4 Detail yang Bisa Digali Seputar Game Baru From Software, Elden Ring


Apakah Elden Ring kelak bisa memuaskan dahaga penggemar "Souls" series di luar sana?

elden ring
sumber: playstation

Yep, Elden Ring. Kolaborasi antara Hidetaka Miyazaki, maestro di balik serial game Dark Souls From Software dengan penulis novel populer (A Song of Ice and Fire alias Game of Thrones) George RR Martin ini diharapkan bisa melahirkan sebuah produk yang benar-benar berkualitas.

Dengan minimnya detail video yang diberikan, tentu banyak orang (termasuk kami) bertanya-tanya, seperti apakah kira-kira tampilan game Elden Ring? Dan yang paling penting: kapan kita bisa memainkannya?

Baca Juga: 5 Pertanyaan Tersisa dari Acara Nintendo Direct E3 2019

Well, meskipun kita mungkin harus menunggu beberapa bulan sebelum menemukan jawaban atas pertanyaan ini, tapi berkat trailer dan beberapa informasi dari sang presiden From Software, Hidetaka Miyazaki, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Elden Ring yang kami rangkum dari wawancara eksklusif dari blog resmi Xbox.

Setting lebih menarik dari karya From Software sebelumnya

Mengingat George R. R. Martin di sini berperan sebagai penanggung jawab untuk elemen lore di dunia Elden Ring, hal pertama yang paling kami harapkan di sini jelas adalah latar cerita dan intrik yang jauh lebih mendalam dibandingkan karya From Software sebelumnya seperti Dark Souls, Bloodborne, dan Sekiro.

“Cerita buatan Martin terbukti penuh dengan karakter dan drama yang menarik, lengkap dengan sejumlah elemen mistis dan misterius di dalamnya. Faktor ini menjadi sumber inspirasi yang luar biasa bagi saya dan tim pengembang,” kata Miyazaki.

“Bahkan saya sendiri sulit menahan kegembiraan saya dari waktu ke waktu,” tambahnya.

Mirip dengan Dark Souls, sejarah Eropa abad pertengahan (Medieval) menjadi salah satu setting yang digunakan Martin, kemungkinan dunia Elden Ring akan condong ke arah serial Souls daripada Bloodborne atau Sekiro.

Open-world dengan sentuhan “Souls

Selain tema yang berulang, kunci elemen dalam semua game ikonik From Software adalah kemampuannya untuk berinovasi. Terutama jika kita berbicara tentang gameplay.

Gameplay di seri game Souls menampilkan pertempuran yang berstruktur RPG, sementara Bloodborne menggunakan sistem combat yang sangat taktis. Untuk Sekiro pengembang menghadirkan sistem postur, yang memberikan pemain banyak opsi untuk dipikirkan ketimbang hanya membabat musuh sampai mati.

“Berkat kolaborasi kami dengan Martin, saya harus mengatakan perbedaan terbesar (dari Elden Ring) adalah fitur yang lebih mengedepankan open world,” jelas Miyazaki.

“Untuk itu, skala dunia, narasi, detil, dan kebebasan eksplorasi telah meningkat secara dramatis kali ini. Tanpa diragukan lagi Elden Ring adalah karya terbesar kami dari segi produksi konten.”

Gameplay Combat yang lebih bervariasi

From Software selalu memberikan berbagai pilihan gaya bermain yang menarik di setiap seri game mereka. Untuk Elden Ring, Miyazaki menjanjikan elemen combat yang lebih variatif.

Nantinya kamu bisa saja menggunakan perisai besar dan menunggu kesempatan sempurna untuk menyerang, berada di barisan belakang sambil merapal mantra, atau gunakan kecepatan dan kelincahan untuk memangkas semua musuh

“Judul ini lebih berfokus pada elemen RPG dan akan mencakup berabagai unsur seperti senjata, magic, dan tantangan dengan gaya gameplay dan strategi yang sesuai bagi pemain”,.

Dari situ saja sudah cukup menyakinkan kami bahwa Elden Ring akan lebih banyak terinspirasi dari gameplay Dark Souls daripada Bloodborne atau Sekiro. Menggandakan elemen RPG dari game sebelumnya yang populer dan tanpa kompromi tentang level kesulitan di game, ini merupakan sesuatu yang telah dikonfirmasi oleh Miyazaki.

Bahkan ketika dibandingkan dengan seri Dark Souls, penulis percaya game ini akan memberikan variasi yang lebih banyak dalam cara bagi pemain untuk mengatasi tantangan dan mengubah taktik mereka saat menghadapi musuh.”

Opsi kustomisasi yang beragam

elden ring

Di Elden Ring, From Software sekali lagi memberikan pemain kebebasan untuk membuat avatar karakter fantasi mereka sendiri dan juga bisa menyesuaikan setiap aspek dari penampilan mereka, serta gaya bertempur merek. Inilah yang dijanjikan Miyazaki.

“Sama seperti seri Dark Souls, Elden Ring memungkinkan pemain untuk merancang dan mengendalikan karakter unik mereka sendiri. Seperti yang saya katakan sebelumnya, game ini memberi fokus besar pada elemen RPG, dan kami pikir pendekatan ini paling sesuai dengan fokus itu.”

Namun, satu hal yang belum jelas apakah From Software akan menghadirkan mode multiplayer? Sebuah fitur yang sebelumnya absen di Sekiro.

Well, menurut pendapat kami mungkin saja. Bisa jadi hadirnya fitur ini akan memaksa From Software untuk melakukan perubahan agar sesuai dengan format open world yang diusung.


Era