Cyberpunk 2077 Hadirkan Fitur Khusus bagi Streamer Terkait Copyright


Copyright memang selalu jadi momok yang menakutkan bagi para streamer.

cyberpunk-2077-streamer-0

Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh semua gamer dan streamer pada game Cyberpunk 2077 adalah bagaimana status copyright musik yang ada di dalamnya?

Apakah jika merekam atau melakukan live streaming nantinya akan mendapatkan masalah seperti copyright strike terkait musik yang diputar saat bermain game dan termasuk pelanggaran hak cipta?

BACA JUGA: Game Star Wars: Starfighter Missions Telah Dirilis

Sejatinya, copyright strike adalah masalah yang sangat ditakuti oleh semua streamer karena video yang terkena peringatan ini tidak akan bisa dimonetisasi. Yang paling parah, videomu bahkan bisa langsung menghilang baik di platform seperti Twitch atau YouTube.

Melihat permasalahan ini, CD Projekt Red memberikan opsi fitur yang memudahkan para streamer untuk memainkan Cyberpunk 2077 tanpa masalah. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan pelanggaran hak cipta dari musik yang disiarkan atau direkam.

Fitur ini nantinya tidak akan mematikan musik selama permainan berlangsung. Sebaliknya, musik tersebut akan digantikan dengan musik lainnya yang bebas dari copyright strike selama streaming.

Opsi fitur ini juga akan secara otomatis aktif jika kamu melakukan streaming menggunakan console baik dari PS4 dan Xbox One dan akan muncul sebagai opsi yang bisa kamu diaktifkan atau tidak untuk versi PC.

Setidaknya, terdapat lebih dari 150 lagu di radio Night City. Jadi kamu tidak akan kekurangan trek lagu untuk didengarkan. Soundtrack di Cyberpunk 2077 sendiri juga menampilkan lagu-lagu dari artis terkenal seperti Grimes, Rat Boy, dan Run the Jewels, dan drummer veteran dari Nine Inch Nails dan Angels & Airwaves Ilan Rubin.

Bagaimana menurutmu, apakah dengan adanya fitur ini akan memudahkan streamer untuk melakukan live streaming tanpa terkena masalah nantinya?

Cyberpunk 2077 sendiri akan dirilis pada tanggal 10 Desember 2020 mendatang untuk PS4, Xbox One, Google Stadia, dan PC. Kabar baiknya, game ini juga akan hadir pada versi next-gen dengan grafis yang telah ditingkatkan.


Arya Adhitya

Game Enthusiast yang jatuh cinta dengan dunia industri gim dan game development. Gim favorit yang dimainkan adalah Gears of Wars, State of Decay, Warframe, The Uncharted.