7 Alasan Kenapa Xbox One Lebih Baik dari PS4


Ada banyak alasan kenapa Xbox One lebih baik dari PS4 mulai dari layanan online stabil, dan dukungan memainkan game-game lawas.

Microsoft sukses menancapkan taringnya di industri game dengan merilis Xbox One pada November 2013 lalu sebagai penerus dari Xbox 360 dan sebagai console ketiga dalam keluarga Xbox.

BACA JUGA: 5 Bos Paling Menyebalkan di Cuphead

Hal ini membuktikan bahwa Sony tidak akan sendiri lagi dalam menguasai pasar video game terutama di era current generation consoles. Meskipun Sony telah berjalan lebih duluan, tetapi tidak diragukan lagi bahwa Microsoft adalah rival abadinya.

Jika melihat statistik penjualan, PS4 memang di atas angin tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak sekali gamer terutama di Indonesia yang memainkan Xbox.

Selain itu, Xbox juga memiliki kelebihan mulai dari memiliki beberapa genre game terbaik, koneksi layanan online yang stabil, dan kemampuan dukungan untuk tetap memainkan game-game lawas.

Berikut tujuh alasan yang membuat Xbox One lebih baik dari PS4.

1. Koneksi Xbox Live Gold yang stabil

Xbox Live Gold adalah metode berlangganan di Xbox yang memungkinkan kamu dapat memainkan game secara online multiplayer bersama gamer lainnya. Harganya dibanderol sebesar $60 atau Rp846.120 (hitungan kurs saat artikel ini ditulis) dan berlaku selama satu tahun.

Dengan Xbox Live Gold, kamu dapat menikmati fitur seperti online gaming, matchmaking, private chat, party chat, dan in-game voice di Xbox.

Selain itu, ada juga Games with Gold di mana kamu akan mendapatkan empat game secara gratis setiap bulannya yang terdiri dari dua game di Xbox One dan dua game di Xbox 360. Game ini akan disimpan di library menggunakan teknologi cloud computing.

Yang terpenting, Xbox Live Gold memiliki koneksi yang sangat stabil. Berdasarkan IHS Market study, Xbox One memiliki network yang sangat andal mulai dari login, matchmaking multiplayer, dan social experience dibanding PSN di PS4 Pro untuk lima judul game favorit yang berbeda.

2. Dukungan Backward Compatibility

Xbox Live Gold sendiri memiliki kelebihan, yaitu kemampuan backward compatibility yang dapat memainkan semua judul game. Tidak hanya itu, backward compatibility ini juga memungkinkan kamu memainkan game Xbox original.

PlayStation Plus menawarkan lebih banyak game, yaitu enam game gratis setiap bulannya untuk PS4. PS3, dan PS Vita. Sayang, tidak semua judul game PS3 dan PS Vita tersedia di PS4 dan layanan ini sudah dihentikan.

Bahkan jika kamu ingin bermain game PS3 di PS4, kamu harus berlangganan PlayStation Now yang memungkinkan kamu mengakses game library lawas seharga $20 per bulan.

3. Xbox Game Pass = layanan berlangganan game terbaik

Xbox Game Pass adalah layanan berlangganan yang mirip seperti Netflix yang harus dibayarkan tiap bulannya. Sederhananya, dengan berlangganan, kamu dapat mengakses semua katalog game library xbox.

Jika kamu berlangganan Game Pass, trial untuk bulan pertamanya hanya $1 (Rp.14.143). Sedangkan, harga normal berlangganan Xbox Game Pass setiap bulan adalah $9.99. Jadi, setelah trial bulan pertama, bulan berikutnya kamu akan dikenakan sebesar Rp141.288.

Tetapi menjelang season sale, biasanya kamu dapat berlangganan Xbox Game Pass selama 3 bulan hanya dengan $1.

Xbox Game Pass sendiri memiliki cukup banyak pelanggan di Indonesia, berbeda dengan PS Now yang memiliki harga lebih mahal dan tidak begitu populer di Indonesia.

4. Penyimpanan cloud yang memuaskan

Xbox menyimpan semua data kamu ke cloud yang membuat kamu dapat memainkan game di Xbox dari mana saja dan tanpa batas.

Jika kamu ingin mendapatkan online storage cloud di PS4, kamu harus berlangganan PlayStation Plus ($60 atau Rp350.000 per tahun). Tetapi, kamu hanya dibatasi hingga 10GB.

Hal ini menjadi keunggulan , terlebih Microsoft sedang mengerjakan Project xCloud yang memungkinkan semua gamer dapat memainkan game Xbox dari perangkat apa saja, kapan saja, dan di mana saja.

5. Main di mana saja dengan Xbox Play Anywhere

Bosan memainkan game dengan hanya duduk di depan televisi sambil memegang controller? Dengan Xbox Play Anywhere, kamu dapat memainkan game baik di Xbox dan Windows 10 hanya dengan sekali membeli.

Beberapa judul game blockbuster seperti Gears of War 4 dan Forza Horizon 3 memberikan pengalaman bermain kepadamu lebih jauh lagi yang mengizinkan kamu dapat langsung memainkannya dari Xbox atau PC.

6. Tempat terbaik bagi game shooter dan racing

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman bermain game shooter dan racing terbaik, kamu dapat menemukannya di Xbox.

Xbox memiliki sederetan game eksklusif seperti seri Gears of War dan Halo untuk game shooter dan seri Forza Horizon dan Forza Motorsport untuk game racing.

Selain game eksklusif, Xbox juga mendukung game dari third-party seperti Call of Duty, Destiny dan Battlefield yang akan menambah pengalaman bermain shooter dan racing lebih maksimal.

7. Masuki dunia game tanpa batas di EA Access

Jika kamu adalah seorang penggemar dan pecinta sejati dari game dengan genre sport dan action seperti Madden, FIFA dan Battlefield, Xbox adalah tempat terbaik untuk semua itu.

Xbox memiliki fitur ekslusif bagi pecinta game dari EA bernama EA Access. Biaya berlangganannya sebesar $30 per tahun atau $5 per bulan.

Kamu juga akan mendapatkan diskon sebanyak 10 persen jika membeli game EA tersebut dan berkesempatan melakukan uji coba pra-rilis dari beberapa game yang akan dirilis.

Itu dia beberapa alasan yang membuat Xbox One lebih baik dari PS4. Gimana menurut kamu?


Chipsman

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.