Demo Parakacuk Dirilis, Bawa Nostalgia Tawuran Semasa SMK


Demo Parakacuk hadirkan tawuran rasa beat-em-up dengan banyak kearifan lokal. Apakah merepresentasikan game jadinya nanti?

Sebagai salah satu game yang masuk dalam daftar game Indonesia yang patut ditunggu kehadirannya di tahun 2021 ini, ekspektasi gamer terhadap Parakacuk bisa dibilang cukup besar. Banyak yang berharap game besutan Gamecom Team ini bisa mengobati rindu akan “kerasnya hidup” di masa SMK, seperti dari tawuran, persaingan antar geng, hingga kehidupan asmara. Ada juga yang menganggap bahwa game ini mirip dengan game Bully buatan lokal, namun dengan konten lokal.

Nah, di pertengahan Februari ini, rasa penasaran akan gameplay dari Parakacuk akhirnya sedikit terjawab. Yap, sekitar dua hari lalu, Gamecom Team sudah merilis versi demo dari Parakacuk yang bisa di-download secara gratis melalui halaman Steam resminya. Sebelum masuk ke pembahasan demo, kamu bisa simak dulu trailer dari Parakacuk untuk melihat sekilas seperti apa gameplay yang ditawarkan.

Parakacuk menempatkan dirimu sebagai Budi, seorang siswa yang baru saja pindah ke SMK 69 kota fiksi Jancuk City. Sebagai seorang siswa baru, tentu kehidupan Budi tidaklah mudah di sekolah tersebut. Apalagi, di sekolah tersebut sudah ada beberapa geng yang berseteru untuk memperebutkan siapa yang berhak menjadi penguasa. Tak terkecuali Budi, yang harus kamu bantu untuk menjadikan gengnya, Parakacuk untuk menjadi penguasa.

Gameplay Tawuran Beat-Em-Up

demo parakacuk

Sebagai Budi, kamu akan sering berhadapan dengan geng lain untuk baku hantam, baik menggunakan tangan kosong, maupun menggunakan alat-alat yang kamu temui seperti gir sepeda dan sapu. Gameplay game ini sendiri menganut sistem beat-em-up, namun terkadang jika kamu menemukan satu alat tertentu seperti sapu, gameplay-nya bisa berubah menjadi hack and slash.

Pertarungannya cukup menuntut ketangkasan tanganmu dan taktik untuk menentukan timing yang tepat, kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan. Jika kamu bertahan di saat yang tepat, maka kamu bisa melancarkan serangan spesial yang terkadang bisa langsung menghabisi lawanmu.

Bukan untuk Anak Kecil!

demo parakacuk

Satu hal yang pasti, Parakacuk bukan game untuk semua umur. Selain menghadirkan gameplay tawuran, game ini juga banyak berisi konten dialog yang mengandung umpatan dan sumpah serapah. Bahkan di tutorial pun, game ini bisa menggugah emosi lewat kata-kata yang digunakannya!

Mungkin kata-kata umpatan dan sumpah serapah dalam bahasa Inggris sudah sering kamu temui di game-game dewasa macam GTA. Namun, coba deh ubah bahasanya ke bahasa Indonesia, atau bahasa Jawa (ya, ada opsi bahasa Jawa di game ini!). Kamu akan mendengarkan banyak umpatan-umpatan yang bakal lebih terdengar umum di telingamu. Jadi, jangan mainkan game ini bersama adikmu yang masih di bawah umur ya!

Masih Sangat Awal

demo parakacuk

Apakah demo ini bisa merepresentasikan game jadinya nanti? Jika pertanyaan itu dilemparkan ke penulis, maka penulis sangat berharap game-nya nanti jauh lebih bagus. Bukan tanpa alasan, karena memang versi demo ini masih memiliki banyak kekurangan dan jauh dari ekspektasi nuansa “tawuran SMK” yang diharapkan oleh penulis. Jika ingin menampilkan nuansa tawuran, mungkin pace pertarungannya terasa sedikit lebih lambat dan taktis. Beda dengan kebanyakan tawuran di dunia nyata yang terkesan cepat dan tidak perlu “mikir” akan menyerang ke mana dan ke siapa.

Beberapa bug juga masih terlihat, seperti saat kita mengubah resolusi layar atau mengubah dari full screen menjadi window, beberapa teks akan terlihat terpotong. Lalu konsistensi juga ada sedikit masalah, terutama di menu Setting, dimana tidak ada keseragaman tombol setting on-off. Ada pilihan yang tombol on ditandai dengan ke kanan, ada juga yang on-nya malah ke kiri. Belum lagi sensitivitas gerakan default-nya yang terlalu smooth. Gerak mouse atau analog sedikit saja, tubuh Budi bisa memutar hampir 360 derajat. Tapi ini bisa kamu atur di menu setting kok.

Sangat terasa demo ini masih tahap awal. Namun, masih ada delapan bulan sebelum jadwal rilis yang bisa dimanfaatkan developer untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya feedback agar game ini hadir sesuai dengan ekspektasi. Parakacuk sendiri rencananya akan dirilis tanggal 29 Oktober 2021 mendatang.

Unduh demo Parakacuk: PC (Steam)