Artifact Telah Rilis, Ini Gim Kartu Lain Sejenis yang Masih Populer


Artifact, sebuah trading card game digital yang berbasis gim Dota 2. Gim ini telah rilis November 2018. Adakah gim lain yang sejenis?

Artifact, sebuah trading card game digital yang berbasis gim DOTA 2, telah rilis pada tanggal 28 November 2018 kemarin. Gim ini sempat menjadi perbincangan terutama oleh para penggemar gim DOTA karena ilustrasi kartu yang mengambil tema dari Dota 2.

Secara gameplay, Artifact tidak begitu jauh beda dengan berbagai trading card game lainnya. Jumlah pemain sebanyak dua orang dan kamu harus menyusun deck agar bisa bersaing dengan deck lawan. Setiap kartu memiliki kemampuan dan fungsinya masing-masing.

Selain Artifact, ternyata sudah banyak sekali gim-gim kartu yang sejenis, berbagai trading card game yang sudah rilis dan masih banyak yang memainkan gim-gim tersebut. Apa saja ya kira-kira gim kartu tersebut? Yuk cekidot!

BACA JUGA: Just Cause 4 Muncul Trailernya, Ini dia 4 Fitur Baru dari Seri Sebelumnya!

1. Hearthstone

artifact
Sumber: Gamereactor

Hearthstone sudah tidak asing lagi di kalangan para penggemar collectible card game (TCG). Hearthstone adalah sebuah CCG dengan tema Warcraft di dalamnya. Pada dasarnya memang Hearthstone adalah CCG yang dikembangkan oleh Blizzard, selaku pengembang gim dari franchise Warcraft.

Hingga saat ini pemain Hearthstone masih tergolong cukup ramai. Hal ini bisa terlihat dari pendapatan yang didapat pada tahun ini di laporan Agustus 2018, yang mencapai hingga USD1,5 Miliar berdasarkan dari SuperData. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah CCG!

2. The Elder Scrolls: Legends

artifact

Gim kartu yang berbasis dari seri The Elder Scrolls ini juga tergolong CCG baru. Gim ini dirilis oleh Bethesda pada tanggal 9 Maret 2017 dan tersedia untuk platform PC maupun mobile.

Meskipun gim ini tidak populer di PC, tapi cukup populer di mobile terutama Android yang sudah mencapai 10 juta lebih unduhan.

3. Yu-Gi-Oh! Duel Links

artifact

Siapa sangka franchise Yu-Gi-Oh! ternyata masih populer meskipun banyak perubahan di sisi gameplay. Yu-Gi-Oh! adalah sebuah gim kartu yang berbasiskan anime Yu-Gi-Oh!. Anime ini bisa dibilang cukup berhasil, dilihat dari seri anime-nya yang terus lanjut hingga Yu-Gi-Oh! Vrains.

Gim ini juga memiliki seri fisiknya yang sudah memiliki gameplay lebih rumit. Sedangkan untuk versi digitalnya yang cukup populer hingga sekarang adalah Yu-Gi-Oh! Duel Links yang rilis pada tahun 2016.

Seri Duel Links memiliki perbedaan dibanding versi fisiknya di mana memiliki tampilan yang lebih simpel dan gameplay lebih singkat.

4. Magic: The Gathering

artifact

Salah satu TCG yang sangat populer di kalangan penggemar TCG, meskipun versi digitalnya tidak begitu dikenal karena namanya yang berbeda-beda.

Seperti Magic 2015 yang tersedia di Android, Magic Duels yang tersedia untuk Steam, Xbox One dan perangkat Apple, serta Magic: The Gathering Arena yang tersedia untuk PC atau Windows.

Sayangnya, Magic: The Gathering Arena masih dalam tahap beta sehingga mungkin kamu akan menemukan berbagai bug atau kesalahan dalam pemrogramannya.

Meskipun semua versi tersebut memiliki beda nama, seluruh judul tersebut sama kok dalam sisi gameplay maupun ilustrasi.

5. Shadowverse

artifact
Sumber: Steam

Jika kamu seorang wibu penggemar anime pasti akan cukup menyukai gim kartu ini setelah Yu-Gi-Oh!. Shadowverse adalah sebuah gim yang memiliki gameplay cukup mirip dengan Hearthstone, tetapi dengan ilustrasi khas anime.

Gim yang dirilis pada tahun 2016 ini, tersedia untuk perangkat mobile maupun PC, bahkan Macbook, dan sempat menjadi CCG paling populer di Jepang pada bulan Juli 2016 setelah tidak lama gim ini dirilis!


Nah itu dia berbagai gim yang sejenis dengan Artifact yang masih populer. Menurut kamu apakah Artifact akan menjadi salah satu TCG populer di kalangan pencintanya? Kita lihat saja nanti!


Rizal Ziz

Seorang penulis yang senang mencari experience.. hobi membaca agar mendapatkan skill, senang berlatih agar bisa naik level.. dan senang hunting agar bisa mendapatkan item-item langka yang jika dijual dapat harga mahal..