Developer Kerbal Space Program Kolaborasi dengan European Space Agency

Lewat update Shared Horizons, para pemain bisa merasakan sejumlah misi menarik yang diambil dari misi eksplorasi ESA di dunia nyata.


Kerbal Space Program alias KSP adalah game bertema eksplorasi luar angkasa yang diciptakan oleh Squad dan diterbitkan oleh Private Division. Game ini banyak digemari orang sebab memiliki simulasi fisika yang realistis, namun dengan tampilan visual serta karakter yang imut-imut. Sejak pertama dirilis pada tahun 2015, Kerbal Space Program sudah tersedia di PC, PS4, juga Xbox One, dan direncanakan untuk segera mendapat sekuel.

Selagi menunggu sekuel tersebut muncul, pemain Kerbal Space Program masih tetap dimanjakan dengan beragam konten. Contohnya update terbaru yang dirilis oleh Private Division, yaitu Shared Horizons. Menariknya, Private Division dan Squad mengembangkan konten ini bekerja sama dengan lembaga riset dan eksplorasi luar angkasa Eropa, European Space Agency (ESA).

Sumber: Steam

Update Shared Horizons ini akan menambahkan sejumlah konten berbasis misi eksplorasi sungguhan ke dalam Kerbal Space Program. Misalnya misi BepiColombo, kolaborasi antara ESA dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) untuk meluncurkan satelit ke planet Merkurius. Di dunia nyata, misi ini sudah berjalan sejak tahun 2018, dan roket Ariane 5 yang mengantar satelit tersebut dijadwalkan tiba di orbit Merkurius pada tahun 2025.

BACA JUGA: Rekap Berita Esports dalam Sepekan – 18 Mei 2020

Misi lain yang ditambahkan adalah Rosetta, satelit yang diluncurkan oleh ESA di tahun 2004 untuk menyelidiki komet Churyumov-Gerasimenko di sekitar orbit planet Yupiter. Roket ini memakan waktu perjalanan selama 10 tahun, dan akhirnya berhasil mencapai komet tersebut pada tahun 2014. Rosetta adalah satelit pertama yang berhasil mengorbiti sebuah komet, mengirimkan landing module ke permukaannya, juga satelit pertama yang berhasil terbang di orbit Yupiter menggunakan sumber energi solar cell.

Sumber: Steam

Bagi para penggemar astronomi dan penjelajahan luar angkasa, update baru ini tentunya sangat menarik karena membuat kita bisa ikut merasakan sejumlah event bersejarah. Sementara bagi orang awam, Kerbal Space Program jadi sarana perkenalan dengan program-program ESA. Update ini akan diluncurkan gratis untuk PC pada tanggal 1 Juli 2020, dengan versi console menyusul kemudian.

Director of Science di ESA, Günther Hasinger, menyatakan dalam siaran pers, “Di European Space Agency sini, banyak insinyur dan ilmuwan kami yang sangat akrab dengan KSP. Baik Rosetta maupun BepiColombo sama-sama merupakan misi yang sangat kompleks dan memiliki tantangan spesifik; namun demikian, keduanya terbukti sangat bermanfaat bagi ESA dan komunitas sains global. Karenanya, saya sangat senang misi-misi terobosan ini bisa ikut dirasakan di Kerbin (nama planet dalam KSP) seperti di bumi.”


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.