Analisis Karakter Ryu – Icon Street Fighter dan Fighting Game


Dari banyak karakter game fighting yang populer, rasanya tidak banyak yang lebih iconic dari karakter utama Street Fighter, Ryu.

analisis-karakter-ryu-featured

Fighting game adalah salah satu genre yang sepertinya tidak pernah termakan waktu. Mirip dengan game olahraga, di luar sana ada banyak serial game fighting yang masih hidup hingga sekarang. Banyak di antaranya juga merilis judul baru setiap beberapa tahun.

Tidak hanya “awet”, genre ini juga melahirkan sangat banyak karakter yang iconic tidak hanya bagi serialnya sendiri, tapi juga genre fighting secara umum. Salah satunya tentu saja tokoh utama di serial Street Fighter yaitu Ryu.

Jagoan Bela Diri

analisis-karakter-ryu-2

Ryu adalah karakter yang sangat mencerminkan “jagoan” bela diri. Secara kepribadian, ia memang tenang dan tidak banyak bicara, jauh bertolak belakang dengan temannya yaitu Ken yang lebih ceria dan penuh energi. Tapi yang membuatnya menjadi karakter tipikal jagoan bela diri adalah pandangannya terhadap bela diri.

Menjadi ahli bela diri yang sempurna adalah tujuan hidup Ryu. Demi tujuan itu, ia berkelana ke seluruh penjuru dunia untuk mencari penantang baru yang kuat. Lalu begitu menang, ia akan langsung pergi dan mencari penantang berikutnya. Baginya, latihan dan perkembangan yang ia peroleh dari setiap pertarungan dan tantangan sudah cukup untuk memberinya kepuasan.

Motivasi untuk menang tersebut juga bisa menjadi obsesi yang buruk. Ia seringkali harus berusaha menekan niatnya untuk membunuh orang lain demi mencapai kemenangan ketika bertarung. Sisi gelap tersebut bahkan sempat menguasainya sebelum temannya seperti Ken dan Sakura membantu dan menyelamatkannya.

Terlepas dari itu, Ryu adalah seorang petarung dengan nilai moral yang lurus. Meskipun ia hanya peduli dengan berkelana mencari lawan kuat, ia tetap orang yang baik hati dan mau membantu.

Shotokan

analisis-karakter-ryu-1

Ryu juga merupakan karakter pertama yang memperkenalkan sebuah archetype di genre fighting bernama Shotokan. Sesuai namanya, Shotokan sejatinya merujuk ke karakter yang menggunakan gerakan dari karate Shotokan di Jepang, meskipun pada kenyataannya baik Ryu maupun karakter lain yang diberi label Shotokan tidak punya gerakan yang mencerminkan aliran karakter tersebut.

Terlepas dari itu, Shotokan di game fighting merupakan karakter seperti Ryu: all-rounder, punya proyektil, uppercut, dan jurus tendangan untuk mendekati lawan. Karakter-karakter yang masuk ke dalam archetype ini biasanya menjadi karakter dasar yang mengajarkan fundamental game fighting ke pemain baru. Ini otomatis membuat mereka serba bisa, tapi tidak punya kemampuan yang benar-benar spesial.

Hingga hari ini, ada banyak game fighting yang punya paling tidak satu karakter dengan archetype Shotokan. SNK punya Ryo Sakazaki dan Kyo Kusanagi, Guilty Gear punya karakter seperti Sol Badguy dan Ky Kiske, Samurai Shodown punya karakter seperti Haohmaru, dan masih banyak lagi. Entah memberi pengaruh atau tidak, Ryu melahirkan label atau nama untuk karakter dengan tipe ini.

BACA JUGA: Analisis Sephiroth – Penjahat Edgy yang Selalu Membuatmu Ingat Kejayaan Final Fantasy


Kaoru

Hmmm...