Equip Kamu “Cupu”? Ini Berbagai Cara Upgrade Weapon Ragnarok M: Eternal Love


Upgrade weapon atau meningkatkan senjata, sudah menjadi hal lumrah di berbagai gim RPG. Tidak terlepas Ragnarok M juga memiliki sistem upgrade weapon ini.

Ragnarok M memiliki sistem upgrade weapon-nya sendiri. Pada umumnya, upgrade dilakukan di Blacksmith, yaitu NPC penempa senjata atau armor untuk meningkatkan kemampuan item equip tersebut.

Ragnarok M memiliki berbagai macam jenis upgrade untuk setiap item-nya. Seperti apakah itu? Yuk cek di sini!

BACA JUGA: Big Cat Credit Card? Apa Gunanya di Ragnarok M: Eternal Love?

1. Refinement

weapon upgrade

Refinement Attack, berbeda dengan Attack biasa. Refinement Attack sifatnya pure damage atau jenis damage yang benar-benar murni tanpa dikurangi oleh jumlah defense musuh.

Refinement membutuhkan item material yang bernama Oridecon. Jumlah kebutuhan Oridecon meningkat sesuai tingkat Refinement yang telah dilakukan.

Jangan berharap Refinement berjalan mulus 100%, sebab kamu bisa saja gagal dalam melakukan Refinement, jika senjata kamu sudah memiliki +4 Refinement.

Tenang, kamu bisa kok melakukan Refinement 100% berhasil melalui metode Safe. Hanya saja kamu butuh bahan lebih banyak untuk melakukan Refinement secara aman ini.

2. Enhancement

weapon upgrade

Berbeda dengan Refinement. Enhancement adalah cara untuk menambah nilai attack dasar. Biasanya peningkatan nilai attack tidak begitu besar dan mengikuti level kamu, yang artinya kamu bisa melakukan Enhancement item equip setinggi maksimal level kamu.

Enhancement tidak membutuhkan material apa-apa kecuali zeny yang kamu miliki. Kamu juga tidak perlu khawatir gagal, sebab Enhancement 100% pasti akan berhasil.

3. Enchantment

weapon upgrade

Eh lihat ini beda lho ya dengan Enhancement. Enchantment bukanlah peningkatan atribut yang telah ada di item equip kamu, melainkan penambahan atribut tertentu secara acak kepada equip yang kamu miliki.

Cara melakukan Enchantment cukup berbeda caranya. Kamu bukan datang ke NPC blacksmith, melainkan datang ke satu NPC kucing enchanter di kota Geffen di arah jam 12.

Untuk melakukan Enchantment, kamu harus menjalankan misi dari kucing tersebut terlebih dahulu. Terdapat 3 jenis Enchantment, Beginner Enchantment, Intermediate Enchantment dan Advanced Enchantment.

Semakin tinggi Enchantment, semakin tinggi pula status atribut yang didapat, serta semakin banyak pula bahan yang dibutuhkan.

Untuk melakukan Enchantment, kamu membutuhkan sejumlah zeny dan Mora Coin, sesuai tingkat Enchantment yang kamu lakukan.

4. Upgrade Tier

weapon upgrade

Satu lagi adalah melakukan Upgrade Tier. Cara ini hanya berlaku untuk item-item equip tertentu saja, seperti contohnya item senjata Gakkung Bow yang bisa di upgrade tier-nya hingga menjadi item yang berbeda, yang bernama Malang Crab Bow.

Ketika dilakukan upgrade tier, kamu bukan datang ke NPC blacksmith, tapi bisa langsung upgrade melalui menu inventory kamu.

Hanya saja, ketika akan dijadikan item baru, kamu harus datang ke NPC tertentu untuk melakukan upgrade tier senjata tersebut.

Sedikit catatan, tidak hanya senjata saja yang memiliki sistem seperti ini. Item lainnya pun, sepertiĀ armor dan aksesorisĀ juga memiliki sistem seperti ini.


Nah itu dia berbagai cara untuk melakukan Upgrade Weapon yang ada di Ragnarok M: Eternal Love. Nanti jangan bingung lagi ya ketika akan melakukan upgrade weapon!


Like it? Share with your friends!

Rizal Ziz