara berurutan sesuai dengan simbolnya. Untuk bisa menumpuk itu, kamu harus menyusun dan menyimpan kartu di area permainan dan membuka kartu yang tertutup di area permainan.

BACA JUGA: [Nostalgimbot] Piala Dunia dengan Jurus Super Ala Super Shot Soccer

Tingkat kesulitan default untuk Solitaire sebenarnya sangat mudah, dan mungkin ini yang membuatnya lebih populer. Tapi itu karena kamu membuka kartu dari deck alias tumpukan kartu di kiri atas satu per satu. Jika kamu ingin tantangan lebih, kamu bisa membuat deck tersebut ditarik per tiga kartu.

3. Pinball

game-jadul-pc-pinball

Dibandingkan dengan game yang ada daftar ini, Pinball merupakan game yang punya visual yang lebih modern. Sesuai namanya, dalam game ini kamu akan bermain pinball dengan tema luar angkasa.

Jika kamu menggali sedikit lebih dalam, game Pinball ini sebenarnya sangat mirip dengan game Pinball Space Invader yang sempat populer di mesin arcade. Mulai dari objek dan cara kamu bisa membuat skor hingga hazard yang sangat mirip dengan game arcade tersebut tapi sedikit disederhanakan dari segi ukuran. Namun memang tidak bisa dipungkiri, game Pinball ini cukup seru dan memberikan reward untuk pemain yang lihai dalam melontarkan bola dari bumber.

4. Chip’s Challenge

game-jadul-pc-chips-challenge

Ketika pertama kali bermain, Chip’s Challenge terlihat seperti game puzzle yang sederhana. Kamu harus mengumpulkan chip yang tersebar di berbagai titik dan mungkin tersembunyi di balik dinding yang hanya bisa dibuka jika kamu mendapatkan kunci yang terletak di area lain. Di level-level awal, puzzle yang kamu hadapi mungkin cukup menantang tapi cukup sederhana. Tapi lama kelamaan game ini mulai jadi mimpi buruk.

Seiring level, Chip’s Challenge memperkenalkan mekanisme baru mulai dari hazard berbahaya hingga item yang membantumu melewati rintangan tertentu. Puzzle yang kamu hadapi akan jadi semakin sulit dan perlu kemampuan strategi dan berpikir yang oke. Selagi melakukan itu (mungkin dalam waktu lama), kamu harus mendengarkan musik yang sama terus-menerus.

5. SkiFree

game-jadul-pc-skifree

Terakhir adalah game yang sangat sederhana yaitu SkiFree. Gameplay-nya sederhana, yaitu kamu mengendalikan seorang peski dan bergerak dari atas ke bawah lawaknya turun dari gunung yang tinggi. Selagi meluncur dan menghindari rintangan, kamu bisa melompat lewat tanjakan atau gundukan untuk kemudian bergaya di udara. Jika bisa mendarat, kamu akan mendapatkan skor, tapi jika tidak skor tersebut akan dianulir.

SkiFree sebenarnya adalah game yang sangat sederhana dan bisa dimainkan tanpa berpikir. Tapi yang menarik adalah apa yang terjadi setelah kamu mencapai garis finis dan skormu dihitung. Kamu bisa terus bermain dan menuruni gunung. Tapi di tengah jalan kamu akan dikejar oleh monster dan dimakan sehingga kamu harus bermain kembali dari awal. Kehadiran monster ini sebenarnya memang cara game-nya memaksa pemain untuk berhenti dan mengulang dari awal. Tapi di saat yang sama kamu pasti selalu penasaran apakah kamu bisa menghindari monster tersebut dan terus bermain.


Selain lima game di atas, sebenarnya ada beberapa lagi game yang mungkin bisa kamu temukan dan coba di PC jadul kamu. Tapi saya rasa lima di atas adalah yang paling umum dan dikenal banyak orang.

Bagaimana denganmu? Game apa yang suka kamu mainkan di PC lamamu dulu?


Kaoru

Hmmm...