Penuh Detail! 5 Game Bercocok Tanam Terbaik yang Pernah Ada

Meski jarang, ada beberapa developer yang membuatnya bahkan menjadikan salah satu game mereka sebagai game bercocok tanam terbaik.


Game Bercocok Tanam Terbaik

Mekanisme bercocok tanam harus diakui menjadi salah satu mekanisme yang cukup digemari oleh gamer terutama gamer casual. Meski memiliki daya tarik luar biasa, namun masih jarang sekali kita menemui game-game bercocok tanam yang digarap dengan seserius mungkin.

Walaupun jarang, masih ada beberapa developer yang mau mendedikasikan dirinya untuk membuat game bercocok tanam dengan sangat baik dan detail. Meskipun terbatas dari segi grafis, para developer ini menyajikan gameplay yang asyik bahkan membuat gamer bisa menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk sekedar berkebun.

Lantas apa saja game bercocok tanam terbaik yang pernah dibuat? Berikut ulasannya!

Harvest Moon: Back to Nature

Harvest Moon: Back to Nature

Bisa dibilang, Harvest Moon: Back to Nature yang digarap oleh Natsume di masa lalu menjadi game bercocok tanam paling legendaris yang pernah ada. Mekanisme gameplay-nya yang solid bahkan masih membuat game ini eksis dan masih memiliki banyak penggemar setia di sana-sini. Di era PlayStation 1, susah untuk menggeser Harvest Moon dari otak gamer tentunya.

Di game ini kita memiliki misi untuk mengembalikan kebun kakek kita yang terbengkalai. Luas tanahnya juga benar-benar luas sehingga dibutuhkan strategi matang serta peralatan yang canggih untuk bisa membereskannya. Di game ini kita disediakan alat bercocok tanam dengan lengkap mulai dari cangkul hingga penyiram tanaman.

BACA JUGA: 5 Penjahat Paling Jahat di Seluruh Seri Assassin’s Creed

Yang menarik, gamer bisa melakukan upgrade alat bercocok tanam untuk mempercepat pekerjaan. Ada beberapa tahapan sebelum kalian akhirnya mendapatkan alat bercocok tanam terbaik. Di samping itu, untuk mendapatkan alat terbaik, kalian harus mencari bahan bakunya yang tentu cukup susah didapatkan.

Buah dan sayur yang bisa kalian tanam jumlahnya cukup banyak dan beragam. Buah dan sayur yang ada juga memiliki karakteristiknya sendiri dan membutuhkan perawatan khusus agar bisa tumbuh dengan maksimal. Tak cuma merawat buah, sayur, dan tanaman, gamer juga bisa memelihara hewan ternak untuk mendapatkan bahan baku yang nantinya bisa dimasak.

Mekanisme solid inilah yang pada akhirnya menjadikan Harvest Moon: Back to Nature sebagai legenda.

Stardew Valley

Stardew Valley

Salah satu game yang menurut para gamer paling mendekati kualitasnya sama seperti Harvest Moon: Back to Nature. Ya, Stardew Valley adalah game yang dirilis pada tahun 2016 dan mendapatkan sambutan yang hangat. Bahkan saking lakunya, game ini merambah ke platform Android. Di Steam, sebanyak 165 ribu gamer menyatakan jika Stardew Valley adalah game yang punya kualitas bagus.

Bahkan media ternama seperti Giant Bomb mengatakan jika game ini punya banyak konten menarik di samping mekanisme utamanya yang menjadikan kita sebagai petani. Mereka memberikan nilai 5/5 yang artinya sempurna.

Untuk mekanisme bertaninya sendiri, Stardew Valley tak perlu diragukan lagi. Game ini memiliki mekanisme bercocok tanam yang cukup detail di mana gamer bisa menanam berbagai tumbuhan, buah, dan sayur. Selain itu gamer juga bisa merawat hewan dan melakukan crafting untuk mendapatkan alat-alat yang lebih berguna.

BACA JUGA: Penerbit Franchise Game Modern Terbanyak, Ini Dia Profil Singkat Ubisoft

Di samping itu, yang unik dari Stardew Valley adalah game ini bisa membuat kalian farming bersama dengan teman-teman. Kalian bisa mengundang satu hingga tiga teman untuk akhirnya bermain bersama. Dalam bermain online ini gamer bisa membagikan resource dan meningkatkan komunitasnya sendiri.

Bagi yang senang eksplorasi, di game ini kalian bisa melakukan eksplorasi ke sebuah gua yang tidak diketahui isinya. Bahkan tak cuma itu, dalam perjalanannya gamer bisa menghadapi monster berbahaya, mendapatkan senjata terbaik, dan tentu saja material yang cukup bernilai.

Dengan banyaknya konten yang dimilikinya, Stardew Valley layak dianggap sebagai salah satu game bercocok tanam terbaik.

Beli Stardew Valley di Sini

Farming Simulator 19

Bicara soal bercocok tanam jagoan yang tak boleh luput dari daftar tentu saja Farming Simulator. Ya, di Steam, Farming Simulator 19 sukses meraih pandangan positif dari 14 ribu gamer. Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh Farming Simulator 19 sehingga menjadikannya salah satu game bercocok tanam paling bagus yang pernah dibuat.

Yang pertama adalah di game ini kita disuguhi oleh lahan terbesar dalam sejarah Farming Simulator. Selain itu, game ini memiliki grafis yang benar-benar memberikan pengalaman imersif bagi para gamer. Sedangkan fitur kedua adalah di game ini ada ratusan model dan jenis dari kendaraan khusus untuk bercocok tanam Selain itu, ada juga ratusan alat yang bisa kalian gunakan untuk bercocok tanam.

Fitur yang ketiga, ketika mengamati lahan besutan kalian, gamer bisa dipersilahkan untuk mengendarai seekor kuda di mana kalian bisa berkeliling di lahan kalian yang super luas. Dengan mengadopsi banyak fitur menawan, Farming Simulator 19 menjadi salah satu yang wajib dilirik.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan farming online hingga 16 orang serta bisa memasukkan mods di dalam game ini. Keren bukan?

Beli Farming Simulator 19 di Sini

Story of Season

Story of Season merupakan game yang cukup populer dan lahir karena adanya konflik kepentingan antara pihak Natsume dengan Marvelous Entertainment. Ya, secara lisensi, Natsume memang dikenal dengan seri Harvest Moon-nya yang merupakan judul Bahasa Inggris. Sebelumnya Harvest Moon berjudul Bokujō Monogatari di Jepang.

Meski punya lisensi atas Bokujō Monogatari, namun lisensi nama Harvest Moon dimiliki oleh Natsume. Perpisahan keduanya membuat Marvelous menggunakan nama lain untuk menciptakan Bokujō Monogatari yang baru sehingga lahirlah Story of Season.

Memiliki berbagai hal yang sama dengan Harvest Moon membuat Story of Season layak diakui sebagai salah satu game bercocok tanam terbaik. Di sini gamer bisa bercocok tanam, memasak, ke kota, dan melakukan aktivitas menarik lainnya.

Sebagai sebuah franchise, ada cukup banyak seri yang sudah diluncurkan oleh Story of Seasons salah satunya adalah Story of Seasons: Friends of Mineral Town yang memang merupakan remake dari Harvest Moon di PlayStation 1 sehingga semua fitur yang ada memang Harvest Moon banget.

Selain itu Story of Season juga punya game yang mengangkat tema Doraemon dan game tersebut bisa kalian beli di Steam untuk tema Doraemon.

Beli Doraemon: Story of Season di Sini

My Time at Portia

My Time at Portia merupakan salah satu game yang dirilis pada tahun 2019 dan sejak tanggal perilisannya, game ini langsung menjadi salah satu game indie terbaik yang cukup populer. Di game ini gamer bakal menghuni sebuah tempat bernama Pa. Kalian memiliki tugas untuk mengembalikan Pa kepada kejayaannya dengan menanam sejumlah tanaman, membantu orang di kota, dan memelihara hewan. Konsep awalnya mirip-mirip dengan Harvest Moon: Back to Nature.

Di game ini tak Cuma terlibat dalam aktivitas pertanian saja, gamer juga bisa mengikuti berbagai festival yang ada di Portia. Kalian bisa memainkan berbagai mini game salah satunya adalah memancing. Di game ini kalian bisa berinteraksi dengan para gamer lainnya juga tentunya.

Yang cukup keren adalah di game ini ada sistem dungeon di mana gamer bisa melakukan eksplorasi untuk mendapatkan item-item atau harta karun dari zaman dulu. Tentu dalam dungeon ini gamer harus membawa senjata mengingat banyak musuh yang mengintai kalian.

Dengan visual yang cukup keren, My Time at Portia bisa menjadi pilihan salah satu game bercocok tanam terbaik untuk para gamer.

Beli My Time at Portia di Sini


Azzizil Adam

Main game gak bakal bikin masa depan suram. Yang bikin suram adalah ketika lo malas berbuat sesuatu! Happy gaming.