Rekomendasi Game Co-Op Terbaik untuk Dimainkan Bersama Keluarga


Daftar berikut layak dijadikan referensi bermain game saat berkumpul bersama sanak saudara.

Sumber: chris and pop culture

Saat ini banyak game yang menampilkan mekanika permainan yang kompleks, sebuah cerita tentang balas dendam, atau konsep rumit lainnya yang membuatnya mendapatkan rating T (remaja) dan M (dewasa).

Namun, jika kita melihat sejarah awal video game sebenarnya hadir sebagai hiburan untuk segala umur, dan idealnya dimainkan bersama-sama dalam satu ruangan keluarga.

Baca Juga: 5 Dunia Game yang Bakal Keren Seandainya Diadaptasikan ke Dalam VR

Jika kamu mencari beberapa game coop untuk anak, adik, keponakan, atau siapa pun itu yang lebih mudah usianya, maka kamu mungkin bisa melihat beberapa rekomendasi berikut ini.

LEGO Series

game co-op

LEGO merupakan sebuah mainan yang cukup populer di dunia, bahkan versi video game-nya pun juga cukup populer lho! Sebagian besar game LEGO modern (apa pun judul dan tema utamanya) mengikuti formula dasar yang sama dan dirancang untuk anak maupun orang dewasa.

Gameplay dan unsur puzzle yang ada di dalam game LEGO cukup mudah untuk dipahami bocah dan misi untuk membuka semua karakter yang ada dan reward tersembunyi akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita gamer dewasa.

Beberapa game co-op bertema Lego yang bisa kamu coba adalah Lego Star Wars, Lego Batman, dan masih banyak lagi judul lainnya.

Minecraft

game co-op

Tak diragukan lagi Minecraft telah menjelam menjadi sebuah game yang sangat populer tak hanya untuk orang dewasa, tapi juga anak kecil.

Game dengan tampilan dunia serba blocky ini menampilkan dunia digital di mana pemain bisa melakukan banyak hal, mulai dari membangun rumah pohon, benteng obsidian, portal dunia bawah tanah, dan banyak hal gila lainnya sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Beberapa gamer mungkin memainkan Minecraft di mode Survival atau Adventure, sementara untuk mode Creative akan memberi akses ke Lego digital tanpa batas dan memungkinkan mereka membuat arsitektur liar dan aneh yang mereka inginkan.

Ada mode coop split screen yang bisa kamu pilih jika ingin menemani anak atau adik sambil menyatukan imajinasi tanpa batas kalian.

Unravel Two

Unravel Two menjadi daftar selanjutnya yang bisa kami rekomendasikan jika kamu mencari game coop yang cocok dimainin bareng adik atau anak kecil. Di game yang diterbitkan oleh Electronic Arts ini kalian akan bermain peran sebagai dua makhluk berbentuk benang yang disebut sebagai “Yarnys”.

Selain banyak elemen kerja sama dalam game ini, kamu juga dituntut untuk memecahkan beberapa puzzle dan melewati semua rintangan yang mereka temui di sebuah pulau asing.

Mario Bros Series

Jika kamu ingin tahu dan menunjukkan kepada adik atau anak bagaimana Nintendo bisa mendapatkan reputasi untuk membuat game yang sangat cocok untuk semua orang dari segala usia, tentu jawaban pastinya lewat game Mario.

Semua game dengan nama “Mario” pada dasarnya dirancang untuk anak-anak dan orang dewasa, terutama bagi mereka pecinta game co-op.

Mulai dari Super Mario World hingga Super Mario Odyssey bisa kamu mainkan bersama dan tentu akan memberikan pengalaman menyenangkan untuk sang anak atau adik kecil.

Yang lebih penting lagi, Super Mario terus menghidupkan tradisi bermain co-op dalam satu layar, sesuatu yang keberadaanya mulai berkurang di era canggih yang serba online.

Overcooked

Punya adik menggemaskan yang doyan makan? Nah, berarti kalian berdua wajib mencoba bermain Overcooked bersama-sama!

Game besutan Ghost Town Games yang tersedia dari PC, konsol generasi terbaru, hingga Switch ini bisa dimainkan hingga empat orang, di mana kamu akan berperan sebagai koki yang akan saling berkoordinasi untuk menyajikan makanan, mulai dari mempersiapkan bahan dan bumbu, hingga membersihkan semua masakan yang telah dimakan oleh pengunjung dalam waktu tertentu.

Selain bekerja sama, kamu juga bisa lho bersaing dengan anak atau adik, dengan mengumpulkan skor sebanyak mungkin. Dengan grafis yang imut dan penuh warna, tentu saja game ini bisa dengan mudah membuat anak kecil menyukainya (dan membuat yang dewasa terpingkal-pingkal memainkannya).


Era