10 Game Cross Platform Terbaik yang Dapat Kamu Mainkan


Platform bermain boleh beda tetapi harus tetapi bisa memainkan game yang sama. Hehehe

Salah satu fitur yang paling diinginkan oleh semua gamer saat memainkan game multiplayer secara online adalah keinginan bermain bersama dengan pemain lainnya di platform yang berbeda. Atau lebih sering disebut dengan cross platform atau cross play.

Masalahnya, tidak semua game mendukung cross platform dikarenakan keterbatasan fitur yang ada pada pengembangan game. Terlebih tidak semua developer mengizinkan fitur tersebut dan masih nyaman untuk merilis di platform tertentu.

Namun, semua berubah ketika Mojang, developer Minecraft mulai merilis game sandbox di semua platform mulai dari PC, console, dan mobile. Kabar baiknya, Minecraft mengizinkan semua gamer dapat bermain bersama di dalam satu map. Hasilnya, sukses besar. Minecraft kini menjadi salah satu game terlaris sepanjang masa dengan jumlah pemain aktif yang terus naik.

Dukungan cross platform sendiri memiliki beberapa keunggulan, seperti menawarkan dunia bermain yang lebih luas kepada gamer karena dapat bertanding dengan semua pemain dari platform lain. Artinya, developer akan memiliki basis pemain yang lebih banyak sehingga mereka dapat mengembangkan konten dan fitur tambahan untuk menghasilkan pundi-pundi uang yang lebih besar.

BACA JUGA: 7 Alasan Utama Memilih Console Gaming Daripada PC Gaming

Nah, tertarik memainkan game cross platform agar dapat bermain dengan temanmu di platform yang berbeda? Berikut adalah beberapa game cross platform terbaik yang dapat kamu mainkan!

1. Ark: Survival Evolved

Harga: $49.99 | Cross Platform: PC, Xbox One

Ark: Survival Evolved adalah salah satu game action survival terbaik yang menantangmu untuk bertahan hidup di sebuah pulau yang penuh dengan dinosaurus. Yap, dinosaurus. Tidak mudah untuk melewati hari-harimu di pulau ini apalagi jika kamu sendirian.

Solusinya, bermain dengan pemain lainnya secara online sehingga kamu dapat membuat suku dengan kelompok besar untuk melindungimu dari dinosaurus. Selain itu, kamu juga dapat menghentikan ancaman pemain lainya yang menjadi musuh.

Game ini tersedia di Early Access on Steam sejak Juni 2015 dan rilis pada Agustus 2017. Kamu juga dapat memainkan game ini di PS4, macOS, Android, iOS, dan Switch. Hanya saja, cross platform sementara ini hanya mendukung antara PC dan Xbox One. Sebagai catatan, kamu harus menginstal Ark versi Microsoft Store untuk bermain cross platform karena versi Steam tidak mendukung.

2. Fortnite

Harga: Gratis | Cross Platform: Android, iOS, PC, PS4, Xbox One, Switch

Kesuksesan Minecraft, diikuti oleh Epic Game selaku developer Fortnite yang memiliki ambisi untuk menjadi game battle royale terbaik dengan jumlah pemain yang sangat besar. Fortnite akhirnya dirilis di semua platform.

Hasilnya mengagumkan, Fortnite menjadi fenomena battle royale sebagai genre terpopuler yang sering dimainkan mengikuti keberhasilan PUBG. Salah satu daya tarik mengapa game ini begitu ramai dimainkan selain cross platform adalah fitur cosmetic yang menyediakan berbagai item menarik mulai dari karakter, skin, dan dance yang dapat dibeli di store.

Fortnite menjadi satu-satunya game dapat dimainkan secara cross platform setelah sebelumnya Sony bersikukuh tidak mengizinkan fitur ini di PS4 untuk bertanding dengan Xbox One.

3. Hearthstone

Harga: Gratis | Cross Platform: Android, iOS, PC

Hearthstone adalah game online digital collectible card yang dikembangkan oleh Blizzard Entertainment. Awalnya game ini diberi judul Heroes of Warcraft. Hearthstone sendiri dikembangkan berdasarkan cerita yang ada dari seri Warcraft dengan menggunakan element, character, dan relic yang sama.

Game ini merupakan salah satu card game terkenal sampai memiliki event esports tersendiri. Setelah dirilis untuk Microsoft Windows dan macOS pada Maret 2014, game ini di-port untuk iOS dan Android yang memungkinkan kamu untuk bermain antara PC dan mobile. Hanya saja fitur ini dibatasi oleh batasan akun wilayah geografis masing-masing pemain.

4. Minecraft

Harga: $26.99 | Cross Platform: Android, iOS, PC, Xbox One, Switch

Game yang menampilkan item blok kubus 3D ini adalah salah satu game terbaik yang harus kamu mainkan. Awalnya, Minecraft adalah game sandbox yang dibuat oleh Markus Persson dan dirilis oleh Mojang pada tahun 2011.

Mengusung sesuatu yang berbeda dengan menantang kreativitas, game ini memungkinkan kamu untuk membangun suatu objek dengan berbagai blok material layaknya di dunia nyata. Berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di dalam game ini adalah eksplorasi, mengumpulkan sumber daya, kerajinan, hingga bertarung dengan berbagai musuh.

Pada Mei 2019, Minecraft terjual lebih dari 176 juta kopi di semua platform, menjadikannya game terlaris sepanjang masa. Sayangnya, cross platform untuk PS4 tidak mendukung untuk bermain dengan Xbox One.

5. Paladins

Harga: Gratis | Cross Platform: PC, Xbox One, Switch

Paladins adalah game FPS yang dikembangkan oleh Hi-Rez Studios. Mirip seperti Overwatch, game ini adalah salah satu game FPS gratis terbaik yang dapat kamu jajal.

Paladins menyediakan berbagai karakter yang disebut Champions di mana pemain dapat memilihnya ketika sesi permainan dimulai. Masing-masing Champion memiliki skill kategori mulai dari Front Line, Damage, Support, dan Flank.

6. PUBG Mobile

Harga: Gratis | Cross Platform: Android, iOS, PC

Meski PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) bukanlah pelopor game battle royale tetapi genre battle royale melambung namanya melalui game yang satu ini. Berhasil menawarkan pertarungan kompetitif antar pemain, nama PUBG langsung melesat naik.

Selain versi originalnya yang dirilis pada Windows dan Xbox One, lalu PS4, versi mobile yang berjudul PUBG Mobile menyusul diluncurkan pada Android dan iOS. Masalahnya, versi originalnya di PC terlalu berat untuk dimainkan sehingga Tencent merilis PUBG Mobile versi PC menggunakan emulator.

Emulator yang bernama Gaming Buddy ini memungkinkan pemain untuk memainkan PUBG Mobile di PC dan bermain bersama dengan pemain mobile lainnya.

7. Rocket League

Harga: $9.99 | Cross Platform: PC, PS4, Xbox One, Switch

Rocket League digambarkan sebagai game sepak bola tetapi dengan mobil bertenaga roket yang dapat dimainkan hingga empat pemain yang terbagi menjadi dua tim. Tujuannya adalah menggunakan kendaraan bertenaga roket dengan cara menendang bola ke gawang lawan dan mencetak poin selama pertandingan.

Pada bulan September 2018, Sony mengubah kebijakannya setelah melihat Fortnite Battle Royale pada Switch juga memiliki fitur cross platform dan ini merupakan kekurangan yang dimiliki oleh PS4. Sony akhirnya mengizinkan Fortnite untuk cross platform.

Pada Januari 2019, Psyonix memberitahu bahwa Sony juga mengumumkan hal yang sama untuk Rocket League di mana pemain dapat cross platform antara PlayStation 4, Xbox One, Switch dan PC.

8. Sea of Thieves

Harga: $59.99 | Cross Platform: PC, Xbox One

Sea of Thieves adalah game action-adventure yang dikembangkan oleh Rare dan dirilis di Windows dan Xbox One pada 20 Maret 2018. Sea of Thieves mengambil tema bajak laut yang memungkinkan pemain untuk mengarungi lautan dunia baik secara solo atau squad hingga empat pemain.

Beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan mulai dari mengambil alih kemudi, mengangkat layar, navigasi, dan menembakkan meriam layaknya bajak laut sungguhan. Game ini mengizinkan kamu untuk bermain cross platform antara Xbox One dan PC.

9. Trailblazers

Harga: $29.99 | Cross Platform: PC, Xbox One, Switch – PC, PS4

Jika kamu bosan dengan game balap pada umumnya, kamu bisa mencoba Trailblazers. Trailblazers adalah game balap yang menggabungkan game seperti Wipeout, F-Zero, dan Splatoon.

Kamu akan mengontrol salah satu dari delapan pembalap yang berbeda dengan kendaraannya masing-masing yang mampu mengecat warna di lintasan. Sayangnya, pemain PS4 hanya dapat bermain cross platform dengan PC.

10. World of Tanks Blitz

Harga: Gratis | Cross Platform: Android, iOS, PC

Wargaming mengumumkan World of Tanks Blitz, versi mobile dari World of Tanks untuk tablet dan smartphone yang dapat dimainkan menggunakan Windows 10, Android dan iOS. Game ini memungkinkan kamu untuk melakukan pertempuran 7v7 di PC dengan memilih lebih dari 300 tank bersenjata monster.

Itu dia beberapa game cross platform terbaik yang dapat kamu jajal. Bahkan sebagian besar dapat kamu mainkan secara gratis. Menurutmu, mana yang menjadi favoritmu?


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.