5 Game dengan Konsep Permainan Terbaik di Era PS2


Game dengan konsep terbaik apa saja kira-kira yang bakal masuk ke dalam list kami? Cek disini!

Meskipun sudah bukan zamannya lagi, tetapi pada masanya dulu, ada cukup banyak game PlayStation 2 yang memiliki konsep keren hingga terbilang breaktrough di masanya.

Sama seperti Playstation sebelumnya, di era console generasi PlayStation 2 para developer masih berani mengeksplorasi ide mereka sehingga menghasilkan beberapa game-game keren yang terus dikenang hingga sekarang. Berikut Gimbot pilihkan sejumlah game dengan konsep terbaik yang terus dikenang di era PlayStation 2!

God of War

Lewat eksperimen formula genre beat-em up yang mereka sajikan God of War menjadi salah satu game yang terus dikenang para fanboy PlayStation. Dari segi orisinalitas, memang gameplay yang diusung oleh God of War bukanlah sesuatu yang baru, karena waktu itu game serupa Devil May Cry juga bereksplorasi terhadap mekanisme beat-em up yang sama.

Baca juga: Review Devil May Cry 5: Kegilaan Sampai Batas Maksimal!

Dari segi konsep dan ide, God of War tergolong lebih berisi karena mengusung konsep mitologi Yunani yang sudah tidak asing di mata penikmat fantasi. Jika iasanya dewa yunani digambarkan sebagai tokoh yang superior (seperti Hercules dan Ares), namun di dalam God of War, dewa-dewa Yunani ini justru menjadi bulan-bulanan si protagonis utama, Kratos.

Berkat keunggulan temanya, God of War menjadi serial game yang terus digandrungi gamer, bahkan terus berlanjut hingga ke console portabel dan remaster versi PlayStation 3.

Bully

Bisa dibilang, game besutan Rockstar ini menjadi salah satu game dengan konsep terkeren yang ada di PlayStation 2. Bagaimana tidak? kita akan bermain menjadi anak sekolahan namun dengan kebebasan setara Grand Theft Auto, game lain buatan Rockstar yang seharusnya juga perlu berada di daftar ini karena menawarkan inovasi open-world 3D yang revolusioner.

Tema sekolahan terbilang menarik karena kita bisa belajar dan menjadi anak yang baik, atau hanya sekadar bolos untuk menjadi murid yang nakal. Kita juga bisa bertarung dengan anak bandel di sekolah untuk menjadi sosok yang reputasinya diperhitungkan semua orang.

Kingdom Hearts

Salah satu game PlayStation 2 dengan konsep paling keren berikutnya adalah Kingdom Hearts. Game satu ini adalah hasil kerjasama Square Enix dengan Walt Disney yang dikenal lewat pamornya sebagai penghasil karakter animasi terkenal.

Karena hasil kerja sama dengan Square Enix yang juga menggarap game Final Fantasy, game ini akan terasa seperti sebuah seri Final Fantasy, namun dengan tambahan karakter-karakter Walt Disney, seperti: Mickey Mouse, Donald Duck, Goofy, dan lainnya.

Ketika baru dirilis, game ini mendapatkan sambutan yang meriah. Hingga kini Kingdom Hearts menjadi salah satu game yang selalu menempel di hati para gamer, meskipun kompleksitas ceritanya bisa dibilang sangat amat di atas rata-rata.

Shadow of the Colossus

Game dengan konsep keren di PlayStation 2 selanjutnya adalah Shadow of Colossus. Game yang satu ini memang luar biasa unik karena kita akan berpetualang sebagai manusia di tengah para raksasa.

Untuk mengalahkan para raksasa tersebut tidaklah mudah karena kita harus mengetahui titik terlemahnya lebih dahulu sebelum berhasil mengalahkannya. Di awal kemunculannya, Shadow of Colossus berhasil menarik perhatian berkat gameplay minimalisnya yang sangat unik dan berbeda. Tidak ada musuh kelas keroco di sini, hanya ada kamu dan musuh bos berukuran raksasa yang menunggu di lokasi terpisah.

Suasana yang mencekam ditambah musuh yang memiliki ukuran tubuh luar biasa membuat para gamer tertarik untuk memainkan dan menamatkan game ini. Bahkan hingga saat ini banyak yang menyebut bahwa Shadow of Colossus merupakan salah satu game terbaik PlayStation 2 yang pernah ada.

Guitar Hero

Terakhir, salah satu game dengan konsep terbaik dari era PlayStation 2 selanjutnya adalah Guitar Hero. Genre permainan rhythim sendiri sebetulnya bukan hal baru di industri game, Konami lewat seri game musik seperti Dance Dance Revolution dan Guitar Freaks sebetulnya sudah lebih dahulu memperkenalkan konsep game semacam ini di Jepang. Namun popularitas rhythm game baru benar-benar mencapai puncaknya saat Guitar Hero meledak di pasaran.

Apa yang membuat game ini begitu diperhitungkan hingga masuk ke dafar ini adalah popularitasnya yang luar biasa besar. Hal ini tak lepas dari penggunaan trek lagu dari musisi terkenal yang sangat familier di kuping semua orang sehingga siapa pun tergoda untuk melakukan gerakan bermain gitar dengan perangkat plastik yang dijual terpisah.

Popularitas Guitar Hero sekarang memang tidak lagi semegah dulu, namun dampak yang ditimbulkan game ini ke dalam industri musik dan hiburan secara keseluruhan membuatnya layak dikenang sebagai bagian dari sejarah.


Itulah tadi beberapa game dengan konsep terkeren yang ada Gimbot pilihkan dari era PlayStation 2. Tentunya, masih banyak judul lain yang juga memiliki konsep tak kalah keren di console satu ini. Menurutmu mana lagi game dengan konsep terkeren lainnya yang perlu masuk ke dalam daftar ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!


Adam Imadudin

Penulis olahraga yang suka bermain games, disela-sela kesibukannya suka isi konten di Youtubenya, pendengar musik Dream Theater, dan punya cita-cita di endorse berbagai hardware PC!