Perbedaan Efek Elemental Blight di Monster Hunter Rise


Di Monster Hunter Rise, Elemental Blight punya banyak jenis, masing-masing punya efek yang berbeda baik untuk kamu maupun monster.

elemental-blight-monster-hunter-rise-featured

Sama seperti banyak game lainnya, Monster Hunter Rise juga memperkenalkan status effect dan juga Elemental Blight. Meskipun serupa, efek negatif seperti Poison dan Paralysis dibedakan dari Elemental Blight. Kamu sebagai pemain bisa melindungi diri dari Elemental Blight dengan equipment skill khusus. Dari segi penerapan, kamu juga tidak bisa memberikan Elemental Bight ke monster dengan mudah. Selain itu, Elemental Blight juga punya efek yang berbeda ke pemain dan monster.

BACA JUGA: Capcom Perlihatkan Penampilan dan Serangan Lucent Nargacuga

Berikut adalah masing-masing efek Elemental Blight baik ke pemain maupun monster.

Efek Elemntal Blight Ke Pemain

elemental-blight-monster-hunter-rise-bear

Kamu sebagai pemain bisa menerima Elemental Blight dari beberapa serangan monster. Kabar baiknya adalah kamu tidak akan menerima Elemental Blight dari sumber lain. Semua Elemental Blight ini juga bisa kamu hilangkan dengan item Nulberry. Jadi selalu bawa item ini ke semua misi.

1. Fireblight

Dari semua Elemental Blight, Fire adalah yang paling menjengkelkan untuk semua pemain dan semua jenis senjata. Ketika terkena Fireblight, kamu akan menerima damage secara berangsur. Jika dibiarkan, damage yang dihasilkan akan signifikan dan bisa mati begitu saja di hadapan monster.

Untungnya, Fireblight juga sangat mudah ditangani. Kamu tinggal melakukan dodge roll sebanyak tiga kali, atau cukup sekali jika kamu sedang berada di air. Setelah itu debuff ini akan hilang begitu saja.

2. Waterblight

Pemain yang terkena Waterblight akan melihat metaran staminanya berubah jadi warna biru. Debuff ini akan membuat regenerasi stanimamu jadi jauh lebih lambat. Untuk senjata yang menggunakan stamina secara intensif seperti Bow atau Dual Blades, debuff ini akan sangat menjengkelkan.

Waterblight juga cukup mudah untuk dihilangkan. Kamu harus melakukan Wiredash sebanyak dua kali atau roll sebagai 10 kali.

3. Iceblight

Saat terkena Iceblight, cooldown Wirebug-mu akan jadi jauh lebih lama. Jadi jika kamu punya gameplay yang sangat mengandalkan Wirebug, hapus debuff ini secepat mungkin. Karena selain dengan item dan waktu, tidak ada cara untuk menghilangkan debuff ini dengan mudah.

4. Thunderblight

Thunderblight tidak akan memberikan efek negatif yang langsung terlihat. Hanya saja selama debuff ini masih ada, kamu akan bisa terkena stun dengan lebih mudah. Jika kamu mahir melakukan dodge, debuff ini mungkin bisa kamu abaikan dan biarkan menghilang seiring waktu. Tapi jika tidak, segera hilangkan dengan item.

5. Dragonblight

Dragonblight mungkin adalah efek yang paling unik karena selain bisa diabaikan, ada set armor yang bahkan memanfaatkan debuff ini. Alasan debuff ini bisa diabaikan adalah karena efeknya menghilangkan status atau elemental damage yang kamu miliki.

Efek Elemental Blight Ke Monster

elemental-blight-monster-hunter-rise-barroth

Kamu sebagai pemain tidak bisa memberikan Elemental Blight ke monster secara langsung. Tapi jika ingin melakukannya, kamu bisa memanfaatkan Endemic Life berupa serangga unik yang kamu temukan di sekitar, atau menggunakan serangan monster lain lewat Wyvern Ride. Lalu di ekspansi Sunbreak, salah satu Secret Support Skill Palico juga membuat kucingmu bisa memasang ranjau yang memberikan Elemental Blight.

1. Fireblight

Monster yang terkena Fireblight akan menerima damage secara berangsur. Tidak hanya itu, monster tersebut juga akan lebih mudah terkena flinch alias gerakannya terinterupsi.

2. Waterblight

Waterblight akan memuat bada monster jadi lebih lemah alias menerima damage yang lebih besar. Semakin keras bagian badan monster, semakin signifikan juga efek debuff ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa inilah Elemental Blight paling kuat yang ingin kamu dapatkan.

3. Thunderblight

Sama seperti jika diterima oleh pemain, monster yang menerima Thunderblight akan lebih mudah terkena stun. Efek stun ini juga akan aktif bahkan jika kamu tidak menggunakan senjata tumpul seperti Hammer. Hanya saja untuk membuat monster akhirnya terkena stun, kamu harus menghajar bagian kepala.

4. Iceblight

Jika dibandingkan dengan yang lain, Iceblight adalah yang paling lemah. Debuff ini hanya membuat gerakan monster jadi lebih lambat. Hanya saja efek ini tidak akan berlaku jika monster tersebut sudah capek.


Meskipun bukan sesuatu yang bisa kamu gunakan setiap saat, Elemental Blight adalah salah satu mekanisme yang selalu bisa kamu manfaatkan. Karena itu kenali cara menerapkan efek ini ke monster jika kamu mendapatkan kesempatan.


Kaoru

Hmmm...