Daftar Game Eksklusif di Xbox One yang Harus Kamu Mainkan


Xbox One memiliki game shooter dan racing terbaik. Lihat daftar lengkap game ekslusif Xbox One berikut ini!

Microsoft memang tidak memiliki sederetan game eksklusif Xbox One yang sangat populer layaknya di PS4 yang terkenal dengan God of War, Uncharted, The Last of Us, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 7 Alasan Kenapa Xbox One Lebih Baik dari PS4

Terlebih, beberapa game eksklusif di Xbox One juga dapat dimainkan di Windows tanpa harus berlangganan Xbox Live Gold yang terkadang membuat beberapa orang berpikir lebih baik bermain di PC dibanding di Xbox.

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan tersebut sederhana. Dengan Xbox, kamu dapat memainkan game dengan grafik yang sudah diatur ke versi maksimal tanpa harus repot memikirkan berbagai macam hardware tambahan.

Terkait game eksklusif, Microsoft juga memiliki DNA gamenya sendiri. Jika kamu ingin memainkan game shooter dan racing dan mendapatkan pengalaman terbaik, kamu bisa menemukannya di Xbox One.

Berikut beberapa daftar game eksklusif terbaik yang dapat kamu mainkan di Xbox One:

Action

Ashen

Developer: A44 | Rilis: 7 Desember 2018

Ashen menceritakan kisah seseorang yang mencari rumahnya di dunia tanpa matahari. Kamu dapat melakukan eksplorasi, bekerja sama atau bertarung dengan pemain lainnya, hingga melawan monster.

Ashen memiliki gameplay yang mirip dengan King’s Quest serta perpaduan dengan DayZ. Kemampuan karakter milikmu bergantung pada senjata dan peralatan yang dapat kamu temukan atau buat secara manual.

Quantum Break

Developer: Remedy Entertainment | Rilis: 5 April 2016

Quantum Break adalah salah satu game fenomenal dari Remedy Entertainment selain Alan Wake. Fokus permainan ini adalah pada time travel karena Microsoft menginginkan properti intelektual baru dengan elemen interactive storytelling.

Kamu akan bermain sebagai Jack Joyce, yang memiliki kekuatan untuk memanipulasi waktu dan membuatnya berhenti kecuali Joyce. Semuanya bermula saat ia berselisih dengan mantan temannya, Paul Serene tentang bagaimana menghadapi kiamat waktu bernama “End of Time”.

Sunset Overdrive

Developer: Insomniac Games | Rilis: 28 Oktober 2014

Game ini memiliki setting waktu pada tahun 2027, di kota metropolitan fiksi bernama Sunset City. Kamu akan memerankan seorang karyawan FizzCo yang harus melawan OD (Overcharge Drinkers), manusia yang telah berubah menjadi mutan setelah minum minuman energi FizzCo.

Kamu dapat berjalan di dinding, bergelayutan menggunakan zipline, dan memanfaatkan rel untuk berpindah tempat dengan cepat sambil menembakkan senjata kepada musuh.

Action-Adventure

Crackdown 3

Developer: Sumo Digital | Rilis: 15 Februari 2019

Sepuluh tahun setelah Crackdown 2, serangan teroris dari sumber yang tidak dikenal menebarkan teror di seluruh dunia. The Agency dikerahkan ke kota New Providence yang ternyata dalang dibalik semuanya. Kota ini dikuasai oleh organisasi misterius Terra Nova yang dipimpin oleh Elizbeth Niemand.

Tugasmu adalah menggerakkan Commander Issiah Jaxon (Terry Crews) dan pasukannya untuk menghabisi Terra Nova dengan menghancurkan fasilitas mereka. Kamu dapat menggunakan berbagai senjata mulai dari rifle, granat, dan peluncur roket, serta kekuatan super power dari masing-masing karakter.

Sea of Thieves

Developer: Rare | Rilis: 20 Maret 2018

Sea of Thieves memungkinkan kamu untuk bermain sebagai bajak laut yang mengarungi luasnya lautan di dunia baik secara solo atau squad hingga empat pemain.

Beberapa aktivitas bajak laut yang dapat dilakukan adalah menyetir kemudi haluan kapal, mengangkat layar untuk navigasi, hingga menembakkan meriam. Bahkan kamu dapat mencari harta karun dan bertempur dengan bajak laut lainnya.

— Fighting —

Killer Instinct

Developer: Double Helix Games | Rilis: 22 November 2013

Game ini merupakan reboot dari seri Killer Instinct dan merupakan game fighting satu lawan satu layaknya Street Fighter dan juga terinspirasi dari Mortal Kombat.

Yang membedakan dengan game lain adalah setiap pemain akan memiliki double energy bar, automatic combos, ultra combos, hingga combo breaker. Jangan lupakan instinct mode yang akan mengaktifkan insting serangan untuk menyerang lawan dengan style yang berbeda.

— Platforming

Ori and The Blind Forest

Developer: Moon Studios | Rilis: 11 Maret 2015

Kamu akan memainkan Ori, roh penjaga putih dan Sein sebagai cahaya dan mata dari Forest’s Spirit Tree dengan menyelesaikan teka-teki dan bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Ori dapat melompat, memanjat, dan menggunakan kemampuan lain untuk berpindah tempat. Sein dapat menembakkan Flames Spirit untuk menyerang musuh atau menghancurkan rintangan.

Racing

Forza Horizon 4

Developer: Playground Games | Rilis: 2 Oktober 2018

Forza Horizon 4 mengusung game balapan yang mengambil lokasi berdasarkan representasi fiksi dari Inggris. Terdapat lebih dari 450 mobil berlisensi yang dapat kamu mainkan. Setiap server mendukung hingga 72 pemain. Game ini juga dapat dimainkan dalam mode offline.

Permainan ini memiliki sistem cuaca dinamis di mana cuaca lingkungan akan berubah tergantung pada musim. Misalnya, Derwentwater akan membeku di musim dingin dan memungkinkan kamu untuk mengemudi di atas es untuk mencapai area yang tidak dapat diakses selama musim lainnya.

Forza Motorsport 7

Developer: Turn 10 Studios | Rilis: 3 Oktober 2017

Forza Motorsport 7 adalah game balapan dari seri Forza yang menampilkan lebih dari 700 mobil, termasuk mobil Forza Edition baru, dari Forza Horizon 3.

Kamu dapat mencoba mengemudikan semua mobil keren mulai dari 3 Camry NASCARs, Eagle MkIII, Truk Arktik Hilux, Truk Trofi Toyota T100 SR5 dan Subaru BRZ. Bahkan jika kamu penyuka mobil kodok, kamu dapat mengendarai beberapa model dari Volkswagen.

Shooter

Gears of War 4

Developer: The Coalition | Rilis: 11 Maret 2014

Kali ini, seri Gears of Wars berfokus pada JD Fenix, putra dari Marcus Fenix dan Anya Stroud, bersama teman-temannya Delmont Walker dan Kait Diaz. Gears of War 4 terjadi 25 tahun setelah peristiwa Gears of War 3.

Sebelumnya, musuh bebuyutan umat manusia, Locust berhasil dilenyapkan dengan senjata Imulsion Countermeasure. Tetapi mereka tidak mati, tubuh mereka mengalami metamorfosis dan berkembang menjadi Swarm. Selain Swarm, JD Fenix dan Marcus juga harus berhadapan dengan badai angin bernama Windflares.

Halo: The Master Chief Collection

Developer: Bungie, 343 Industries | Rilis: 11 November 2014

Tidak bisa dipungkiri, seri Halo adalah salah satu game shooter terbaik sepanjang masa yang pernah ada. Halo: Master Chief Collection adalah kompilasi seri Halo mulai dari Halo: Combat Evolved Anniversary, Halo 2 Anniversary, Halo 3, dan Halo 4.

Game ini berpusat pada cerita mengenai perang interstellar antara manusia yang diwakili oleh Master Chief John-117, salah satu dari kelompok supersoldier yang diberi nama Spartan dan aliansi alien yang dikenal sebagai The Covenant.

Halo 5: Guardians

Developer:  343 Industries | Rilis: 11 Maret 2014

Plot seri Halo kali ini mengikuti dua fireteam supersoldier: Blue Team, dipimpin oleh Master Chief dan Fireteam Osiris, dipimpin oleh Spartan Locke. Untuk pertama kalinya, Halo 5: Guardians dimainkan dengan mode kamera third-person.

Kamu akan bermain menggunakan armor MJOLNIR bertenaga dari Spartan yang memiliki kemampuan perisai deflektor untuk mengurangi sekaligus melindungi pemakainya dari tembakan senjata musuh.

Titanfall

Developer: Respawn Entertainment | Rilis: 11 Maret 2014

Di Titanfall, kamu bermain sebagai “pilot” yang dapat menggunakan robot Titan untuk bertarung dengan pemain lainnya dengan setting lokasi dan kisah mengenai koloni luar angkasa yang sedang dilanda perang.

Yang menarik, saat game ini dirilis, Titanfall memberikan warna baru bagi game FPS dengan memberikan pengalaman bermain multiplayer online sebagai adalah mode permainan utama. Tetapi memiliki elemen single-player seperti plot, dialog karakter, and NPC.

— Survival —

State of Decay 2

Developer: Undead Labs | Rilis: 22 Mei 2018

Seri State of Decay yang mengusung genre open world zombie survival bisa dibilang sebagai salah satu game zombie apocalypse terbaik yang pernah ada karena menggambarkan bagaimana pentingnya bertahan hidup dengan membangun sebuah komunitas.

Ada banyak sekali pembaruan di State of Decay 2 yang tidak ada di sekuel sebelumnya seperti mode co-op multiplayer, blood plague sebagai wabah menular, dan legacy mission sebagai misi utama sesuai dengan pilihan leader di dalam komunitasmu yang akan membawamu ke narasi cerita dan gameplay yang berbeda.

Itu dia daftar game eksklusif di Xbox One yang dapat kamu mainkan? Mana yang menjadi favoritmu?


Chipsman

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.