Dead by Daylight Dapatkan Konten Kolaborasi dengan Silent Hill!

Silent Hill masih hidup! Meski bukan berwujud sekuel atau remake, kolaborasi ini menunjukkan Konami belum lupa pada franchise horor tersebut.


Silent Hill masih hidup! Mungkin itulah yang ingin diungkapkan oleh Konami lewat konten kolaborasi ini. Konami dan Behavior Interactive baru saja mengumumkan bahwa game horor Dead by Daylight akan segera mendapatkan DLC baru yang berisi konten-konten dengan tema Silent Hill. DLC ini sekaligus juga menjadi momen peringatan untuk ulang tahun Dead by Daylight yang keempat.

Silent Hill menjadi Chapter ke-16 dari Dead by Daylight, dan akan mencakup tiga konten utama. Pertama adalah karakter Killer baru, yaitu The Executioner atau yang lebih dikenal dengan nama Pyramid Head dari Silent Hill 2. Kedua adalah karakter Survivor baru yaitu Cheryl Mason yang merupakan tokoh utama Silent Hill 3. Ketiga adalah map baru, Midwich Elementary School yang diambil dari Silent Hill pertama.

Kalau kamu belum pernah main Dead by Daylight dan tak paham istilah-istilah di atas, pada dasarnya Chapter adalah sebutan untuk paket DLC di game ini, biasanya dirancang berdasarkan film atau game horor populer lain. Beberapa Chapter yang pernah dirilis sebelumnya mencakup bundel DLC Stranger Things, A Nightmare on Elm Street, Ash vs Evil Dead, dan masih banyak lagi.

Dead by Daylight sendiri adalah sebuah game horor multiplayer asimetris, artinya game ini dimainkan oleh tim yang memiliki komposisi tidak seimbang. Satu tim terdiri dari 4 orang Survivor harus berusaha bertahan hidup, sementara tim lawannya yang terdiri dari 1 orang Killer harus berusaha menghabisi para Survivor. Menariknya lagi, tim Survivor bermain dengan sudut pandang third-person, sementara Killer di sudut pandang first-person, jadi feel permainannya akan jauh berbeda.

Konsep gameplay yang unik serta dukungan beragam konten dari developer berhasil membuat Dead by Daylight sukses besar. Kabarnya, di tahun 2019 game ini telah terjual lebih dari 5 juta kopi, dan dengan penambahan konten Silent Hill ini bisa ditebak bahwa Dead by Daylight bakal jadi lebih populer lagi. Dead by Daylight – Silent Hill Chapter direncanakan terbit pada bulan Juni 2020.

Untuk para penggemar Silent Hill, kolaborasi ini jadi tanda bahwa Konami masih menjaga agar franchise horor tersebut tetap hidup. Beberapa waktu lalu Konami telah membantah rumor yang beredar tentang pembuatan Silent Hill baru, tapi mereka masih terbuka pada kemungkinan membangkitkan franchise ini lagi. Siapa tahu, apabila Dead by Daylight – Silent Hill Chapter cukup populer, Konami bisa tergerak untuk menciptakan sekuel baru Silent Hill.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.