Azure Striker Gunvolt 3 Akan Dirilis di Switch, Muncul Jagoan Baru Lagi!

Inti Creates dan Keiji Inafune kembali berkolaborasi, kali ini Gunvolt ditemani gadis bernama Kirin yang mampu menyegel kekuatan magis!


Azure Striker Gunvolt saat ini sudah berkembang menjadi seri game action 2D yang populer dan unik. Awalnya dianggap sebagai “penerus spiritual” dari seri Mega Man Zero, makin ke belakang Gunvolt semakin memiliki ciri khas sendiri yang tak akan kita temukan di game lainnya. Latar belakang futuristik namun mistis, cerita epik dengan bumbu teen angst, serta elemen musik J-Pop yang terintegrasi dengan gameplay, adalah beberapa hal yang membuat seri Gunvolt sangat berkesan.

BACA JUGA: Sang Petir Biru Kembali! Azure Striker Gunvolt 2 Segera Dirilis di Steam

Azure Striker Gunvolt 2 dirilis pada tahun 2016, dan telah mendapat port ke berbagai platform seperti PS4, Switch, serta PC. Kini setelah penantian selama empat tahun, Inti Creates akhirnya merilis sekuel baru yang meneruskan cerita Gunvolt, yaitu Azure Striker Gunvolt 3. Game ini baru dikabarkan akan rilis untuk Nintendo Switch saja, namun tidak menutup kemungkinan juga muncul di platform lain nantinya.

Perubahan besar pertama yang bisa kamu lihat dalam Azure Striker Gunvolt 3 adalah kemunculan tokoh utama baru. Setelah sebelumnya kita melihat cerita Copen yang merupakan rival Gunvolt, kini Inti Creates menghadirkan jagoan baru bernama Kirin. Ia adalah seorang gadis penjaga kuil yang memiliki senjata pedang serta jimat (talisman) yang dapat dilempar.

Meski memiliki senjata jarak dekat, bukan berarti kita bisa langsung asal bacok seperti Zero di seri Mega Man. Khas gameplay seri Azure Striker Gunvolt, Kirin tetap harus menggunakan proyektilnya untuk melakukan “tagging” dan memberi tanda pada musuh. Pedang miliknya kemudian berfungsi sebagai pemberi damage pada musuh yang telah ditandai, mirip dengan kemampuan petir (Flashfield) milik Gunvolt.

Menariknya, pedang ini juga punya fungsi lain yaitu untuk menangkis proyektil milik lawan. Beda dari Gunvolt atau Copen yang mampu bergerak sangat cepat, Kirin justru lebih lambat, namun pedangnya itu memberikan keahlian bertahan yang lebih baik. Kirin tampaknya juga memiliki kekuatan petir semacam Gunvolt, sesuai dengan namanya yang diambil dari hewan legenda pengendali petir. Inti Creates mengatakan bahwa Kirin memiliki keahlian khusus yang dapat menyegel kekuatan magis milik orang lain.

Sama seperti dua game sebelumnya, Inti Creates kembali menggandeng Keiji Inafune (kreator Mega Man X dan Mega Man Zero) untuk berkontribusi sebagai action supervisor. Inafune dan Inti Creates menjanjikan sekuel dengan gameplay aksi yang lebih disempurnakan lagi, serta sistem-sistem baru yang menarik. Sayangnya belum ada tanggal rilis untuk Azure Striker Gunvolt 3. Pengembangan masih terus berjalan, dan kita masih harus menunggu info lebih lanjut di kemudian hari.


Ayyub Mustofa

Jarang main game sampai tamat kecuali untuk review. Menyukai hampir semua genre, dan hingga kini masih menunggu kemunculan Megaman X9.