10 Game Indonesia yang Patut Ditunggu di 2021


Yang menarik, ada beberapa judul game Indonesia yang patut ditunggu ini sudah menyediakan demonya dan bisa di-download secara gratis. Cicipi yuk!

Tahun 2020 bisa dibilang jadi salah satu tahun terbaik di industri game Indonesia. Bukan hanya banyak game berkualitas yang dirilis (kamu bisa simak rekomendasi 5 game terbaik versi kami di sini), akan tetapi beberapa game tersebut juga mendapatkan pengakuan dari dunia lewat penghargaan, ataupun liputan di media internasional.

Bagaimana dengan tahun 2021? Selama setahun kemarin ada banyak game baru yang dikonfirmasikan tengah dalam pengembangan. Artinya, banyak dari judul tersebut yang besar kemungkinan akan rilis tahun 2021 ini. Berikut 10 game Indonesia yang patut ditunggu di 2021 versi Gimbot.

1. Faerie Afterlight (Clay Game Studio)

Platform: PC/Xbox One/PS4/Nintendo Switch

Bagi kamu yang gemar dengan game-game side scrolling dengan visual yang memanjakan mata ala Child of Light atau Ori and the Blind Forest, maka Faerie Afterlight ini bisa jadi pilihanmu. Game besutan developer asal Malang ini menghadirkan gameplay side scrolling metroidvania dengan beberapa improvisasi seperti memanipulasi musuh agar menjadi kawan dalam menyelesaikan petualangan serta lingkungan yang interaktif sehingga tidak ada jalan buntu yang menghambat petualanganmu. Bagi yang penasaran, game ini sudah menyediakan demonya di Steam.

2. Escape From Naraka (XELO Games)

Platform: PC

Nama Xelo Games memang terdengar masih baru. Namun jangan salah, studio ini berisi nama-nama yang sudah veteran di industri game Indonesia. Escape from Naraka adalah proyek pertama mereka, sebuah game action platformer dengan grafis 3D. Oiya jangan lupakan juga, game ini menghadirkan banyak konten yang terinspirasi dari budaya Bali, mulai dari desain level, monster hingga tantangan-tantangan yang ada di dalamnya. Game ini juga sudah menyediakan demonya di Steam yang bisa kamu download secara gratis.

3. Potion Permit (MassHive Media)

Platform: PC/Xbox One/PS4/Nintendo Switch

Dalam Potion Permit, kamu akan berperan sebagai seorang alkemis di Moonburry. Tugasmu adalah untuk menyembuhkan warga desa dari penyakit yang mereka derita, dengan cara membuat obat-obatan sesuai dengan penyakitnya. Temui warga yang sakit, identifikasi penyakitnya dari gejala-gejala yang diderita, lawan monster atau pergi ke hutan untuk mencari bahan-bahan untuk obat, dan ramu obat untuk menyembuhkan warga yang sakit tersebut. Bukan cuma itu, kamu juga masih memiliki waktu bebas untuk mengeksplorasi kota dan berinteraksi dengan warga-warganya.

4. Coral Island (Stairway Games)

Platform: PC

Coral Island datang dari Stairway Games, studio yang berbasis di Yogyakarta. Game ini sudah banyak diperbincangkan di industri game Indonesia sejak tahun lalu, dan dalam waktu dekat akan menggelar kampanye Kickstarter-nya. Mirip dengan Harvest Moon, bercocok tanam adalah kegiatan utamamu di pulau Coral yang menjadi setting tempat game ini. Kamu bukan hanya bercocok tanam, akan tetapi juga memelihara ternak, bersosialisasi dengan warga, hingga menikahi salah satu 16 jomblowan/jomblowati dan tentu saja membangun keluarga bersamanya.

5. A Space for the Unbound (Mojiken Studio)

Platform: PC/Xbox One/PS4/Nintendo Switch

Ingin tahu bagaimana suasana Indonesia di era 90an? Maka A Space For The Unbound ini cocok untukmu. Nuansa tahun 90an semakin kental dengan balutan pixel art yang cukup memanjakan mata. Bagi kamu yang suka dengan game yang mengutamakan story, maka game ini cocok buatmu. Gameplay yang ditawarkan cukup simpel: eksplorasi kota, berbicara dengan warga, dan selesaikan puzzle yang ada untuk mengetahui dan memecahkan masalah mereka. Game ini juga sudah menyediakan versi demonya yang bisa kamu download di Steam.

6. Kitaria Fables (Twin Hearts Studio)

Platform: PC/Xbox/PlayStation/Nintendo Switch

RPG dikombinasikan dengan simulasi, plus kucing dan hewan-hewan lucu sebagai karakter utama? Kitaria Fables jawabannya! Di sini kamu bukan hanya berperan sebagai pahlawan yang harus menjaga kedamaian dari kekuatan jahat, namun kamu juga bisa berinteraksi dengan warga lain, bercocok tanam untuk menyambung hidup, serta mencari bahan-bahan untuk membuat senjata dan armor yang lebih kuat lagi. Bagi kamu yang sebelumnya suka dengan Cat Quest, bisa jadi Kitaria Fables ini salah satu judul yang harus masuk wishlist-mu!

7. Samudra (Khayalan Arts)

Platform: PC

Sekilas melihat trailer-nya saja, penulis langsung kepincut dengan grafisnya yang terlihat memanjakan mata. Samudra adalah judul debut dari Khayalan Arts, yang akan mengajakmu untuk menjelajah lautan dalam dan bertemu makhluk-makhluk di dalamnya. Berbagai macam puzzle juga akan kamu temui di game ini. Dan yang menarik, game ini direncanakan akan tanpa dialog sama sekali. Jadi, pemain akan diberi kebebasan untuk menginterpretasikan apa kisah dari game ini sebenarnya. Penasaran kan?

8. Action Time (Freemergency)

Platform: PC

Sukses dengan game multiplayer Retrograde Arena, Freemergency siap kembali menggebrak lewat Action Time. Melihat sekilas trailer-nya, mungkin kamu akan teringat dengan Hotline Miami. Namun yang membuat game ini berbeda adalah kamu bisa kembali memutar kembali (rewind) waktu jika kamu gagal atau tewas dalam menjalankan misi. Kehadiran fitur ini tentu bisa menggelitik kreatifitas pemain mengenai bagaimana menyelesaikan sebuah misi dengan jumlah rewind sesedikit mungkin.

9. Parakacuk (Gamecom Team)

Platform: PC

Usai merilis A Day Without Me yang merupakan debut mereka, Gamecom Team siap meramaikan kembali industri game Indonesia lewat Parakacuk. Di game ini, kamu akan berperan sebagai Budi yang baru saja pindah sekolah. Ternyata di sekolah yang baru, terdapat persaingan antar geng untuk menentukan siapa geng terbaik di sekolah tersebut. Nah, dalam game bergenre action adventure ini, kamu sebagai Budi harus memimpin gengnya Parakacuk untuk menjadi geng terhebat di sekolah tersebut.

10. My Lovely Wife (GameChanger Studio)

game indonesia yang patut ditunggu di 2021

Platform: PC

Sukses dengan My Lovely Daughter yang meraih lebih dari 700 review di Steam (dan mendapat status Mostly Positive), GameChanger Studio kembali menyiapkan judul lain untuk seri My Lovely milik mereka lewat My Lovely Wife. Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai Jake yang kehilangan istrinya. Jake memiliki pilihan untuk menghidupkan istri yang dicintainya tersebut kembali, namun dengan cara men-summon succubus, “memeliharanya”, lalu membunuhnya sebagai jalan untuk membangkitkan kembali jiwa istri tercintanya. Versi demo dari game ini juga sudah bisa kamu download secara gratis di Steam.

Dari 10 game Indonesia yang patut ditunggu di atas, mana nih yang paling bikin kamu tidak sabar untuk memainkannya?