[Nostalgimbot] Piala Dunia dengan Jurus Super Ala Super Shot Soccer


Super Shot Soccer jelas bukan game yang digarap dengan serius. Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa game ini populer karena keanehannya.

nostalgimbot-super-shot-soccer-featured

Semua generasi console selalu punya banyak game yang aneh. Tapi dari banyak game aneh yang pernah rilis, pasti ada saja segelintir yang populer entah secara lokal maupun global. Di Indonesia, salah satu game konyol yang cukup populer (paling tidak di beberapa kalangan pemain) adalah Super Shot Soccer.

Banyak alasan yang sebenarnya membuat game ini terbilang konyol dan lebih layak disebut parodi. Tapi mungkin alasan tersebut jugalah yang membuat game ini mendapatkan popularitas yang unik di Indonesia.

Jika Tim Piala Dunia 2002 Punya Kekuatan Super

Alasan saya menyebut Super Shot Soccer sebagai game parodi adalah karena tim dan pemain-pemain yang ada di dalamnya. Game ini menggunakan negara-negara yang menjadi peserta di Piala Dunia 2002. Nama pemainnya juga mirip dan hanya diganti sedikit, kemungkinan agar tidak terkena masalah hak cipta atau royalti.

Satu-satunya daya tarik game ini adalah masing-masing tim punya kekuatan super. Bentuk kekuatan super ini beragam, ada yang membuatmu bisa menjegal lawan dengan mudah, ada juga yang berbentuk tembakan yang tidak bisa dibendung. Mayoritas kekuatan ini bisa digunakan semua pemain dalam tim, tapi ada juga yang hanya bisa digunakan satu pemain super dalam tim. Masing-masing tim juga punya meteran energi untuk menggunakan jurus yang akan terisi secara otomatis seiring waktu.

Sebenarnya kekuatan dan jurus dari pemain-pemain ini tidaklah spesial. Selain itu game bola dengan kekuatan super juga bukanlah hal baru karena sebelumnya sudah ada Captain Tsubasa dan game bole berbasis anime lainnya. Tapi melihat pemain-pemain yang berasal dari dunia nyata dengan punya kekuatan super merupakan kombinasi yang tidak biasa dan menarik.

Hanya Bergantung Pada Gimmick Jurus Super

Bahkan dari segi gameplay, Super Shot Soccer terasa ketinggalan zaman, bahkan untuk sebuah game Playstation. Gerakan dan kontrolnya terasa sluggish dan aneh. Apalagi AI lawan atau bahkan rekan setim kamu juga cukup dipertanyakan. Saking anehnya, jika bermain menghadapi AI, kamu hampir dijamin bisa menang bahkan tanpa menggunakan kekuatan super sekalipun.

Gameplay yang jadul ini mengindikasikan bahwa kamu memang harus bermain dengan kekuatan super pemain dan tim kamu. Hanya saja dari segi balance, beberapa tim tidak punya jurus yang spektakuler, sementara beberapa tim lainnya bisa menghujani lawan dengan tembakan api. Kuatnya jurus-jurus setiap tim juga membuat stats pemain dan strategi jadi hampir tidak relevan.

Ini belum membahas hal lain seperti minimnya fitur menarik yang bisa kamu mainkan. Fitur turnamennya benar-benar menjiplak struktur Piala Dunia 2002 sampai ke pembagian grupnya. Singkatnya, satu-satunya hal yang menarik di game ini adalah melihat pertandingan dengan kekuatan super saja.

Anything Is Fun With Friends

nostalgimbot-super-shot-soccer

Tapi seperti ungkapan populer, kegiatan apapun akan seru jika dilakukan bersama teman. Itulah yang saya rasa membuat Super Shot Soccer populer. Di masanya, game ini adalah alternatif bagi para penikmat rental Playstation ketika mereka jenuh dengan game yang umum dimainkan.

Saat itu, rental Playstation selalu diisi dengan game olahraga, mulai dari game balap, basket, hingga tentu saja sepak bola atau lebih tepatnya Winning Eleven. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa Super Shot Soccer langsung menarik perhatian karena kombinasinya yang aneh dan dengan cepat jadi game yang cukup digandrungi di kalangan pengguna rental.


Melihat kualitasnya, Tecmo jelas membuat game ini dengan sumber daya dan dedikasi yang alakadarnya hanya untuk memeriahkan Piala Dunia 2002 yang memang diadakan di negara Asia yaitu Korea dan Jepang. Tapi terlepas dari kualitasnya, game ini tetap berhasil menarik perhatian banyak pemain paling tidak selama beberapa bulan.

Bagaimana denganmu? Tim mana yang jadi andalanmu ketika bermain Super Shot Soccer bersama teman?

BACA JUGA: Menjadi Supir Taksi Ugal-Ugalan di Crazy Taxi


Kaoru

Hmmm...