Setelah seri Fallout 4 dan Fallout Shelter di tahun 2015 lalu, seri gim Fallout akan berlanjut ke judul Fallout 76. Bagi kamu yang belum tahu, Fallout sendiri game dengan genre post-apocalyptic role-playing yang awalnya dikembangkan oleh Interplay Entertainment.

Jalan ceritanya diambil pada abad ke-22 dan ke-23 dengan konsep atompunk retrofuturistic. Konsep ini diambil berdasarkan sejarah saat pasca perang di Amerika tahun 1950-an yang dibalut antara harapan kemajuan teknologi di masa depan dan ketakutan dari senjata nuklir.

Fallout 76 adalah game kesembilan dalam seri Fallout dan dijadwalkan akan dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One pada 14 November 2018 mendatang.

Kira-kira, apa saja yang baru di seri Fallout 76 ini? Berikut ulasannya!

Gim online multiplayer pertama yang dikembangkan

Seri sebelumnya seperti Fallout 4 (gameplay mirip dengan Fallout 3 dan Fallout: New Vegas dengan konsep open world) dan Fallout Shelter (simulasi dalam tampilan dua dimensi) dimainkan dengan single-player.

Nah, di Fallout 76 ini untuk pertama kalinya, Bethesda Game Studios akhirnya mengembangkan seri Fallout yang dapat dimainkan secara online multiplayer. Kamu dapat bermain secara individu atau dengan temanmu hingga tiga orang.

Todd Howard selaku game director mengungkapkan bahwa nanti semua server untuk permainan tidak akan menggunakan public server tetapi private server.

Pilihan ini diambil untuk memungkinkan pemain mendapatkan pengalaman bermain dengan teman satu timnya secara maksimal dan mencegah hal yang tidak diinginkan seperti lag.

Yang perlu diperhatikan, Strangers bisa menjadi ancaman untukmu dan timmu. Jika kamu menyerang pemain lain, kamu akan bertempur satu sama lain untuk memperebutkan Caps untuk mendominasi area.

Jika kamu membunuh pemain lain, kamu akan mendapatkan status Wanted. Artinya semua pemain lainnya dari seluruh dunia akan mengincarmu untuk membunuhmu.

Tidak ada untungnya membunuh pemain lain karena hanya akan menyulitkan perjalanan kamu. Jika kamu memilih untuk tidak bertarung, status yang memungkinkan pemain lain untuk menyerangmu akan berkurang.

Tips penting untuk bertahan hidup

Kamu harus dapat menyeimbangkan antara kondisi tubuh karaktemu mulai dari Well Rested, Well Fed, Well Tuned, Hydrated, dan berhati-hati terhadap Diseases dan Mutation agar dapat tetap bertahan hidup.

Beberapa tips yang dapat membantumu bertahan adalah hindari area yang terkena radiasi, tidur di lokasi yang aman dari serangan musuh, makan makanan yang telah dimasak, dan minum hanya dari sumber air bersih.

Peralatan yang digunakan memiliki batasan pemakaian sehingga jika rusak, kamu harus membuatnya di Workshop atau menemukannya di tempat lain. Semua item memiliki berat, termasuk amunisi, jadi pengelolaan kapasitas barang-barang sangat penting.

Kamu harus dapat menentukan apa yang harus dikumpulkan, apa yang harus dikonsumsi, dan kapan waktunya.

Jika kamu kalah dalam pertempuran, karaktermu dapat dihidupkan kembali oleh pemain lain jika mereka memiliki item Stimpak. Jika karaktemu mati, kamu dapat memilih lokasi respawn untuk melakukan Fast Travel dari World Map.

Ketika kamu mati, karaktermu akan menjatuhkan semua Junk (komponen bangunan) yang ada dan menerima quest pada respawn untuk mengambilnya kembali.

Kamu juga dapat mengembangkan progression karaktermu menggunakan S.P.E.C.I.A.L. di mana semua atribut akan ditampilkan dalam bentuk kartu Perk dan masing-masing memiliki efek yang berbeda-beda.

Jika ingin naik level, alokasikan poin ke bagian tertentu mulai dari Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility, dan Luck.

Misalnya, semakin banyak poin yang dimiliki di Strength, semakin banyak kartu Strength yang akan didapatkan. Kartu Perk ini didapatkan setelah berhasil menyelesaikan misi.

Penambahan mode C.A.M.P. di Workshop

Workshop digunakan sebagai bengkel untuk melakukan crafting objek dari sumber daya yang telah dikumpulkan. Terdapat mode baru, yaitu C.A.M.P (Construction and Assembly Mobile Platform) di Workshop.

Mode ini memungkinkan kamu dapat memindahkan bengkelmu di mana saja di area map untuk digunakan sebagai home base baik itu setelah menggunakan Fast Travel ataupun Respawn.

Saat kamu memindahkan C.A.M.P., semua struktur bangunan akan disimpan dalam bentuk Blueprint sehingga kamu dapat dengan cepat membangunnya kembali.

C.A.M.P. juga mengizinkan kamu untuk mengakses Stash sebagai wadah untuk menyimpan barang-barang yang dikumpulkan selama perjalanan. Stash juga dapat ditemukan di Train Stations dan Red Rocket Stations.

Fallout 76 juga menghadirkan Public Workshop yang dapat digunakan secara bersama dengan rekan satu tim dan diakses melalui pertempuran, baik dengan membersihkan area di map atau menantang pemain lain.

Di sini, kamu dapat menggunakan workbench, menemukan sumber daya, membangun pertahanan dari musuh, atau bereksperimen untuk membuat Blueprint baru.

World Map 4x lebih luas dibanding Fallout 4

Fallout 76 akan menampilkan ukuran map 4x lebih luas dibanding seri sebelumnya, yaitu Fallout 4! World Map yang digunakan disebut dengan “Appalachia” yang merupakan representasi dari West Virginia.

Bahkan beberapa lokasi di map menampilkan lokasi nyata di wilayah tersebut seperti West Virginia State Capitol, The Greenbrier, Woodburn Circle, New River Gorge Bridge, dan Camden Park.

Fallout 76 juga menghadirkan banyak monster mutasi baru seperti Mothman dan Flatwoods yang diambil berdasarkan cerita rakyat di West Virginia.

Fitur combat akan masih menggunakan V.A.T.S

V.A.T.S adalah singkatan dari Vault-Tec Assisted Targeting System, yakni elemen combat dalam seri Fallout yang memadukan kombinasi hybrid antara timeturn-based dan real-time combat.

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini saat bertarung dengan musuh atau menembak musuh, waktu akan terhenti sementara dan sudut pandang kamera permainan akan menjalankan visual effect dari bullet time.

Efek dari bullet time ini, layar permainan akan menampilkan HUD dalam empat kategori, yaitu HP, AP, Target Name, dan Target Spesific Areas.

HP adalah Health Points yang mengindikasikan jumlah darah pemain. AP adalah Action Points yang memberitahukan jumlah peluru yang tersisa dari senjata yang digunakan.

Target Name adalah nama musuh yang sedang dilawan. Target Spesific Areas adalah hasil pemindaian tingkat kerusakan dari bagian tubuh musuh dalam rasio persen.

Kamu cuma memiliki tiga pilihan saat bertarung mulai dari membidik kepala musuh untuk mendapatkan quick kill, menghancurkan kaki musuh untuk membuat gerakan mereka lambat, atau menembak senjata yang dipegang musuh.

Lalu, apakah fitur combat V.A.T.S ini penting? Jawabannya iya! Dalam V.A.T.S, Target Spesific Areas adalah yang paling penting. Kenapa? Bagian ini akan memudahkanmu dalam memberikan kerusakan besar pada musuh.

Ada banyak sekali jenis musuh di Fallout mulai dari mamalia, reptil, unggas, serangga hingga alien. Dan Fallout 76 juga menghadirkan fitur ini dalam player versus player yang disesuaikan dengan masing-masing outfift.

Semua jenis musuh ini telah terkena radiasi dari nuklir dan banyak yang memiliki ukuran yang sangat besar serta memiliki kelemahan yang berbeda-beda. Sehingga kamu harus mengetahui betul titik lemah tubuh musuh sebelum melancarkan serangan.

Misal, kamu dapat menembak kepala Wilder Ghul untuk membunuhnya dengan cepat tetapi itu tidak berlaku pada Super Mutant seperti Berserk yang memiliki titik lemah di perutnya.

Lakukan perang nuklir untuk mendominasi!

Bagian ini bisa dibilang sebagai ironi di atas ironi. Nuklir yang sejatinya memiliki dampak buruk, menjadi bagian yang harus dilakukan dalam gim ini.

Kamu dan timmu dapat mengaktifkan nuklir dengan Nukes dan memusnahkan semua area yang ada di sekitarnya. Proses peluncuran Nuke cukup rumit dan memakan waktu, tetapi hasil akhirnya akan memberikan sumber daya langka yang dapat dikumpulkan untuk crafting objek dengan level yang lebih tinggi lagi.


Dengan ukuran map yang lebih besar dari seri sebelumnya, kompleksitas progression karakter dan fitur combat antara pemain lain dan musuh menunjukkan bahwa Fallout 76 adalah ambisi terbesar Bethesda dalam membuat gim online multiplayer miliknya.

Sayangnya, Stress Test pada masa B.E.T.A hanya dapat diakses di Amerika Utara untuk platform Xbox One tanggal 23 Oktober 2018 kemarin, PlayStation 4 dan PC akan dapat berpartisipasi dalam B.E.T.A. pada 30 Oktober 2018.

Bagi kamu yang ingin melakukan pre-order dapat dilakukan di sini.


ChipsMan

Never ever gimme shooter game when I eat chips cause my aim will be potato